Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Harga Emas Hari Ini, Prediksi, dan Untung Rugi Investasinya

Harga Emas Hari Ini, Prediksi, dan Untung Rugi Investasinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Emas masih menjadi salah satu jenis investasi yang populer di kalangan masyarakat. Dengan jenisnya yang merupakan benda logam, emas merupakan komoditi yang tetap awet meski sudah disimpan selama bertahun-tahun. Harga emas pun cenderung terus naik jika dilihat dari grafik per hari ini.

Pinhome – Instrumen investasi yang juga dikenal dengan sebutan Logam Mulia ini bisa ditemui dalam berbagai bentuk. Ada yang memperjualbelikannya sebagai aksesoris berupa kalung, anting, maupun cincin. Meskipun perhiasan sangatlah populer, kebanyakan emas yang dijadikan investasi yaitu berbentuk murni batangan.

Sebagai salah satu bentuk investasi, pergerakan harga emas tidaklah secepat jenis investasi populer lainnya seperti saham dan uang kripto. Walaupun kenaikannya lambat, namun jika dilihat dari perbandingannya dari bertahun-tahun sebelumnya, harga emas cenderung mengalami kenaikan yang signifikan.

Yuk, cari tahu harga emas dan penjelasan investasinya di bawah ini!

Baca Juga: Keuntungan Investasi Property Yang Perlu Diketahui!

Apa Itu Emas 24 Karat dan Emas Antam?

(Ayo Semarang)

Saat melakukan pencarian mengenai investasi emas, Pins akan sering menemukan jenis-jenis yang populer seperti emas 24 karat dan antam.

Satuan karat mengindikasikan kemurnian atau kandungan emas. Semakin sedikit nilai karatnya, maka semakin sedikit pula emas murni di dalamnya dan sisanya merupakan campuran logam lain. Jenis emas campuran ini biasanya ditemui dalam perhiasan.

Jika ingin melakukan investasi, emas murni merupakan pilihan yang lebih tepat. Tingkat kemurnian yang sering dipilih yaitu 24 karat atau setara dengan 99,00 – 99,99% emas. Jenis emas ini sering ditemui dalam bentuk batangan dan harga jualnya cenderung lebih tinggi.

Sedangkan untuk emas antam merupakan logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang. ‘Antam’ sendiri merupakan singkatan dari nama perusahaan tersebut. Emas antam ini dijual dalam bentuk batangan dengan satuan gram.

Harga Emas Hari Ini Berdasarkan Berat

(Logam Mulia)

Harga emas selalu mengalami perubahan setiap harinya. Terhitung tanggal 24 Mei 2021, harga emas menyentuh Rp959.000, naik Rp1.000 dibandingkan satu hari sebelumnya. Harga tersebut lebih tinggi Rp26.000 dibandingkan sebulan sebelumnya.

Melalui laman logammulia.com, harga emas batangan 24 karat hari ini berdasarkan jumlah gramnya yaitu sebagai berikut.

BeratHarga DasarHarga +Pajak 0,45%Harga +Pajak 0,90%
0,5 gram529.500531.000533.500
1 gram959.000963.000967.000
2 gram1.858.0001.866.0001.874.000
3 gram2.762.0002.774.0002.786.000
5 gram4.570.0004.590.0004.611.000
10 gram9.085.0009.125.0009.166.000

Fluktuasi Harga Jual dan Harga Beli Emas Hari Ini di Pegadaian

(Pegadaian)

Baca Juga: Investasi Rumah Atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti

Pegadaian merupakan salah satu lembaga yang melayani jasa jual beli emas murni di Indonesia. Melalui badan usaha milik pemerintah ini, seseorang bisa menjual emas miliknya atau membeli emas yang menjadi kepemilikan Pegadaian.

Melihat data yang disajikan oleh Pegadaian melalui laman resminya, harga jual beli emas di tahun 2021 cenderung fluktuatif atau mengalami kenaikan dan penurunan. Pada awal tahun, harga jual emas per gram yaitu Rp911.000 lalu mengalami tren penurunan hingga bulan Maret. Lalu terjadi kenaikan tajam pada 6 Maret 2021 yang harganya mencapai Rp957.000.

Setelah kenaikan ekstrim tersebut, harga jual emas di Pegadaian langsung anjlok di hari berikutnya yaitu mencapai Rp860.000. Kemudian, di hari-hari berikutnya cenderung mengalami kenaikan. Harga jual emas per hari ini, 25 Mei 2021, di Pegadaian menyentuh angka Rp904.000.

Kecenderungan tren harga beli di Pegadaian juga mengalami hal yang sama. Di awal tahun, harganya cukup tinggi, lalu turun sampai bulan Maret. Angka tersebut kemudian mulai naik dan pada hari ini harga belinya yaitu Rp876.000.

Perkiraan Harga Emas 5 Tahun ke Depan

(Logam Mulia)

Harga emas memang cenderung mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa harga investasi ini terus mengalami kenaikan dan penurunan yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Melihat tren selama 5 tahun terakhir (2016 – 2021), harga emas cenderung stabil dan naik secara berkala. Namun, terjadi lonjakan yang signifikan di akhir tahun 2019. Harga tersebut terus naik sepanjang tahun 2020 dan mulai menurun di tahun 2021.

Kenaikan drastis pada harga emas di tahun-tahun tersebut kemungkinan besar terjadi karena adanya pengaruh pandemi Covid-19. Banyak orang yang melakukan investasi besar-besaran sehingga harga emas pun naik.

Melihat kecenderungan tersebut, apabila terjadi sebuah anomali global di sela waktu 5 tahun ke depan, akan muncul kemungkinan harga emas akan mengalami kenaikan yang signifikan. Namun, harganya akan mulai stabil setelah orang-orang mulai terbiasa dengan perubahan tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

(Pontas)

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang populer. Hal ini terjadi bukan karena sebuah kebetulan saja. Ada beberapa keuntungan yang mendorong banyak investor memilih emas sebagai investasi seperti harga yang tinggi dilihat dari data hari ini. Benefit lainnya yaitu seperti:

  • Merupakan sebuah investasi jangka panjang
  • Mudah dicairkan
  • Tidak terikat pajak
  • Sebagai bentuk perlindungan kekayaan

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih investasi emas. Kerugian yang harus diantisipasi yaitu:

  • Risiko kehilangan seperti karena perampokan
  • Harganya selalu naik dan turun
  • Harga emas cenderung stagnan ketika perekonomian stabil

Harga emas selalu mengalami fluktuasi atau penurunan dan kenaikan setiap harinya. Walaupun begitu, terdapat tren kenaikan harga di setiap tahunnya sehingga menjadikan emas sebuah bentuk investasi yang populer. Yuk, mulai investasi emas!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel