BlogPemilik PropertiDesain HunianPenting! 9 Kelebihan dan Kekurangan dari Smart Door Lock
0
0

Penting! 9 Kelebihan dan Kekurangan dari Smart Door Lock

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 18, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan dan kekurangan smart door locktop-right-banner

Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan smart door lock, Pins? Ya, smart door lock ini sudah menjadi salah satu opsi masyarakat dunia untuk menjadi kunci utama di pintu rumah. Namun apakah kamu sudah mengetahui ulasan lengkapnya? Kita simak bersama yuk! 

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan smart door lock, kamu bisa cek estimasi harga rumah dan cek cara titip jual sewa rumah di Pinhome. Kamu juga bisa mencari tahu informasi rumah baru di Bogor, rumah baru di Jakarta Timur, Paradise Serpong City, dan Avoria Estate

Apa itu Smart Door Lock?

Pins, apakah kamu sedang mencari pengaman untuk hunian kamu? Sini-sini, kita bahas mengenai smart door lock, yuk! Ada yang sudah tahu apa itu Smart Door Lock? 

Jadi Smart Door Lock ini merupakan inovasi gagang pintu robotic yang menggunakan password untuk bisa membukanya. 

Selain itu ada juga yang bisa menggunakan scanning wajah penghuni rumah, sidik jari dan juga menggunakan kartu yang ditempelkan pada gagang pintu. 

Bahan dari gagang pintu pintar ini umumnya adalah besi yang tentu tetap mudah diangkat dan ditanamkan pada pintu. 

Gagang pintu pintar ini berfungsi sebagai kunci dan pengaman rumah sekaligus gagang untuk membuka atau menggeser pintu rumah. Lalu apa saja fungsi utamanya ya, Pins? Mari kita bahas di sini yuk! 

3 Fungsi Utama Smart Door Lock

kelebihan dan kekurangan smart door lock
Source : Tribun Shopping

Setelah kamu memahami apa itu smart door lock, mari kita cari tahu apa saja fungsi utama smart door lock yang harus kamu pahami. 

1. Mengamankan Pintu dari Maling

Pertama, fungsi dari smart door lock ini tentu untuk mengamankan pintu dari maling. Maksudnya, saat ini maling yang menyasar rumah-rumah warga di kompleks atau klaster tentu sangat mengkhawatirkan. 

Oleh karena itu dengan penggunaan sistem keamanan berlapis seperti ini para maling akan kesulitan dan tidak bisa untuk membobol rumah kamu Pins. 

Baca juga: 13 Ragam Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

Pasalnya smart door lock ini tidak akan mudah diakses sembarangan. Untuk bisa mengakses gagang pintu ini, kamu harus menggunakan akses password, sidik jari atau bahkan wajah kamu sebagai pemilik rumah. 

2. Pengganti Kunci Manual

kelebihan dan kekurangan smart door lock
Source : Yale India

Selain itu, smart door lock ini bisa menjadi pengganti kunci manual. Kunci manual mempunyai kelemahan yaitu mudah dibobol dan diduplikasi. 

Bahkan kunci atau gagang pintu manual dapat dibobol menggunakan kawat. Namun, dengan smart door lock hal itu tidak akan bisa dilakukan karena sistem keamanan tingkat tinggi di dalamnya. 

3. Tidak Ada Lagi Drama Kunci Hilang

Sering atau pernah mengalami drama kunci hilang? Ya, drama kunci hilang memang sering menjadi hal yang membuat kita kesal. Pasalnya kita harus mencari tukang kunci, dan terkadang tukang kunci tidak selalu membuka lapak 24 jam. Namun dengan smart door lock, jika kamu lupa password tentu bisa mengatur kata sandi baru atau menggunakan kunci cadangan seperti kartu untuk membuka pintu. 

Baca juga: 19 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan

9 Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock

kelebihan dan kekurangan smart door lock
Source : Linkedin

Setelah kamu memahami apa saja fungsi dari smart door lock, berikut ini ada kelebihan dan kekurangan smart door lock yang harus kamu pahami. Yuk cek informasi selengkapnya! 

1. Tidak Perlu Membawa Kunci Fisik

Kelebihan yang pertama dari smart door lock tentunya tidak perlu membawa kunci fisik. Ketika kamu pergi bekerja atau pergi ke luar rumah, kamu pasti akan membawa kunci fisik ya, Pins? Seringkali kita lupa meletakkan kunci atau bahkan kunci hilang. Namun, ketika kamu sudah beralih ke smart door lock tentu hal ini tidak akan terulang lagi. Kamu bisa membuka via smartphone kamu, atau sekadar memasukkan pin serta sidik jari kamu. Pintu langsung terbuka! 

2. Bisa Monitor Rumah dari Jarak Jauh

kelebihan dan kekurangan smart door lock
Source : Digital Lock

Jika kita berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan smart door lock, tentunya kelebihan yang ini pasti akan memukau siapa saja. Kamu bisa memonitor rumah dari jarak jauh. Kamu akan dengan mudah untuk mengetahui apakah pintu utama rumah dibuka atau ditutup. Dengan begini kamu pun tak perlu khawatir siapa saja yang sedang mengakses rumah kamu Pins. 

Baca juga: 12 Merk Kunci Pintu Rumah Terbaik, Perlindungan Maksimal

3. Bisa Mengatur Izin yang Dapat Mengakses Rumah

Selanjutnya kelebihan dari smart door lock lainnya adalah pemilik rumah bisa mengatur izin siapa saja yang dapat mengakses rumah. Jadi kamu bisa berbagi password kepada anggota rumah yang memang membutuhkan untuk mengakses rumah seperti kakak, adik, orang tua, dan anak kamu Pins. 

4. Memiliki Sistem Perlindungan Ganda

Kelebihan yang berikutnya terkait dengan smart door lock adalah mempunyai sistem perlindungan ganda. Sistem perlindungan ganda yang ada pada smart door lock tentunya akan sangat menguntungkan bagi pemilik rumah. Beberapa perlindungan yang tersedia di sini seperti pin, password, sidik jari, scan wajah, dan juga kartu akses gagang pintu. 

5. Bisa Terbuka Otomatis Ketika Kebakaran

kelebihan dan kekurangan smart door lock
Source : Kompas

Lalu kelebihan smart door lock yang bisa kamu temui adalah bisa membuka pintu jika gagang smart door lock merasakan (sensing) suhu panas. Kamu pun bisa dengan cepat menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran karena pintu akan otomatis terbuka ketika merasakan hawa panas. 

Selanjutnya jika kita membahas kelebihan dan kekurangan smart door lock, tidak lengkap jika kita mengetahui apa saja kekurangannya ya Pins. Tujuannya bukan untuk mencegah kamu membeli produk smart door lock, namun untuk tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Berikut ini beberapa kekurangan smart door lock yang perlu kamu tahu, ya Pins. 

6. Berpotensi Diretas

Penggunaan kode digital dan akses melalui smartphone, tentu pintu akan lebih mudah diretas atau diakses oleh pihak lain Pins. Oleh karena itu selalu jaga akses pintu dan ganti password secara berkala ya. Pastikan juga bagian gagang pintu selalu di lap bersih dengan lap basah lalu dilap kering, tujuannya supaya sidik jari kamu tidak tertempel di sana ya Pins. 

7. Biaya Pembelian Mahal

kelebihan dan kekurangan smart door lock
Source : iStock

Selanjutnya kekurangan dari smart door lock adalah biaya pemasangan dan pembelian yang mahal. Oleh karena itu kamu perlu menyiapkan budget untuk membeli smart door lock ini Pins. Pastikan kamu menabung dulu jika ingin membeli gagang pintu pintar ini Pins. 

Baca juga: 12 Model Gagang Pintu Untuk Rumah Idaman

8. Diperlukan Maintenance Berkala

Kemudian kamu juga perlu melakukan perawatan berkala. Pastikan kamu juga harus mengecek gagang pintu ini supaya fungsi dari gagang pintu tetap terjaga dalam beberapa tahun ke depan.

9. Perlu Penggantian Baterai

Selain itu kamu juga perlu mengganti baterai secara berkala. Kamu pun harus mengecek kapan baterai dari smart door lock mulai melemah, agar kamu bisa mengantisipasi kalau baterai sudah terlanjur habis. 

Baca juga:

Sumber Featured Image:  Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download