Pinhome

Lifestyle

Agar Aman dan Nyaman Tinggal Sendiri di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tinggal sendirian menjadi trend di perkotaan. Baik untuk seorang pekerja atau mahasiswa yang sedang di rantau. Tinggal sendiri bukanlah suatu hal yang aneh terlebih dengan semakin meningkatnya dinamika individu untuk meraih kesuksesan.

Faktanya, tinggal sendiri punya banyak keuntungan. Mulai dari suasana yang bisa sepenuhnya diantur, hingga kecenderungan konflik yang sangat kecil dibandingkan bila tinggal bersama sebuah keluarga besar di satu rumah yang sama. Tapi ada sisi positif tentu juga ada sisi negatif, salah satunya tentu mengundang kerawanan sebab orang tak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan situasi tersebut untuk melakukan tindak kejahatan.

Tapi, jangan terlalu kuatir. Karena ada banyak hal yang bisa dilakukan agar jangan jadi incaran penjahat meski tinggal seorang diri. Berikut ini adalah tipsnya.

tinggal sendirian di rumah

Perhatikan Pengamanan, Pasang CCTV Bila Perlu

Keamanan adalah kebutuhan. Untuk itu segala faktor yang menyangkut pengamanan harus ditata sedemikian rupa agar meski tinggal seorang diri tidak terjadi kondisi negatif yang menimpa. Tips ini mungkin bisa membantu.

1. Gunakan Selalu Kunci Ganda Untuk Masing-Masing Pintu

Pastikan bahwa pintu memiliki kunci ganda selain kunci utama. Grendel adalah solusi yang pas. Meski sudah terlihat kuno tapi pengamanan ganda semacam ini masih tetap efektif selain dengan kunci pintu yang utama tentunya.

2. Hindari Menyimpan Terlalu Banyak Barang Berharga

Bagi mereka yang tinggal sendiri, ada baiknya untuk tidak menyimpan terlalu banyak barang berharga. Apalagi cenderung untuk mengekspos hal tersebut. Ada baiknya untuk menggunakan jasa penyimpanan brankas yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan untuk menyimpan hal-hal berharga. Ini tentu dimaksudkan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

3. Jangan Sampai Teledor, Pastikan Selalu Pintu Dan Jendela Terkunci Rapat

Ada yang menyataka kejahatan bukan hanya karena niat pelaku tetapi karena adanya kesempatan yang muncul. Untuk itu hindari untuk menjadi teledor karena alasan apapun. Pastikan pintu serta jendela terkunci rapat setiap kali akan tidur atau keluar rumah.

4. Mintalah Teman Atau Saudara Untuk Menginap Sesekali, Berbaiklah Dengan Tetangga

Seorang penjahat yang memang telah berniat tentu sudah berusaha memastikan kondisi korbannya. Incarannya tentu kebanyakan rumah kosong atau mereka yang tinggal seorang diri. Oleh karennya mintalah saudara atau teman untuk sesekali bisa datang menginap, di akhir pekan misalnya. Selain itu tetangga adalah saudara terdekat. Hindari bersikap cuek, mulailah untuk saling menjaga agar segala hal yang negatif karena kehedak jahat seseorang dijauhkan dari diri kita. Sebab dengan kedekatan dengan tetangga maka akan semakin besar kemungkinan terhindar dari kejahatan.

5. Pasang CCTV

Menggunakan CCTV sebagai salah satu peranti pengamanan jadi trend belakangan. Terlebih bila tinggal sebatang kara, ada baiknya menggunakan CCTV. Ini tentu adalah solusi bagi keamanan rumah, apalagi bila sering kosong karena penghuninya hanya sendiri dan sering keluar rumah.

Tinggal sendiri tak perlu ditakutan. Terlebih bila sudah mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin. Berbaik dengan orang terdekat, yakni para tetangga pasti jadi cara paling efektif untuk mengamankan diri meski sebatang kara.

Tags :

Bagikan Artikel