BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Jenis Pengaman Rumah dan Rekomendasi Harganya
0
0

12 Jenis Pengaman Rumah dan Rekomendasi Harganya

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Mei 2, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
jenis pengaman rumahtop-right-banner

Sistem pengaman rumah seperti alarm anti pencurian atau alarm setrum maling menjadi elemen penting di setiap hunian. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan kita saat berada di rumah. Kondisi ini merupakan bentuk pertahanan diri dari ancaman luar yang tidak bisa diduga.

Saat ini sistem keamanan rumah semakin digemari oleh banyak orang, khususnya masyarakat urban yang tinggal di perkotaan. Kekhawatiran akan pencuri atau maling yang bisa muncul kapan saja meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Apalagi tingkat kriminalitas di beberapa kota bisa sangat mengkhawatirkan. Kali ini kita akan membahas jenis-jenis pengaman rumah dan rekomendasi harganya.

12 Jenis Pengaman Rumah dan Rekomendasi Harganya

Berikut ini ada 12 jenis pengaman rumah dan rekomendasi harganya yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk intip penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Source : Pinhome

CCTV

(Dekoruma)

Closed-circuit television atau CCTV merupakan jenis pengaman rumah yang sudah lumrah digunakan oleh banyak rumah, kantor, toko, swalayan bahkan fasilitas umum. Kecanggihan CCTV terletak pada kemampuan alat ini untuk merekam segala aktivitas di sekeliling. CCTV biasanya diletakkan di bagian bangunan yang lebih tinggi, sehingga mempermudah pemantauan di jarak yang jauh. 

Rekomendasi Harga: Rp200.000 – Lebih dari Rp1.000.000 (Sumber: Blibli.com)

Kunci Digital

(Shopee)

Kunci digital adalah salah satu sistem pengaman modern yang ampuh untuk menjaga rumah. Sistem kunci digital ini menggunakan kata sandi dalam bentuk kombinasi numerik. Selain itu ada juga kunci digital yang menggunakan kartu ataupun terhubung ke aplikasi. Hal ini bisa menjadi terobosan bagi kamu yang tinggal di perumahan atau apartemen. 

Rekomendasi Harga: Rp1.000.000 – Lebih dari Rp3.000.000 (Sumber: Tokopedia)

Kunci Gembok

(Harapan Rakyat Online)

Kunci gembok merupakan pengaman yang telah eksis sedari dulu. Sebelum adanya gembok digital atau alarm infrared, kunci gembok telah setia melindungi rumah kita dari pencuri. Namun, kelemahan dari gembok kunci ini biasanya mudah dibobol. Sehingga butuh pengaman tambahan seperti rantai. 

Rekomendasi Harga: Rp35.000 – Lebih dari Rp100.000 (Sumber: Tokopedia)

Kunci Rantai

(Shopee)

Kunci rantai juga merupakan salah satu pengaman paling lama sebelum pengaman digital hadir. Kunci di atas biasanya dipasang pada pintu rumah. Cara kerjanya adalah rantai akan menahan pintu sehingga pintu tidak akan terbuka sempurna, kecuali rantai tersebut dilepas. 

Rekomendasi Harga: Rp20.000 – Lebih dari Rp100.000 (Sumber: Tokopedia)

Alarm

(iPrice)

Selanjutnya adalah alarm anti maling. Alarm ini bisa menghasilkan bunyi yang kuat ketika seseorang membuka paksa pintu atau jendela rumah kamu. Alarm ini cocok sekali untuk dipasang di malam hari ketika kamu terlelap. Cara pasangnya cukup mudah, kamu bisa menempelkan di sela pintu atau jendela dengan perekat. Ketika pintu atau jendela dibuka paksa, alarm ini akan membuat suara bising sehingga kamu bisa langsung terbangun.

Rekomendasi Harga: Rp18.900 – Lebih dari Rp100.000 (Sumber: iPrice)

Sidik Jari Biometrik

(Blibli)

Sidik jari biometrik umumnya mirip dengan cara kerja kunci digital yang menggunakan password, kartu, atau face ID. Kamu cukup mengatur sidik jari kamu di kunci tersebut. Hal ini membuat pintu rumah kamu hanya bisa dibuka dengan sidik jari yang sudah kamu atur sebelumnya. 

Rekomendasi Harga: Rp1.690.000 – Lebih dari Rp3.000.000 (Sumber: Blibli)

Biometrik Wajah

(Aliexpress)

Biometrik wajah pada umumnya memungkinkan siapa saja membuka pintu dengan menggunakan Face ID. Kamu hanya perlu mengatur wajah kamu sebagai media untuk membuka pintu. Cara kerjanya hampir mirip dengan Face ID pada smartphone. Kamu hanya perlu registrasi dengan wajahmu untuk membuka pintu. 

Rekomendasi Harga: Rp2.500.000 – Lebih dari Rp4.000.000 (Sumber: Aliexpress)

Teralis Besi

(Dekoruma)

Pengaman selanjutnya adalah teralis besi. Umumnya teralis ini sering digunakan di rumah untuk pengaman rumah. Hal yang perlu kamu ingat ketika akan memasang teralis sebagai pengaman rumah adalah pilih yang memiliki sekat seperti di atas. Hal ini membuat orang tidak akan mudah untuk masuk. Pastikan teralis terpasang kuat sehingga tidak mudah dicungkil dari luar.

Rekomendasi Harga: Rp500.000 – Lebih dari Rp3.000.000 (Sumber: Blibli)

Pengaman Gagang Pintu

(Shopee)

Pengaman gagang pintu seperti di atas bisa menjadi alternatif pengaman pintu rumah. Kamu bisa memasangnya di gagang pintu seperti pada gambar. Orang dari luar akan kesulitan untuk membuka pintu tersebut. Alat ini cukup sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapapun. Tidak butuh keahlian khusus untuk memasang pengaman pintu. 

Rekomendasi Harga: Rp67.000 – Lebih dari Rp100.000 (Sumber: Shopee)

Kawat Berduri

(Pinhome)

Kawat berduri adalah salah satu pengaman rumah paling lama yang sudah sering digunakan. Kawat berduri biasanya digunakan sebagai pagar atau lapisan kedua dari pagar rumah. Pemasangan kawat duri butuh ekstra hati-hati, pasalnya sifat kawat yang tajam bisa melukai tangan kamu. 

Rekomendasi Harga: Rp90.000 – Lebih dari Rp500.000 (Sumber: Tokopedia)

Pagar Otomatis

(Tokopedia)

Pernah melihat pagar yang bisa membuka dan menutup tanpa digeser oleh penghuni rumah? Nah, pagar otomatis ini merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang ingin membuat rumah lebih aman. Pagar ini hanya bisa dibuka menggunakan remote control sehingga orang lain tidak akan bisa membukanya secara manual. Namun kelemahan pintu ini adalah gerakannya yang lambat ketika ditutup.

Rekomendasi Harga: Rp11.000.000 – Lebih dari Rp15.000.000 (Sumber: Tokopedia)

Sensor Infrared

(Shopee)

Kemudian ada sensor infra merah yang bisa kamu jadikan pengaman di dalam rumah. Cara kerjanya seperti alarm namun ada tambahan infra merah yang bisa mendeteksi pergerakan. Ketika ada gerakan yang melewati sensor tersebut maka alarm akan berbunyi. 

Rekomendasi Harga: Rp120.000 – Lebih dari Rp1.000.000 (Sumber: Shopee)


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download