Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Jamur Enoki: Tak Hanya Rasanya Buat Lidah Goyang Tapi Juga Bikin Tubuh Kita Sehat!

Kesehatan

Jamur Enoki: Tak Hanya Rasanya Buat Lidah Goyang Tapi Juga Bikin Tubuh Kita Sehat!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Penggunaan jamur enoki di Indonesia sampai saat ini masih cukup terbatas. Selama ini, kebanyakan dari kita menggunakan jamur enoki hanya untuk dimakan bersamaan dengan daging ataupun masakan ala Jepang lainnya. Tapi.. dibalik wujudnya yang cukup menggemaskan, jamur enoki ini banyak mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kita loh.

Tumbuh dan biasa disajikan dengan berkelompok, jamur enoki memiliki cita rasa yang unik dibandingkan jamur lainnya yang biasa kita makan. Dengan cita rasanya yang cukup unik, jamur enoki juga mempunyai kandungan nutrisi tinggi dan senyawa yang bisa melawan kanker dan meningkatkan tingkat imunitas tubuh. Jadi, tanpa diragukan lagi, jamur enoki tak hanya enak untuk dikonsumsi sekali – kali saja, kita bisa memasukkannya ke dalam menu sehari – hari sebagai pilihan menu diet dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Tapi, sebenarnya apa sih jamur enoki itu?

Di Negara asalnya, Jamur enoki dikenal sebagai jamur jarum emas, jamur lili atau jamur futu. Biasanya, jamur enoki sering kita jumpai di beberapa masakan Asia. Berbeda dengan jamur yang biasa kita makan, jamur enoki memiliki bentuk panjang, ramping dengan topi kecil berwarna putih di ujungnya sehingga terlihat begitu menggemaskan.

Rasa jamur enoki yang terbilang unik sebenarnya membuat jamur ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam berbagai masakan. Kandungannya pun terbilang memiliki manfaat kesehatan luar biasa, dimulai dari berbagai kandungan nutrisi penting, kaya akan anti oksidan, serat tinggi hingga vitamin B. Tak hanya disajikan sebagai masakan dengan kandungan nutrisi tinggi, jamur enoki juga bisa digunakan sebagai bahan pengobatan loh. Sejak jaman dulu, jamur enoki sudah lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional untuk mengobati sakit perut, menyeimbangkan tekanan darah hingga meningkatkan kesehatan hati.

Kandungan nutrisi dari Jamur Enoki

Meski terlihat lucu dan menggemaskan, jamur enoki mengandung berbagai nutrisi tinggi seperti vitamin – vitamin tinggi, serat dan mineral penting seperti niacin, thiamine hingga riboflavin. Dan yang terbaik, kesemuanya bisa Pins rasakan dengan jumlah kalori yang rendah loh. Sebagai gambaran Pins saja nih, dalam satu gelas jamur enoki, ada :

– 24 kalori
– 5 gram karbohidrat
– 1, 7 gram protein
– lemak 0.2 gram
– 1. 8 gram serat nabati
– 4. 6 milligram niacin (29%)
– 0.15 milligram thiamine (12%)
– 0.1 milligram riboflavin (10%)
– 31 mikrogram asam folat (8%)
– 0.07 milligram vitamin B6 (4%)

Agar Pins semakin memahami keutamaannya, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Pins nikmati dari Jamur Enoki:

1. Kumpulan nutrisi – nutrisi tinggi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meskipun jamur enoki sangat rendah kalori tapi kenyataannya jamur enoki sangat tinggi akan berbagai vitamin, mineral dan anti oksidan penting. Spesialisasi jamur enoki adalah vitamin B yang terdiri dari niacin, thiamine dan riboflavin, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa otak, penggunaan energy yang efisien dan meningkatkan fungsi sintesis DNA.
Selain vitamin, jamur enoki juga sangat tinggi akan kandungan anti oksidan. Seperti yang kita ketahui bersama Pins, anti oksidan akan sangat membantu untuk menetralisir berbagai partikel radikal bebas yang berbahaya dan melindungi tubuh kita dari bahaya penyakit kronis lainnya. Menurut salah satu penelitian dari BioMed Research International, jamur enoki menjadi salah satu sumber terpenting dari kandungan oksidan tinggi manfaat seperti quercetin, catechin, asam gallic dan asam caffeic.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Salah satu manfaat yang paling baik dari jamur enoki adalah ia mampu meningkatkan kesehatan dan kinerja jantung kita. Masih menurut penelitian dari BioMed Research International, mereka yang mengonsumsi ekstrak dari jamur enoki memiliki tingkat kolesterol yang jauh lebih rendah. Jamur enoki juga bisa menurunkan kadar triglycerides hingga LDL sebagai kolesterol jahat dan mengeliminasi resiko dari penyakit jantung.

