Bagaimana Cara Aman Nabung di Jenius? - Pinhome

Pinhome

Cara Aman Nabung di Jenius dan Jenis Tabungannya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 29 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Menyimpan uang kini semakin mudah dan banyak pilihannya. Akhir-akhir ini, kegiatan menabung semakin didukung dengan hadirnya layanan digital banking. Salah satu layanan digital banking yang cukup populer yaitu nabung di Jenius. Aplikasi ini merupakan salah satu jenis tabungan digital yang dirilis oleh Bank BTPN.

Layanan perbankan online kini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Melalui layanan tersebut, berbagai kegiatan perbankan lebih mudah dilakukan. Nasabah tak perlu datang ke kantor cabang. Cukup menggunakan perangkat yang terkoneksi ke internet, nasabah sudah bisa melakukan berbagai transaksi.

Aplikasi Jenius yang diluncurkan oleh Bank BTPN merupakan salah satu jenis layanan perbankan berbasis internet. Sama seperti layanan digital lainnya, Jenius juga menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Namun, Pins mungkin bertanya, apakah nabung di Jenius aman? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Strategi Menabung Untuk Membeli Rumah Pertama

Apa Itu Jenius BTPN?

nabung di jenius
(Indonetwork)

Jenius adalah aplikasi mobile banking yang dibuat oleh Bank BTPN. Aplikasi ini diluncurkan sebagai bentuk inovasi di dunia keuangan karena berbagai fitur yang ditawarkan. Calon nasabah bisa dengan mudah mendaftarkan dirinya melalui aplikasi dan langsung bisa terdaftar sebagai pengguna layanan Bank BTPN.

Pins akan mendapatkan nomor rekening Jenius serta dua jenis kartu yaitu m-card dan e-card. Kartu fisik bisa dibuat secara langsung di booth Jenius atau dikirimkan ke alamat nasabah. Sedangkan kartu elektronik bisa dilihat melalui aplikasi. Tidak hanya itu, keduanya merupakan kartu VISA sehingga bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Pengguna Jenius tentu juga bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi tersebut. Nasabah bisa menabung, mengirimkan uang, melakukan top up, dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga fitur moneytory untuk melacak pengeluaran yang telah dilakukan.

Baca juga: Mengetahui Kode Bank BTPN dan Keuntungan Memakai Jenius

Jenis Tabungan Jenius

nabung di jenius
(Jenius)

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Jenius yaitu adanya berbagai pilihan tabungan yang bisa digunakan oleh satu pengguna. Nasabah bisa membagi uangnya ke tabungan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Berikut ini 3 tabungan yang tersedia.

Flexi Saver

Tabungan pertama yang bisa digunakan oleh nasabah Jenius yaitu Flexi Saver. Jenis tabungan ini berfungsi sebagai penyimpanan dana yang Pins miliki. Sesuai dengan namanya, tabungan ini sifatnya fleksibel sehingga bisa ditarik dan ditambah sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dream Saver

Dream Saver merupakan tabungan digital dari Jenius yang akan membantu Pins untuk meraih impian. Misalnya, Pins memiliki target untuk membeli gadget baru dengan harga Rp20 juta. Tabungan ini kemudian akan melakukan auto debet atau penarikan langsung sesuai komitmen dari saldo Jenius milik Pins. 

Maxi Saver

Jenis tabungan yang ketiga, yaitu Maxi Saver. Tabungan ini merupakan deposito yang disediakan oleh Jenius. Pins cukup melakukan setoran minimal Rp10 juta dan sudah bisa membuka deposito di aplikasi ini.

Baca juga: Tips Menabung Untuk Milenial Agar Bisa Membeli Rumah

Tips Aman Menggunakan Jenius

nabung di jenius
(Efenerr)

Saat seseorang memutuskan untuk nabung di Jenius, salah satu hal  yang menjadi pertimbangan yaitu keamanannya. Perbankan digital memang menguntungkan namun terkadang keamanan penggunanya masih sering dipertanyakan.

Pihak bank tentunya sudah berusaha menyediakan sistem yang paling aman. Namun, ada baiknya jika dari pihak nasabah juga ikut berusaha untuk menjaga keamanan akun miliknya sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk lebih aman saat menggunakan Jenius.

Menggunakan username dan password yang berbeda

Tidak jarang orang menggunakan username dan password yang sama untuk semua akun yang dimiliki. Hal ini menjadi pilihan ketika seseorang ingin lebih mudah mengingat informasi akun miliknya.

Jika Pins ingin akun Jenius yang dimiliki lebih aman, sebaiknya hindari hal tersebut. Sebisa mungkin buat username dan password yang berbeda dari akun lainnya. Apabila akun lainnya mengalami pembobolan atau pencurian data, akun Jenius milik Pins akan tetap aman.

Baca juga: Ini Dia Cara Menggunakan KlikBCA Bisnis dan Tips Amannya

Rajin mengganti password akun

Selain menggunakan username dan password yang berbeda dengan akun lainnya, pastikan juga Pins rutin mengganti kata sandi Jenius. Pihak Jenius sendiri juga merekomendasikan nasabah untuk melakukan hal ini setidaknya setiap enam bulan sekali.

Sering mengganti password memang terdengar merepotkan namun cara ini terbukti berhasil melindungi rekening digital nasabah. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan cara ini yaitu Pins harus mencatat atau mengingat password baru yang telah dibuat.

Menggunakan fitur notifikasi untuk transaksi

Jenius memiliki fitur pemberitahuan untuk setiap transaksi atau aktivitas perbankan yang dilakukan oleh penggunanya. Pemberitahuan ini akan dikirimkan melalui email atau SMS.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Aktivasinya bisa dilakukan melalui profil dan pada tab pengaturan. Melalui tab tersebut, pengguna kemudian bisa mengatur jenis pemberitahuan yang ingin diaktifkan.

Memanfaatkan e-card

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jenius memberikan dua jenis kartu kepada nasabahnya yaitu e-card dan m-card. Saat melakukan transaksi online, Pins bisa memanfaatkan kartu elektronik yang dimiliki. Apabila terdeteksi adanya penyalahgunaan kartu, Pins bisa langsung memblokir kartu tersebut.

Baca juga: Daftar Terlengkap Kode Bank BUMN dan Swasta di Indonesia

Mencatat nomor customer service Jenius

Setiap bank sudah menyediakan layanan customer service untuk membantu nasabahnya. Apabila Pins khawatir terjadi berbagai hal terkait akun Jenius, bisa mencatat nomor customer service milik bank ini. Nomor ini akan berguna apabila Pins butuh layanan yang cepat seperti misalnya pemblokiran kartu.

Nabung di Jenius memudahkan banyak orang untuk melakukan transaksi perbankan sekaligus menyimpan uang. Supaya lebih aman, jangan lupa untuk mengikuti tips-tips di atas, ya, Pins!

Baca juga:

Kontributor: Safina

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel