Pinhome

Berikut Cara Pasang Shower Air Panas dengan Benar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 21 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Menggunakan bak atau penampungan air di rumah memang tidak ada salahnya. Namun tahukah Pins kalau ternyata menggunakan shower air juga memiliki banyak sekali manfaat. Shower dapat memberikan kesegaran dan meningkatkan mood saat mandi. Tidak hanya itu, penggunaan shower juga bisa menghemat air lebih banyak dibandingkan menggunakan bak mandi.  Sudah tahu cara pasang shower air panas?

Tak jarang, pada beberapa rumah juga menggunakan water heater untuk menghasilkan air panas. Ya, air hangat saat mandi akan membuat tubuh lebih rileks dibandingkan menggunakan air dengan suhu normal. Selain itu, air hangat ini juga bisa meringankan pegal-pegal, kram, nyeri otot dan meredakan rasa cemas. 

Sayangnya penggunaan shower air panas ini jarang diketahui orang. Sehingga banyak orang yang meminta bantuan pekerja harian untuk melakukan pemasangan shower ini. Bagi Pins yang penasaran bagaimana caranya, simak yuk cara pasang shower air panas berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Shower

(Pixabay)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan shower memiliki banyak sekali manfaat. Pancuran air ini lebih higienis dibandingkan penggunaan bak mandi biasa. Air yang ditampung dalam bak mandi lebih mudah memiliki endapan kotoran atau lumpur pada bagian dasar bak mandi. Selain itu, jika tidak rajin dibersihkan bak mandi bisa menjadi tempat perkembang biakan nyamuk Aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah.

Selain itu penggunaan shower, penggunaan shower air ini bisa lebih menghemat air. Berbeda dengan menggunakan gayung pada bak mandi. Hal ini akan membuat kita tidak terkontrol dalam mengambil air. Penggunaan shower air panas ini juga memudahkan pengguna untuk mengatur suhu air yang ingin digunakan.

Tips Memasang Water Heater

(Pixabay)

Karena water heater ini memiliki banyak jenis, jadi hal ini tentu disesuaikan kembali dengan jenis water heater yang kamu gunakan. Jika Pins menggunakan water heater listrik, sangat penting untuk memperhatikan daya listrik rumah terlebih dulu. Jangan sampai kamu memilih water heater dengan daya listrik yang melebihi kapasitas listrik rumah kamu.

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah membuat ventilasi untuk water heater, jika kamu menggunakan water heater gas. Ventilasi ini digunakan untuk meletakkan selang sehingga water heater bisa diletakkan di luar kamar mandi.

Selanjutnya kamu harus memeriksa saluran air panas. Hal ini untuk memastikan bahwa instalasi saluran air panas telah terpasang dengan baik. Perhatikan jalur instalasi dan gunakan pipa khusus dengan kualitas yang sangat baik. Kualitas pipa yang baik tentu akan lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: 7 Rekomendasi Water Heater LIstrik Terbaik

Cara Pasang Shower Air Panas

(Pixabay)

Dalam memasang shower air panas, sebenarnya terdapat dua jenis shower air panas, yaitu water heater gas dan water heater dengan tenaga surya. Tapi kali ini Pinhome akan membagikan cara pasang shower air panas menggunakan gas.

Masukkan Baterai

Hal kedua yang perlu dilakukan dalam pemasangan shower air panas ini adalah dengan memasukkan baterai pada water heater. Baterai ini perlu kamu pasang pada boks yang terdapat dalam water heater. Kencangkan nipple gas pada pipa gas inlet dan tentukan sumber air yang dijadikan sebagai aliran air untuk water heater.

Pasang Water Heater di Atas Kran

Setelah itu pasang water heater dengan fisher dan sekrup pada bagian atas sumber air yang sudah kamu tentukan. Setelah itu pasangkan kran bercabang pada sumber air. Penting juga untuk menutup sambungan kran ini dengan seal tape untuk memastikan bahwa sambungan ini tidak akan mudah bocor.

Sambungkan Pipa pada Output

Dalam pemasangan water heater ini, langkah selanjutnya adalah menyambungkan pipa output pada kran air. Gunakan pipa dengan kualitas yang baik agar lebih awet dan tahan lama serta membutuhkan perawatan yang sederhana. Gunakan pipa dengan ukuran 25-30 cm dan pipa T 12 inchi dengan yang memiliki nipple

Lalu pasangkan pipat T ini pada stop kran air panas. Setelah itu sambungkan pipa fleksibel di kedua ujung stop kran air yang kemudian harus dikencangkan menggunakan kunci inggris. Pasang seal tape pada masing-masing drat dan pasanglah dua stop kran pada sock drat di dinding kamar mandi. Setelah itu, pasang selang shower dan bagian ujungnya dipasangkan pada dinding kamar mandi. 

Jika water heater ini sudah bekerja, seharusnya air panas sudah bisa kamu nikmati dari shower. Namun water heater ini umumnya memerlukan beberapa waktu selama beberapa menit hingga air bisa diubah suhunya dengan water heater

Pasang Regulator Gas

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memasang selang regulator gas LPG dan eratkan dengan klem. Jika sudah, ubah switch button dari on dan off agar mesin water heater bisa menyala. Jika sudah, maka buka tas pada samping kran supaya air bisa masuk ke dalam water heater. Perhatikan water heater, jika sudah muncul detikan yang menandakan water heater telah bekerja.

Itulah informasi mengenai cara pemasangan shower air panas yang bisa menambah wawasan kamu dalam memasang shower. Semoga dengan ulasan di atas tidak membuat kamu kebingungan lagi saat akan memasang shower dan water heater.

Baca juga: Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia