Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Hutan Mangrove Brebes – Harga Tiket dan Aktivitas

Lifestyle

Hutan Mangrove Brebes – Harga Tiket dan Aktivitas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 15 December 2017 ∙ 2 menit membaca

Brebes yang selama ini dikenal sebagai kawasan penghasil bawang merah ini ternyata memiliki obyek ekowisata yang cukup populer yakni Hutan Mangrove Brebes. Ekowisata yang mulai populer sejak dua tahun yang lalu ini hadir melengkapi destinasi wisata di pantai utara Brebes selain Pantai Randusanga. Kawasan tempat berdirinya hutan mangrove ini dahulu sering mengalami abrasi. Kemudian warga sekitar mulai berinisiatif menanam mangrove untuk mengurangi dampak abrasi. Seiring dengan berjalannya waktu, kawasan ini pun dikembangkan menjadi ekowisata.

Di kawasan ekowisata ini, pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengelilingi hutan bakau sambil menyaksikan pemandangan Gunung Ciremai di sebelah barat daya dan ombak Laut Jawa di sebelah utara. Pemandangan di sekitar hutan mangrove juga tambah eksotis berkat adanya burung-burung pantai yang berlalu lalang. Pengunjung juga bisa menyusuri hutan bakau dengan berjalan kaki melalui jalur trekking yang dibuat membelah hutan mangrove atau menyeberang ke pulau pasir yang berjarak 1,5 km dari pantai dengan menggunakan perahu.

Baca Juga: Bukit Panenjoan Salem Brebes

Lokasi Hutan Mangrove Brebes

Ekowisata ini berlokasi di pesisir pantai utara tepatnya di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasi hutan mangrove ini cukup dekat dari pusat kota Brebes, karena hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja. Karena masih dalam tahap pengembangan, akses menuju ke hutan mangrove ini belumlah bagus. Bahkan di musim hujan akses jalan sering terputus karena banjir.

Rute Menuju ke Hutan Mangrove Brebes

Untuk mencapai lokasi cukup mudah karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Brebes. Anda bisa mengambil jalur Pantai Utara (Pantura) dengan melalui Jalan Pemuda atau ke arah Sawojajat. Sedangkan dari Stasiun Brebes, tempat ini berjarak sekitar 40 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau sekitar 16 kilometer.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke lokasi cukup murah. Pengunjung hanya dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 20 ribuan. Harga tiket sudah termasuk sewa kapal PP dari Dermaga Pandansari menuju hutan mangrove. Di kawasan hutan mangrove ini tak ada batasan waktu berkunjung selama tempat wisata masih dibuka. Apabila air sedang pasang, Anda tak bisa berlayar hingga ke Pulau Pasir yang hanya tampak saat air surut.


Temukan tempat wisata rekreasi alam dan adventure lainnya untuk daerah brebes disini. Ada berbagai macam tempat yang pastinya cocok untuk dijadikan quality time bersama keluarga di hari libur Anda. Harga tiket murah dan fasilitasnya sangat lengkap!

Baca Juga: Waduk Penjalin Payungan Brebes

Tags :

Bagikan Artikel