Pinhome

Berita Pinhome

Ini Dia Fungsi SIUP Beserta Arti dan Detail Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 8 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Suatu perusahaan, baik itu perusahaan perorangan maupun perdagangan memerlukan dokumen-dokumen penting yang menjadi syarat berdirinya suatu perusahaan. Secara legal di Indonesia, syarat-syarat tersebut sudah tertera pada peraturan menteri perdagangan dalam hal izin mendirikan usaha dagang.

Bagi Pins yang berencana memulai mendirikan perusahaan, simak terlebih dahulu yuk apa arti SIUP beserta fungsi dan detail penjelasannya.

(Freepik)

Apa itu SIUP? Fungsi SIUP

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Salah satu dokumen penting dalam mendirikan usaha ini berfungsi sebagai alat bukti yang sah usaha perdagangan yang dilakukan oleh suatu badan maupun perorangan. Selain sebagai bukti pengesahan, fungsi siup adalah memperlancar perdagangan ekspor dan impor suatu perusahaan. Yang perlu Pins ketahui, SIUP ini diperlukan tidak hanya bagi perusahaan besar saja, tetapi perusahaan kecil menengah pun membutuhkan dokumen tersebut.

SIUP adalah dokumen yang tidak bisa dilupakan dibuat dalam mendirikan perusahaan. Surat tersebut dikeluarkan berdasarkan domisili dari penanggung jawab atau pemilik perusahaan oleh pejabat daerah sekitar dalam hal ini pemerintah. Untuk SIUP perusahaan kecil dan menengah ditandatangani oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat II atas nama Menteri dan untuk perusahaan besar, diterbitkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat I atas nama menteri.

Selain beberapa fungsinya diatas, fungsi SIUP adalah sebagai salah satu dokumen syarat dalam suatu perusahaan yang ingin melakukan lelang lewat pemerintahan. Untuk dokumen lainya untuk syarat lelang, Pins bisa membacanya lewat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara bagian lelang atau membuka aplikasi Lelang yang dibuat oleh pemerintah.

Jenis SIUP

Setelah mengetahui kepanjangan dari SIUP adalah Surat Izin Mendirikan Perusahaan, Pins perlu tahu juga jenis-jenisnya. Terlampir beberapa jenis SIUP yang dapat Pins sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang akan Pins buat.

  • SIUP Mikro

SIUP Mikro diperuntukan untuk perusahaan perdagangan Mikro dengan modal kekayaan bersih tidak lebih dari 50 Juta rupiah.

  • SIUP Kecil

Untuk SIUP kecil diperuntukan untuk perusahaan perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih mudah dari 50 juta hingga 500 juta rupiah , belum termasuk tanah dan bangunan

  • SIUP Menengah

SIUP menengah wajib dimiliki perusahaan perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih keseluruhan sebesar 500 juta rupiah hingga 10 miliar rupiah, belum termasuk bangunan dan tanah

  • SIUP Besar

Terakhir ada SIUP besar. SIUP ini wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan dengan modal dan kekayaan bersih lebih dari 10 miliar rupiah.

Perusahaan yang Tidak Wajib Memiliki SIUP

Ternyata Pins, ada juga beberapa golongan perusahaan yang tidak diwajibkan memiliki SIUP. Penasaran? Mari simak daftarnya dibawah ini.

  • Perusahaan kantor cabang atau perwakilan
  • Perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di luar sektor perdagangan
  • Perusahaan perdagangan mikro yang memiliki kriteria, usaha perseorangan atau persekutuan, kegiatan usaha dijalankan oleh pemilik atau anggota keluarga terdekat dan memiliki kekayaan bersih maksimal 50 juta rupiah

Semua ketentuan di atas telah diatur dalam pasal 4 Peraturan Menteri Perdagangan No. 46/M-DAG/PER/9/2009 sebagai perusahaan yang termasuk dalam golongan pengecualian. Tetapi bila perusahaan Pins golongan mikro dan ingin tetap mempunyai surat SIUP tersebut. Pins bisa membuat SIUP dengan jenis mikro. Dengan adanya hal tersebut, khusus perusahaan mikro SIUP tidak diwajibkan.

Syarat Pembuatan SIUP

Untuk pembuatan dokumen SIUP itu sendiri, Pins hanya memerlukan beberapa syarat di bawah ini. Jangan sampai ada yang tertinggal ya Pins!

  • Fotocopy KTP pemilik atau penanggung jawab perusahaan / fotocopy KTP penerima kuasa (dalam kasus ini bila permohonan tersebut dikuasakan)
  • Fotocopy akta notaris perusahaan dan akta-akta perubahan
  • Fotocopy surat pengesahan badan hukum pendirian perusahaan
  • Pas photo penanggung jawab perusahaan ukuran 3×4
  • Surat pernyataan kedudukan perusahaan
  • Membawa formulir permohonan bermaterai
  • Surat pernyataan belum memiliki SIUP dan bukan usaha mini market dan peruntukan kantor
(Oss.go.id)

Selain itu bila Pins ingin lebih mudah membuat SIUP tanpa harus datang ke kantor Pelayanan Perizinan, Pins bisa melalui pendaftaran online. Pins bisa mengunjungi situs OSS (online single submission) di oss.go.id. Setelah itu kalian akan mendapatkan NIB (Nomor Izin Berusaha) sebagai hasil dari pembuatan SIUP secara online.

Jadi Pins, sekarang apa sudah mulai paham SIUP adalah singkatan dari apa dan fungsinya? Yang terpenting, setelah SIUP sudah ada d itangan, SIUP tidak perlu diperpanjang laporan daftar ulangnya setiap 5 tahun sekali sejak tahun 2017. Sehingga Pins hanya perlu menyimpannya dengan baik dan benar. Surat akan terus berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usahanya.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti.

Bagikan Artikel