BlogPemilik PropertiDesain HunianBerikut Cara Pasang Shower Air Panas dengan Benar
0
0

Berikut Cara Pasang Shower Air Panas dengan Benar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara-pasang-shower-air-panastop-right-banner

Menggunakan bak atau penampungan air di rumah memang tidak ada salahnya. Namun tahukah Pins kalau ternyata menggunakan shower air juga memiliki banyak sekali manfaat. Shower dapat memberikan kesegaran dan meningkatkan mood saat mandi. Tidak hanya itu, penggunaan shower juga bisa menghemat air lebih banyak dibandingkan menggunakan bak mandi.  Sudah tahu cara pasang shower air panas?

Tak jarang, pada beberapa rumah juga menggunakan water heater untuk menghasilkan air panas. Ya, air hangat saat mandi akan membuat tubuh lebih rileks dibandingkan menggunakan air dengan suhu normal. Selain itu, air hangat ini juga bisa meringankan pegal-pegal, kram, nyeri otot dan meredakan rasa cemas. 

Sayangnya penggunaan shower air panas ini jarang diketahui orang. Sehingga banyak orang yang meminta bantuan pekerja harian untuk melakukan pemasangan shower ini. Bagi Pins yang penasaran bagaimana caranya, simak yuk cara pasang shower air panas berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Shower

(Pixabay)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan shower memiliki banyak sekali manfaat. Pancuran air ini lebih higienis dibandingkan penggunaan bak mandi biasa. Air yang ditampung dalam bak mandi lebih mudah memiliki endapan kotoran atau lumpur pada bagian dasar bak mandi. Selain itu, jika tidak rajin dibersihkan bak mandi bisa menjadi tempat perkembang biakan nyamuk Aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah.

Selain itu penggunaan shower, penggunaan shower air ini bisa lebih menghemat air. Berbeda dengan menggunakan gayung pada bak mandi. Hal ini akan membuat kita tidak terkontrol dalam mengambil air. Penggunaan shower air panas ini juga memudahkan pengguna untuk mengatur suhu air yang ingin digunakan.

Tips Memasang Water Heater

(Pixabay)

Karena water heater ini memiliki banyak jenis, jadi hal ini tentu disesuaikan kembali dengan jenis water heater yang kamu gunakan. Jika Pins menggunakan water heater listrik, sangat penting untuk memperhatikan daya listrik rumah terlebih dulu. Jangan sampai kamu memilih water heater dengan daya listrik yang melebihi kapasitas listrik rumah kamu.

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah membuat ventilasi untuk water heater, jika kamu menggunakan water heater gas. Ventilasi ini digunakan untuk meletakkan selang sehingga water heater bisa diletakkan di luar kamar mandi.

Selanjutnya kamu harus memeriksa saluran air panas. Hal ini untuk memastikan bahwa instalasi saluran air panas telah terpasang dengan baik. Perhatikan jalur instalasi dan gunakan pipa khusus dengan kualitas yang sangat baik. Kualitas pipa yang baik tentu akan lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: 7 Rekomendasi Water Heater LIstrik Terbaik

Cara Pasang Shower Air Panas

(Pixabay)

Dalam memasang shower air panas, sebenarnya terdapat dua jenis shower air panas, yaitu water heater gas dan water heater dengan tenaga surya. Tapi kali ini Pinhome akan membagikan cara pasang shower air panas menggunakan gas.

Masukkan Baterai

Hal kedua yang perlu dilakukan dalam pemasangan shower air panas ini adalah dengan memasukkan baterai pada water heater. Baterai ini perlu kamu pasang pada boks yang terdapat dalam water heater. Kencangkan nipple gas pada pipa gas inlet dan tentukan sumber air yang dijadikan sebagai aliran air untuk water heater.

Pasang Water Heater di Atas Kran

Setelah itu pasang water heater dengan fisher dan sekrup pada bagian atas sumber air yang sudah kamu tentukan. Setelah itu pasangkan kran bercabang pada sumber air. Penting juga untuk menutup sambungan kran ini dengan seal tape untuk memastikan bahwa sambungan ini tidak akan mudah bocor.

Sambungkan Pipa pada Output

Dalam pemasangan water heater ini, langkah selanjutnya adalah menyambungkan pipa output pada kran air. Gunakan pipa dengan kualitas yang baik agar lebih awet dan tahan lama serta membutuhkan perawatan yang sederhana. Gunakan pipa dengan ukuran 25-30 cm dan pipa T 12 inchi dengan yang memiliki nipple

Lalu pasangkan pipat T ini pada stop kran air panas. Setelah itu sambungkan pipa fleksibel di kedua ujung stop kran air yang kemudian harus dikencangkan menggunakan kunci inggris. Pasang seal tape pada masing-masing drat dan pasanglah dua stop kran pada sock drat di dinding kamar mandi. Setelah itu, pasang selang shower dan bagian ujungnya dipasangkan pada dinding kamar mandi. 

Jika water heater ini sudah bekerja, seharusnya air panas sudah bisa kamu nikmati dari shower. Namun water heater ini umumnya memerlukan beberapa waktu selama beberapa menit hingga air bisa diubah suhunya dengan water heater

Pasang Regulator Gas

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memasang selang regulator gas LPG dan eratkan dengan klem. Jika sudah, ubah switch button dari on dan off agar mesin water heater bisa menyala. Jika sudah, maka buka tas pada samping kran supaya air bisa masuk ke dalam water heater. Perhatikan water heater, jika sudah muncul detikan yang menandakan water heater telah bekerja.

Itulah informasi mengenai cara pemasangan shower air panas yang bisa menambah wawasan kamu dalam memasang shower. Semoga dengan ulasan di atas tidak membuat kamu kebingungan lagi saat akan memasang shower dan water heater.

Baca juga: Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download