BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Mushola Kantor Inspiratif untuk Kenyamanan Beribadah
0
0

10 Desain Mushola Kantor Inspiratif untuk Kenyamanan Beribadah

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
desain mushola kantortop-right-banner

Dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia yang beragama muslim, hampir semua kantor memiliki ruang mushola tersendiri. Untuk memberikan kenyamanan pada karyawan dalam melaksanakan ibadah, tak jarang perusahaan mendesain dengan baik ruang ibadahnya. Baik itu dari segi interiornya maupun bangunan ruang mushola keseluruhan.

Apakah kantor Pins berencana merubah desain mushola kantor? Jika ya, sebelum merubah desain interior mushola kantor, kamu bisa mengecek ke-10 inspirasinya berikut ini.

Menegaskan Kesan Elegan Desain Interior Mushola Kantor

Source : Pinterest

Menginginkan desain kantor yang terlihat elegan atau mewah? Pins bisa mendekor ruang interiornya dengan warna gold. Bahan yang bisa memberi keseimbangan pada material alumunium gold ini adalah kayu. Jadi pilihlah kayu yang berkualitas baik sebagai penopang ruang mushola. 

Dikarenakan desain interiornya sudah didominasi warna gold dan disertai tulisan kaligrafi, sebaiknya tidak perlu menambahkan hiasan dinding atau ornamen lainnya. Hal ini agar tidak memberikan kesan desain yang terlalu ramai.

Baca juga: Desain Ruang Tunggu Kantor, Nyaman, Elegan, dan Modern

Memaksimalkan Tata Ruang

Source : Pinterest

Desain mushola ini memaksimalkan penggunaan furniture dan ornamen, tanpa membuatnya terlihat ramai. Lokasi plafon yang cukup tinggi dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan dan menambah fungsionalitasnya. Hal ini dilakukan melalui pemasangan ceiling fan, dan rak dinding yang dipasang tinggi sebagai tempat menaruh tanaman atau hiasan. Kemudian terdapat lemari kecil untuk menyimpan perlengkapan sholat. Di bagian depan dinding kiblat, dilapisi partisi bermotif floral yang semakin memperindah interior.

Memberikan Nuansa Formal

Source : Pinterest

Dalam menentukan desain yang tepat, bisa dilihat dari segi company culture suatu perusahaan. Jika budaya di kantor Pins cenderung formal, desain mushola kantor ini dapat dipertimbangkan. Mushola ini memberikan kesan sedikit kaku dan formal, tapi tetap memiliki desain yang menarik. Bagian dindingnya menggunakan wallpaper putih dengan pattern garis. Untuk dinding kiblatnya menggunakan plywood yang dilengkapi dengan ukiran. Sebagai alasnya, menggunakan vinyl yang menyerupai seperti material kayu.

Melengkapi Desain Minimalis dengan Langit-langit Unik

Source : Pinterest

Desain mushola kantor ini adalah salah satu contoh desain minimalis yang menarik. Walau tidak dilengkapi dengan banyak furniture serta hiasan dinding, mushola ini dibangun dengan bagian langit-langit yang unik. Permukaan langit-langitnya memiliki tinggi yang berbeda, dan dengan tambahan pencahayaan lampu yang redup membuat ruang mushola terlihat bagus. Sebagai alas, sebaiknya menggunakan warna yang mirip dengan warna dinding yang dipilih. Tapi jika dirasa khawatir cepat kotor, bisa menggunakan warna netral lainnya yang tidak mencolok.

Baca juga: 3 Tips Desain Rumah Kantor Minimalis yang Nyaman dan Modern

Memaksimalkan Interior Khas Timur Tengah

Source : Pinterest

Bagi yang menyukai desain ornamen khas Timur Tengah, tidak ada salahnya membuat ruang mushola kantor dengan konsep ini. Desainnya yang cantik dan dipenuhi dengan patterns akan membuat karyawan merasa nyaman beribadah di ruangan ini. Untuk penggunaan wallpapernya tidaklah memenuhi seluruh dinding. Wallpaper hanya melapisi ¾ bagian dinding. Warna cat putih atau beige dapat menjadi pilihan sebagai kombinasi dari bagian dinding wallpaper. 

Menekankan Pada Aksen Partisi

Source : Pinterest

Luas ruang mushola yang terbatas, terkadang bisa mempengaruhi lamanya durasi dalam memilih desain yang tepat. Sebagai rekomendasi, desain mushola kantor ini bisa menjadi inspirasimu. Untuk menyiasati ruang yang agak kecil, bisa dengan menonjolkan aksen lain dalam ruangan. Dalam hal ini adalah penempatan partisi. Partisi dilekatkan pada kaca, di bagian dinding depan. Selain itu, bagian plafonnya pun menggunakan lampu plafon berbentuk persegi yang memberikan pencahayaan maksimal.

Memisahkan Ruang Sholat dengan Sekat Lipat Fleksibel

Source : Pinterest

Masih terkait dengan ruang mushola kantor minimalis. Untuk mempercantik interior ruangannya, bisa dilakukan juga dengan dominasi pencahayaan yang memantulkan warna gold. Selain itu, bila luas ruangannya pun terbatas, dapat digunakan sekat model lipat sebagai pemisah antara area sholat laki-laki dan perempuan.

Baca juga: 13 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional

Memberikan Sentuhan Desain Mushola Modern

Source : Pinterest

Desain interior mushola kantor yang modern ini memanfaatkan sudut ruangan, oleh karena itu bisa menghasilkan design yang unik. Sebagai dinding pembatas, digunakan partisi yang terbuat dari bahan kayu hampir 75% dari total ukuran panjang dinding. Untuk menyamakan desain ruangan keseluruhan, digunakan juga partisi pada bagian dinding depan. Selain itu, penambahan tanaman artificial pada bagian lantai maupun sela partisi akan membuat ruangan terasa lebih fresh.

Menambahkan Pintu Mini Makrame

Source : Pinterest

Ruang mushola kantor yang berdesain minimalis ini menggunakan pintu mini sebagai sekat ruang mushola. Hal yang unik adalah pintu mini ini dibuat dari kesenian makrame, sehingga membuat desain mushola kantor tidak terlihat polos dan membosankan. Dari segi interior dalam ruangannya, Pins bisa menyematkan gantungan untuk meletakkan perlengkapan sholat. Penambahan sticker nuansa islami yang minimalis, bisa juga mempercantik bagian dinding berwarna netral. Selain pintu, terdapat juga sekat atau partisi makrame yang bisa kamu gunakan untuk pembatas area sholat laki-laki dan perempuan.

Mengkombinasikan Warna untuk Kesan Berbeda

Source : Pinterest

Untuk memberikan kesan yang berbeda pada ruang mushola kantor adalah melalui pemilihan warna dinding. Jika merasa bosan dengan dinding mushola berwarna putih, bisa dikombinasikan dengan dinding wallpaper berwarna coklat dalam motif yang terlihat pada gambar desain. Senadakan perpaduan dua warna dinding ini dengan rak dinding berwarna sama.

Secara keseluruhan dalam pemilihan desain mushola kantor yang nyaman dan menarik, perlu memerhatikan nuansa yang ingin diciptakan. Selain itu, juga disesuaikan dengan culture dari kantor Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pinterest

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download