7 Tips Menabung Cepat yang Efektif Dilakukan

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 3 April 2022 ∙ 4 menit membaca

Mungkin bagi sebagian orang kegiatan menabung bukan hal gampang untuk dijalankan. Adapun faktor yang melatarbelakangi cukup beragam, mulai dari keinginan membeli sesuatu sampai dengan tergoda promosi. Maka orang tersebut kiranya perlu mengetahui tips menabung cepat untuk diterapkan dalam keseharian. Mengingat menabung merupakan hal penting lantaran dapat dipakai sebagai dana cadangan.

Misalnya saja ketika seseorang dihadapkan dengan kondisi butuh uang mendesak, entah karena sakit ataupun sebab lain. Masih terdapat dana tabungan yang bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut. Hingga dapat meminimalisir hutang yang dilakukan, apalagi hutang tersebut memiliki ketetapan bunga tinggi. Berikut daftar tips yang dapat dijalankan untuk menabung dengan cepat:

1. Menetapkan Tujuan Menabung

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai tips menabung cepat adalah dengan menetapkan tujuan dari kegiatan menabung tersebut. Misalnya saja seperti tujuan ingin melakukan kegiatan menabung guna menyisihkan sejumlah dana sebagai dana cadangan. Maupun seperti tujuan untuk melakukan pembelian suatu barang tertentu yang sudah diinginkan.

Dengan begitu orang yang bersangkutan dapat menentukan alasan atau tujuan melakukan kegiatan menabung dengan jelas. Apabila dibutuhkan kegiatan menabung tersebut bisa dilangsungkan dalam beberapa tabungan sekaligus sesuai tujuan.

2. Menentukan Batasan Waktu dan Jumlah

Daftar tips menabung cepat berikutnya yaitu melakukan penentuan mengenai waktu dan juga jumlah nominal tabungan yang ingin dicapai. Contoh kecilnya yaitu seperti ketika ingin melakukan pembelian buku tertentu dengan kisaran harga 1 juta rupiah. Maka penentuan waktu juga penting dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan keseharian dan kemampuan yang dimiliki.

3. Membuat Anggaran Serta Pengelolaannya Keuangan

Tidak hanya penentuan tujuan, nominal dan juga batasan waktu menabung saja yang perlu dipertahankan. Pasalnya pembuatan anggaran beserta pengelolaan keuangan juga berperan penting dalam sebuah kegiatan menabung. Mengingat jika tidak dikelola dengan baik, keuangan bisa saja habis lantaran perilaku boros yang bisa saja muncul.

Secara umum anggaran dapat dipahami sebagai pengalokasian terhadap sejumlah kebutuhan yang ada. Misalnya saja seperti kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam kurun waktu per bulannya. Di antaranya meliputi kebutuhan untuk membayar transportasi, kemudian biaya untuk makan, menabung dan lainnya. Dengan kisaran penghasilan per satu bulan adalah 1 juta rupiah dapat dibagi dengan sejumlah anggaran tersebut.

4. Memanfaatkan Aplikasi Yang Ada

Dengan melakukan pencatatan transaksi keuangan dengan memakai aplikasi dapat menjadi daftar tips menabung cepat berikutnya. Hal ini terbilang penting terutama bagi orang yang sering mengalami lupa. Pasalnya tips ini nantinya dapat dipakai untuk melakukan kegiatan evaluasi.

Serta juga untuk kebutuhan melakukan penelusuran terkait jejak keuangan yang sempat dijalankan. Pada dasarnya memang kegiatan pencatatan ini dapat dilakukan menggunakan buku secara konvensional. Akan tetapi akan lebih gampang serta canggih jika menggunakan sejumlah aplikasi yang ada sebagai perantara.

5. Memakai Rekening Terpisah

Tips untuk menjalankan kegiatan menabung cepat berikutnya yaitu menggunakan perantara rekening yang terpisah antar kebutuhan. Jika dibutuhkan rekening untuk kebutuhan menabung dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari dapat dipisahkan. Hal ini bisa dipakai sebagai solusi kekhawatiran tercampurnya dana untuk menabung dengan dana untuk kebutuhan.

6. Memakai Konsep Terbalik Tanggal

Tips satu ini dikenal juga sebagai konsep menabung yang dijalankan dalam waktu sebulan penuh dengan memakai angka terbaik di tiap harinya. Cara ini dapat dijalankan dengan melakukan kegiatan menabung di tanggal 1 dengan nominal 30 ribu rupiah. Kemudian dilanjutkan di tanggal 2 dengan nominal 29 ribu rupiah.

Lalu di tanggal 3 bisa menabung dengan nominal 28 ribu rupiah. Demikian seterusnya hingga mencapai di tanggal 30 hanya perlu menabung sebesar 10 ribu rupiah. Melalui penerapan cara satu ini, nantinya jumlah tabungan yang berhasil dikumpulkan dalam kurun waktu satu bulan yaitu 465 ribu rupiah. Jika memang tips menabung satu ini cocok dipakai, maka dapat dijalankan di bulan berikutnya.

7. Menerapkan Cara Belanja Hemat

Tips menabung dengan cara cepat kali ini erat kaitannya dengan kebutuhan berbelanja yang dilakukan oleh seseorang. Mengingat menerapkan pola hidup hemat bisa menjadi solusi untuk menabung. Tata caranya adalah dengan menerapkan cara berbelanja dengan membandingkan harga satu penjual dengan penjual lain.

Dimana tujuan dari dilakukannya hal tersebut tidak lain untuk mendapatkan harga paling bagus alias termurah dengan kualitas yang sama. Di samping itu juga tidak berbelanja barang yang tidak diperlukan, tidak berbelanja dengan cara berlebihan. Selain itu bisa juga melakukan kegiatan berbelanja dengan memakai promo, diskon maupun voucher yang disediakan untuk menghemat pengeluaran.

Demikian pembahasan mengenai tips menabung cepat yang dapat dicoba. Uraian di atas kiranya penting bagi orang yang kesulitan ataupun bingung untuk memulai dalam menjalankan kegiatan menabung. Hingga keberadaan dari beberapa tips tersebut bisa menjadi referensi yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan di keseharian. Mengingat menabung dapat dipakai sebagai cadangan dana darurat maupun lainnya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia