BlogPemilik Properti7 Jenis Kunci Pintu yang Jarang Orang Ketahui
0
0

7 Jenis Kunci Pintu yang Jarang Orang Ketahui

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 25, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
jenis kunci pintutop-right-banner

Pintu merupakan elemen penting dari sebuah rumah atau bangunan. Namun, pintu akan menjadi tidak berguna jika tidak ada kuncinya. Seiring berjalannya waktu, jenis kunci pintu pun semakin berkembang sesuai dengan kepentingan dan jaminan keamanan. 

Jenis-jenis kunci pintu yang banyak ini seringkali membingungkan. Pasalnya seseorang harus memilih jenis mana yang sesuai dengan pintu rumah. Namun sekarang kamu nggak perlu khawatir. Baca sampai akhir artikel ini untuk mengetahui jenis kunci pintu dan kegunaannya. 

Jika kamu membeli rumah eksklusif dari Pinhome seperti pada perumahan di BSD atau perumahan di Bekasi, kamu bisa mengganti kunci pintu dengan jenis yang sesuai. Sementara kunci pintu pada rumah second di Kab Bandung bisa jadi perlu diganti dengan yang baru. 

Baca juga: 12 Jenis Pengaman Rumah dan Rekomendasi Harganya

Jenis Kunci Pintu

Source : Pixabay

Ada beberapa jenis kunci pintu yang biasa digunakan, mulai dari yang paling klasik dan sederhana hingga yang paling rumit dan menggunakan teknologi. Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui apa saja jenis kunci pintu beserta kegunaannya!

1. Door Knob Lock

jenis kunci pintu
Source : iStock Photo

Kunci kenop pintu adalah salah satu kunci yang paling umum dan mudah ditemukan. Sesuai dengan namanya, ini hanyalah kenop yang menempel pada pintu dengan lubang kunci di tengahnya. 

Kamu bisa memasukkan kunci ke dalam lubang kunci dan memutarnya untuk membuka pintu. Model ini biasanya digunakan bersamaan dengan grendel atau kunci rantai untuk lapisan keamanan ekstra.

Jenis ini sangat baik untuk pintu luar atau pintu utama rumah. Kelebihannya mudah dioperasikan dan cocok dengan semua desain rumah. Kekurangannya perlu waktu untuk membuka kunci saat darurat dan kunci mudah aus atau bengkok.

2. Hand Lever

jenis kunci pintu
Source : iStock Photo

Tuas tangan berfungsi sama seperti kenop pintu, namun dengan tuas yang harus ditekan ke bawah, bukan kenop yang diputar. Begitu pula dengan lubang kunci di tengahnya. 

Namun, kamu tidak akan sering melihat kunci jenis ini pada pintu luar karena tidak seaman kenopnya. Jenis ini lebih baik untuk ruangan dalam di mana kamu bisa masuk dengan cepat dan mudah.

Terbaik untuk pintu utama, tetapi sebagian besar untuk ruangan dalam yang tetap ingin dijaga keamanannya, seperti ruang kerja, kamar tidur, atau gudang di rumah.

Kelebihan jenis ini menawarkan akses masuk yang lebih mudah dan pengeoperasiannya yang sederhana. Sementara kekurangannya tidak memberikan keamanan yang cukup.

Baca juga: Catat! Ini ​​Dia Standar Tinggi Handle Pintu dari Lantai

3. Handlesets

jenis kunci pintu
Source : iStock Photo

Jenis adalah pilihan umum untuk pintu depan karena gaya elegan dan keamanan yang ditawarkan. Mereka memiliki pegangan panjang dan tuas jempol tepat di atasnya yang ditekan ke bawah dan kemudian mendorong pintu hingga terbuka setelah.

Terbaik untuk pintu masuk depan karena memiliki kelebihan berupa keamanan ekstra yang ditawarkan. Namun kekurangan jenis ini mungkin akan menyulitkan sebagian anggota keluarga untuk mengoperasikannya. 

4. Deadbolts

jenis kunci pintu
Source : iStock Photo

Deadbolts atau grendel biasanya bukan kunci utama pada pintu karena tidak memiliki pegangan yang dapat digunakan untuk membuka pintu setelah tidak terkunci. 

Sebaliknya, jenis ini menawarkan lapisan keamanan ekstra dengan memasang batang logam ke dalam kusen pintu saat terkunci, sehingga sangat sulit bagi pintu untuk dibobol meskipun pencuri dapat membuka kunci kenopnya. 

Jenis kunci ini cocok untuk Pintu eksterior yang sudah menggunakan kenop atau tuas tangan. Kelebihannya mudah dipasang dan dioperasikan. Sedangkan kekurangannya masih terlalu manual sehingga perlu waktu untuk dioperasikan saat kondisi darurat.

5. Smart Locks

jenis kunci pintu
Source : Pixabay

Ini adalah jenis kunci yang menggunakan teknologi. Jenis ini mungkin memiliki lubang kunci, papan tombol bernomor untuk kode masuk, atau bahkan pemindai sehingga kamu dapat menggesek dan masuk. 

Smart lock adalah pilihan yang baik bagi pemilik rumah yang menginginkan kenyamanan, atau jika kamu hanya ingin memberikan akses kepada kerabat, tamu, atau kontraktor tanpa harus meninggalkan kunci di bawah keset.

Ada kelebihan dan kekurangan smart lock. Kelebihannya tentu memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan bisa diatur siapa saja yang bisa mendapatkan akses. Kekurangannya, sangat tergantung pada koneksi untuk sumber listriknya dan mungkin bisa diretas.

Baca juga: 5 Cara Membuka Pintu yang Terkunci Slot

6. Cam Lock

jenis kunci pintu
Source : iStock Photo

Kunci kamera adalah kunci yang sangat sederhana yang sering digunakan di lemari atau kotak surat Layanan Pos. Dengan menggunakan kunci kecil, kamu hanya perlu memutar potongan logam di dalam kunci sehingga menghalangi pintu atau laci untuk dibuka.

Jenis ini cocok untuk pintu dan laci kecil dengan keamanan rendah, seperti lemari dan kotak surat. Kelebihan mudah dipasang dan dioperasikan, kekurangannya kunci terlalu kecil sehingga sulit dicari saat hilang.

7. Grendel Geser

jenis kunci pintu
Source : iStock Photo

Ini merupakan jenis kunci klasik yang berupa baut yang digeser. Biasanya, jenis ini hanya digunakan untuk memberikan keamanan tambahan dan bukan kunci pintu utama. 

Kelebihan jenis ini sangat mudah dipasang dan dioperasikan jika dibandingkan dengan jenis lain. Namun kekurangannya, tidak memberikan keamanan yang setara dengan jenis kunci lainnya. 

Itulah beberapa jenis kunci pintu yang perlu kamu ketahui. Pilihlah jenis kunci yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keamanan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download