BlogPemilik Properti5 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Tanah dengan Tepat
0
0

5 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Tanah dengan Tepat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 6, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Saluran Air Mampet Karena Tanahtop-right-banner

Saluran air mampet karena tanah bisa jadi sangat menjengkelkan. Pasalnya, air yang harusnya mengalir lancar ke tempat pembuangan, malah mampet dan meluber ke mana-mana. Tapi tenang, ada banyak cara untuk mengatasinya, Pins!

Sama seperti saluran air mampet karena rambut, saluran yang mampet karena tanah bisa saja terjadi pada semua saluran air, mulai dari wastafel, kamar mandi, hingga kloset di rumah. Kondisi ini tentu harus segera dibereskan agar tidak berkepanjangan. 

Beberapa cara berikut bisa diterapkan jika saluran air rumah eksklusif milikmu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain mampet. Rumah second di Jakarta Timur yang sudah ditinggalkan bisa kamu jual dengan pasang iklan properti online di Pinhome. 

Baca juga: Cara Memasang Kloset Jongkok dengan Mudah

Atasi Saluran Air Mampet Karena Tanah

Saluran Air Mampet Karena Tanah
Source : iStock

Tersumbatnya air memang membuat tidak nyaman siapapun yang mengalaminya. Kamu pasti kesal dan ingin mengucapkan kata-kata kotor ketika kondisi ini terjadi. 

Namun, alih-alih kesal berkepanjangan, sebaiknya kamu segera mencari cara untuk mengatasinya. Pasalnya, kamu bisa mengatasi permasalahan ini secara mandiri dengan peralatan yang cukup mudah. 

Melansir Forbes, saluran air yang mampet karena tanah bisa diatasi dengan cara-cara sederhana sebagai berikut.

1. Siram Air Panas

mengatasi saluran air mampet
Source : Pixabay

Salah satu cara untuk membersihkan saluran air yang tersumbat adalah dengan menuangkan air panas ke saluran pembuangan. Rebus air hingga benar-benar mendidih, lalu tuang ke saluran pembuangan. Dengan begitu, sumbatan tanah akan hancur dan aliran air akan normal.

Caranya pun mudah. Kamu bisa merebus 8 hingga 12 gelas air dalam panci. Bawalah dengan hati-hati ke wastafel dan tuangkan ke saluran pembuangan, kira-kira dua atau tiga cangkir sekaligus. 

Diamkan air panas selama satu menit sebelum menuangkan lebih banyak ke saluran pembuangan. Kamu mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali sebelum sumbatan hilang.

Sebagai catatan, cara ini bukan yang paling ampuh untuk mengatasi sumbatan. Namun begitu, dalam beberapa kasus solusi ini bisa sangat membantu. 

Baca juga: Tips Membuat Desain Kamar Mandi Anak

2. Gunakan Sabun Cuci Piring

mengatasi saluran air mampet
Source : Pixabay

Dalam beberapa kasus di wastafel dapur, saluran pembuangan yang tersumbat mungkin disebabkan oleh penumpukan lemak. Sabun cuci piring dirancang untuk menghilangkan lemak, dan bisa digunakan untuk mengatasi masalah penyumbatan ini.

Ambil beberapa sendok makan sabun cuci piring ke saluran pembuangan dan diamkan. Jika sabun cuci piring berhasil mencapai sumbatan, cairan itu akan mulai memecah lemak dan ikatannya pada pipa. 

Setelah beberapa menit, tuangkan air panas pada saluran yang sama sehingga sumbatan akan hilang. Memang metode ini ampuh untuk sumbatan akibat lemak sisa makanan, tapi sumbatan karena tanah juga bisa saja diatasi.

Kamu juga bisa menggunakan metode ini untuk mencegah penyumbatan wastafel kamar mandi. Selain sabun cuci piring, kamu bisa menggunakan bahan lain, seperti soda kue, lemon, dan cuka daripada sabun cuci piring. 

Cukup tuangkan ½ cangkir soda kue ke saluran pembuangan diikuti dengan ½ cangkir cuka putih, lalu satu cangkir perasan lemon. Larutkan campuran ini dengan lima atau enam cangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa jam sebelum digunakan.

3. Gunakan Alat Penyedot

mengatasi saluran air mampet
Source : iStock Photo

Jika metode di atas tidak berhasil, mungkin kamu perlu menggunakan penyedot untuk membersihkan sumbatan. Pastikan untuk menggunakan penyedot wastafel untuk wastafel dan penyedot toilet untuk toilet. 

Kedua alat itu tentu memiliki perbedaan. Penyedot toilet memiliki flensa panjang yang masuk ke dalam saluran pembuangan toilet, sedangkan penyedot wastafel hanya berada di atas saluran pembuangan wastafel.

Tempatkan penyedot di atas saluran pembuangan. Jika membersihkan wastafel, pastikan untuk menutup lubang luapan (biasanya di dekat tepi wastafel) dengan jari atau lap basah. 

Selain itu, isi wastafel dengan sedikit air. Tekan perlahan pegangan penyedot untuk memaksa air melewati saluran pembuangan. Lepaskan lubang pelimpah, biarkan penyedot naik kembali, tutup lubang dan ulangi sampai bak cuci bersih.

Baca juga: Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

4. Semprot dengan Selang

mengatasi saluran air mampet
Source : iStock Photo

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka kamu perlu menyemprot tanah yang menyumbat aliran air dengan menggunakan selang. Caranya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Pertama, pilih selang yang ukurannya lebih kecil dari saluran pembuangan. Masukkan selang ke dalam saluran secara perlahan sedikit demi sedikit. Setiap kali kamu merasa terganjal, masukkan air ke dalam selang untuk mendesak tanah yang menyumbat. 

Ulangi proses ini hingga selang bisa menjangkau ujung saluran. Jika demikian, artinya tanah yang menyumbat saluran air sudah bersih sehingga aliran air akan lancar kembali.

5. Hubungi Tukang

mengatasi saluran air mampet
Source : iStock Photo

Bisa saja semua cara yang dijelaskan di atas tidak membuahkan hasil berarti. Jika hal ini terjadi, maka opsi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi tukang atau tenaga yang profesional di bidang ini. 

Tentu saja menghubungi tukang bisa membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya, tukang bisa jadi akan membongkar pipa atau saluran pembuangan untuk membersihkannya. Atau mereka bisa juga menguras tangki pembuangan. 

Meski membutuhkan biaya, menghubungi tukang memberikan jaminan masalah terselesaikan. Demikian beberapa cara mengatasi saluran air mampet karena tanah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download