Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Kebiasaan Mandi yang Salah dan Buruk Bagi Kesehatan

Lifestyle

Kebiasaan Mandi yang Salah dan Buruk Bagi Kesehatan

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 31 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada tubuh, mandi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih bersih dan segar. Mandi dapat menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel pada tubuh setelah seharian beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan.

Di indonesia, orang-orang memiliki kebiasaan mandi dua kali sehari dengan air dan sabun. Untuk itu jika memiliki kebiasaan mandi yang salah maka akan terasa di kemudian hari.

Air yang mengalir pada tubuh dapat melemaskan otot apalagi jika mandi menggunakan air hangat. Tubuh bisa menjadi lebih rileks dan tenang. Meskipun hanya perihal mandi, tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan agar kebiasaan saat mandi tidak justru berbalik membahayakan tubuhmu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Berikut di bawah ini kebiasaan mandi yang salah dan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Mandi Air Hangat Memang Nikmat, Tetapi Jangan Sampai Berlebihan

Segala yang berlebihan memang bukan hal yang baik. termasuk perilaku mandi menggunakan air yang hangat. Tubuh kita memang menjadi lebih rileks namun jika terlalu lama dan dalam waktu yang sering tentu bisa menganggu produksi minyak tubuh yang membuat kulit menjadi kering.

Bukan hanya itu saja, air panas juga bisa membawa sirkulasi darah ke kulit, sehingga menjadi mudah kemerah-merahan dan rentan muncul ruam. Supaya tidak membahayakan, lebih mandi mandi dengan air hangat tidak lebih dari 5 hingga 10 menit.

Penggunaan Sabun Mandi Tanpa Kandungan Pelembab

Sebaiknya pilih sabun mandi yang memiliki kandungan pelembab di dalamnya. Sebab pemakaian sabun mandi tanpa pelembab bisa membuat kulit menjadi kering, apalagi jika sedang musim panas.

Pilih sabun mandi dengan kandungan asam stearat dalam kemasan yang menandakan mampu melembabkan kulit.

Melupakan Menggosok Punggung

Melewatkan menggosok punggung sering kali berdampak dengan tumbuh jerawat di punggung. Padahal area tersebut merupakan area tempat berkumpulnya keringat dan perlu dibersihkan supaya bakteri tidak ikut berkumpul dan membentuk sebuah plak hingga jerawat.

Hindari kebiasaan mandi yang salah ini agar badan selalu sehat dan segar. Gunakan shower puff yang memiliki pegangan tangan untuk memudahkan kamu menggosok punggung.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kaki Pecah Pecah Secara Alami

Terlalu Sering Keramas

Rambut lembut dan wangi memang dambaan setiap orang, tapi jangan sampai tujuan ini bikin kamu sering keramas. Hal itu justru merupakan kebiasaan yang tidak baik saat mandi.

Terlalu sering keramas dapat membuat produksi minyak pada rambut berkurang sehingga rambut menjadi kusam. Cukup lakukan keramas dua kali dalam seminggu.

Menggosok Rambut dengan Kuku Jari Saat Keramas

Meskipun dapat menghasilkan busa yang banyak, menggosok rambut dengan kuku jari tidak dibenarkan. Selain kulit kepala mudah mengelupas, sangat penting untuk tidak menggosok rambut secara agresif agar rambut tidak bercabang.

Menggosok Badan Terlalu Keras

Selain tidak boleh terlalu keras saat menggosok rambut, tubuhmu juga tidak boleh digosok terlalu keras entah itu menggunakan tangan atau spons mandi. Sebab bisa menghilangkan pelindung alami kulit.

Salah Pilih Pisau Cukur

Memilih pisau cukur untuk mempercepat proses dengan empat atau lima pisau cukur ternyata justru dapat merusak kulit. Maka dari itu, cukup gunakan pisau cukur satu sampai tiga mata pisau.

Baca juga : 16 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Cepat dan Alami

Tidak Membilas Tubuh dengan Benar

Dengan alasan terburu-buru kamu tidak bisa seenaknya saja membilas tubuh. hal itu dapat berdampak buruk, sebab sisa sabun dan shampoo yang masih tertinggal di kulit dapat menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori.

Sebisa mungkin bilas tubuhmu dengan benar dan bersih hingga tidak ada sisa sabun atau shampo yang tertinggal.

Sering Mandi Saat Tubuh Lelah

Mandi yang dilakukan setelah seseorang begadang justru dapat membahayakan tubuh. Mandi saat tubuh lelah dan kurang istirahat dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan seperti angin duduk serta gejala paru-paru basah.

Sebelum memutuskan untuk mandi, sebaiknya istirahatkan badan terlebih dahulu. Meskipun begitu, mandi saat tubuh kurang tidur merupakan hal buruk dan harus dihindari.

Baca juga : Cara Memutihkan Ketiak dan Mencerahkannya

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang kebiasaan mandi yang salah. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui kebiasaan mandi yang salah.

Tags :

Bagikan Artikel