3. Membantu melawan sel – sel kanker berbahaya
Berdasarkan penelitian Jurnal Oncology Reports, jamur enoki dapat mencegah pertumbuhan sel – sel yang terkena kanker di tubuh manusia, khususnya di bagian tubuh payudara. Hal ini didukung dari penelitian BioMed Research International yang juga menerangkan jamur enoki dapat melawan pertumbuhan dna penyebaran sel – sel kanker. Mereka menemukan ada senyawa protein unik dari jamur enoki yang terbukti dapat menurunkan aktivitas sel tumor di sel – sel kanker yang terdapat pada organ hati.

4. Mengandung tinggi serat
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap sajian jamur enoki mengandung banyak kandungan nutrisi penting, Pins. Tak hanya jamur enoki ini mampu memberikan vitamin dan mineral penting, tapi jamur ini juga sangat tinggi serat, hingga 1.8 gram sendiri dalam satu kali penyajian. Serat sendiri sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, khususnya kesehatan pencernaan. Salah satu penelitian menyebutkan kalau memakan lebih banyak serat dapat menghindarkan kita dari penyakit sembelit, hernia, gangguan usus hingga GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

5. Meningkatkan fungsi imun pada tubuh
Beberapa penelitian menyebutkan kalau jamur enoki mengandung protein yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu penelitian di Taiwan menyebutkan kalau protein yang ada dalam jamur enoki dapat menguatkan tingkat imunitas alami dari tubuh kita.

Resiko wabah Listeria dari jamur Enoki

Pada Maret 2020 baru – baru ini, Jamur Enoki disinyalir menjadi penyebab dari wabah Listeria karena ditemukan bakteri penyebab di jamur yang menyebabkan 4 orang meninggal dan 30 orang dirawat secara intensif di rumah sakit.

Pins, sebenarnya jamur enoki ini bukan menjadi penyebab tunggal dari wabah Listeria. Bakteri penyebab penyakit Listeria dapat tersembunyi di berbagai jenis makanan, dari mulai keju, daging, kecambah hingga buah melon!

Ada cara pasti agar Pins terhindar dari penyakit Listeria ini. Selalu pastikan kebersihan dari setiap makanan yang akan dimakan, pastikan untuk langsung memasukkan bahan makana ke dalam kulkas seusai kesemuanya dibersihkan dan yang terakhir, pastikan Pins sudah memasak bahan makanan dengan cara terbaik agar bisa membunuh kemungkinan bakteri jahat yang ada di makanan.

Resiko dan efek samping dari jamur Enoki

Selayaknya berbagai makanan lainnya, meskipun mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan kita, jamur Enoki mungkin saja menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Terutama untuk Pins yang memang menderita alergi terhadap jamur. Kalau Pins merasakan gejala pembengkakan, sensasi gatal atau rasa tak nyaman di badan saat memakan jamur enoki, meskipun dalam jumlah sedikit, jangan ragu untuk menghentikan konsumsi jamur enoki dan langsung menghubungi rumah sakit.

Jika Pins sedang berada di alam dan menemukan jamur yang mirip dengan jamur enoki, pastikan itu benar – benar jamur enoki bukan Galerina Marginata, jenis jamur beracun yang bentuknya sangat mirip dengan jamur enoki.

Agar Pins bisa benar – benar terhindar dari bahaya, selalu pastikan sudah mencuci jamur enoki dengan baik sebelum mengonsumsinya. Sebaiknya hindari mengonsumsi jamur enoki yang sudah dalam keadaan layu dengan kondisi mentah.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel