Pinhome

Uncategorized

Harga Bakalan Burung Cucak Ijo 2017

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Semakin meningkatnya peminat burung cucak ijo dari tahun ke tahun menjadikan harga bakalan burung cucak ijo terus mengalami peningkatan. Selain karena tampilan fisiknya yang mengagumkan dimana seluruh tubuhnya dibalut bulu berwarna hijau yang sangat indah, burung dengan nama latin chloropsis sonnerati ini juga memiliki suara yang merdu dan bervariasi.

Untuk memelihara burung yang satu ini baik sebagai hiasan rumah atau untuk perloambaan burung, maka anda harus mengatahui harga bakalan burung cucak ijo serta perawatannya agar cepar gacor.

Membeli bakalan burung cucak ijo merupakan alternatif yang baik apalagi jika budget anda pas-pasan. Karena harga bakalan burung cucak ijo lebih terjangkau dari pada harga burung dewasa yang sudah bunyi. Selain itu juga tidak terlalu sulit dalam memeliharanya karena cucak ijo sangat menyukai buah-buahan dan serangga seperti jangkrik.

Harga bakalan burung cucak ijo itu sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis dan kondisinya. Paling tidak terdapat lima jenis burung cucak ijo yang tersebar di pulau Jawa, kalimantan, Sumatera dan Bali. Yang paling populer ialah cucak ijo Banyuwangi Jawa Timur dengan ciri-ciri postur tubuhnya panjang agak melengkung, warna hijau bulunya cenderung tajam, jambul berdiri ketika ngentrok dan ekornya lebih panjang serta suaranya keras dan cerewet.

Berikut update harga bakalan burung cucak ijo tahun akhir tahun 2017 :

  • Cucak ijo sumatera dengan leher kuning dan badan besar berkisar di harga Rp. 450.000 sedangkan yang badannya kecil sekitar Rp. 350.000 (tidak ada jaminan jantan) tetapi kalau yang sudah pasti jantan maka harganya sekitar Rp. 400.000
  • Cucak ijo sumatera dewasa hutan sekitar Rp. 500.000
  • Cucak ijo Banyuwangi trotol dewasa hutan sekitar Rp. 1.000.000
  • Cucak ijo muda kalimantan kuningan sekitar Rp.  300.000

Pemeriharaan Bakalan Burung Cucak Ijo

Pakan seranggan seperti Jangkrik dapat anda berikan rutin setiap hari dengan porsi yang lebih banyak. Hal tersebut berguna untuk membiasakan cucak ijo dengan pakan serangga yang berprotein tinggi, sehingga akan memudahkan anda dalam melakukan setelan harian seperti memancing burung lebih rajin berbunyi, terutama jika kelak sudah dewasa.

Sedangkan pakan buah yang dapat anda berikan ialah pisang kepok berwarna putih atau kuning. Meski berbeda warna, kandungan gizi keduanya hampir sama. perbedaannya hanya pada rasa, pisang kepok putih lebih tawar, sedangkan yang kuning lebih terasa manis. Buah pisang bisa diberikan setiap hari jika burung cucak ijo bakalan belum diberikan voer. Caranya olesi dulu pisang dengan madu secukupnya. Selain pisang, buah pepaya juga dapat diberikan satu atau dua minggu sekali.

Burung cucak ijo bakalan hendaknya dimandikan minimal dua kali sehari. Setelah itu dijemur dengan lama penjemuran sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Manfaat dari mandi rutin tersebut akan merangsang burung menjadi lebih rajin berbunyi. Sedangkan penjemuran dengan waktu yang cukup dapat membuat burung memiliki nafas lebih panjang, sehingga burung akan bisa berkicau dengan durasi lebih panjang.

Tahapan perawatan selanjutnya yang sangat penting juga ialah proses pemasteran agar burung cucak ijo anda cepat gacor. Nah jika burung cucak ijo anda sudah gacor ngeroll maka tidak ada salahnya jika mencoba diikutkan dalam ajang lomba burung. Biasanya jika berhasil maka harga burung cucak ijo anda akan melesat tinggi dari pada saat harga bakalan burung cucak ijo pertama kali anda beli.

Nah itulah sekilas informasi tentang harga bakalan burung cucak ijo dan cara perawatannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel