BlogLifestyleKesehatanContoh Bentol Bekas Gigitan Tungau Kasur, Ciri dan Cara Mengobatinya
0
0

Contoh Bentol Bekas Gigitan Tungau Kasur, Ciri dan Cara Mengobatinya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Agu 22, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
gigitan tungau kasurtop-right-banner

Gigitan tungau kasur dapat memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang bervariasi. Bentol bekas gigitan tersebut tidak selalu berbentuk bulat dan sering kali muncul dalam ukuran yang beragam. 

Beberapa mungkin lebih kecil dari sebutir beras, sementara yang lain bisa lebih besar. Oleh karena itu, penting Pins merawat rumah agar tampil bersih seperti Mutiara Gading City atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya.

Nggak harus rumah baru, Pins juga dapat beli rumah second di Kec Depok bila cari hunian yang sehat dan asri. Kamu juga bisa start mempersiapkan menghitung estimasi harga rumah tersebut lewat fitur PinValue dari Pinhome. Yuk, cobain fiturnya!

Jika Pins pernah mengalami gatal-gatal dan bentol merah misterius di kulit, maka artikel ini adalah untuk Pins. Mari kita mulai dengan memahami apa sebenarnya yang menyebabkan bentol ini muncul.

Apa Itu Bentol Bekas Gigitan Tungau Kasur?

Source : Alodokter

Bentol bekas gigitan tungau kasur adalah reaksi alergi yang umum terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan tungau kasur atau tungau debu. Tungau-tungau ini mikroskopis dan seringkali tidak terlihat dengan mata telanjang. 

Ketika tungau tersebut berinteraksi dengan kulit Pins, sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan cara yang menyebabkan kemerahan, gatal, dan munculnya bentol.

Baca juga: Tips Membuat Ukuran Meja Dapur yang Ideal

Ciri-Ciri Bentol Bekas Gigitan Tungau Kasur

gigitan tungau kasur
Source : Pixabay

Lantas, bagaimana kalau mengetahui bahwa terdapat bekas gigitan tungau kasur? Jangan khawatir! Berikut ini ciri-ciri gigtan tungau kasur:

1. Bisa Muncul dengan Berbagai Ukuran dan Bentuk

Bentol bekas gigitan tungau kasur dapat muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk. Mereka seringkali lebih kecil dari sebutir beras atau lebih besar, dan bentuknya tidak selalu bulat. Beberapa orang mungkin mengira bahwa bentol bekas gigitan tungau kasur hanya berukuran kecil dan bulat, namun kenyataannya, bentuk dan ukurannya dapat sangat bervariasi. 

Ada yang terlihat seperti bintang-bintang kecil, sementara yang lain mungkin memiliki bentuk yang lebih oval atau tidak teratur. Variasi ini membuatnya sulit untuk dengan pasti mengidentifikasi gigitan tungau hanya berdasarkan pada bentuk atau ukuran tertentu.

2. Menimbulkan Rasa Gatal

Salah satu tanda paling umum adalah gatal yang intens di area sekitar bentol. Gatal bisa menjadi sangat mengganggu dan mengganggu kenyamanan Pins. 

Sensasi gatal yang ditimbulkan oleh gigitan tungau kasur sering kali tidak hanya terasa seperti gatal biasa, tetapi lebih intens dan meresap. 

Hal ini bisa membuat Pins merasa terganggu bahkan hingga sulit tidur di malam hari. Gatal yang persisten juga dapat berdampak pada kulit Pins, menyebabkan iritasi dan bahkan luka jika tergaruk terlalu keras.

3. Timbul Kemerahan

Source : Depositphotos

Area di sekitar bentol cenderung memerah. Ini adalah reaksi alergi dari tubuh terhadap cairan yang dikeluarkan oleh tungau saat mereka menggigit. 

Proses gigitan tungau kasur memicu respons alergi di dalam rumah pada beberapa orang, yang mengakibatkan kulit di sekitar gigitan menjadi merah dan meradang. 

Reaksi ini sebenarnya merupakan respons perlindungan alami tubuh terhadap bahan kimia yang dikeluarkan oleh tungau kasur selama proses menghisap darah. 

Kemerahan ini bisa menjadi tanda nyata bahwa Pins telah digigit oleh tungau kasur, terutama jika Pins tidak bisa melihat tungau itu sendiri.

Baca juga: Tips Membersihkan Rumah Tanpa Pembantu

4. Muncul di Beberapa Area Tubuh

Bentol-bentol ini sering muncul di area tubuh yang sering berinteraksi langsung dengan permukaan tempat tidur, seperti lengan, kaki, dan punggung. 

Tempat tidur adalah lingkungan utama bagi tungau kasur, dan mereka aktif pada malam hari ketika orang sedang tidur. 

Oleh karena itu, bentol-bentol bekas gigitan tungau kasur cenderung muncul di area-area yang sering berinteraksi dengan permukaan tempat tidur, seperti lengan yang mungkin menyentuh selimut atau punggung yang berada di dekat kasur. 

5. Bentol Berkelompok

Mereka bisa muncul secara berkelompok atau tersebar di seluruh area tertentu pada tubuh Pins. Gigitan tungau kasur sering kali muncul dalam kelompok-kelompok kecil atau pola yang tersebar di area tertentu pada tubuh Pins. 

Hal ini terjadi karena tungau kasur dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di kulit Pins, menggigit dalam pola yang tidak teratur. 

Dengan demikian, Pins mungkin akan melihat sekelompok bentol yang berdekatan satu sama lain atau mungkin tersebar di area yang lebih luas pada tubuh Pins. 

Kehadiran gigitan-gigitan ini dapat memberikan petunjuk tentang tingkat infestasi tungau kasur di lingkungan Pins serta lokasi tempat mereka bersembunyi.

Baca juga: Langkah Penting Membersihkan Dan Merapikan Rumah

Cara Mengobati Bentol Bekas Gigitan Tungau Kasur

gigitan tungau kasur
Source : iStock

Lantas, bagaimana cara mengobati gigitan tungau kasur? Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Membersihkan Lingkungan

Mulailah dengan membersihkan tempat tidur dan lingkungan Pins secara teratur. Cuci seprai, bantal, dan selimut dengan air panas untuk membunuh tungau.

2. Gunakan Vakum dengan Reguler

Gunakan vakum dengan filter HEPA untuk membersihkan karpet, kasur, dan perabotan lain yang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi tungau.

3. Pakai Pelembap

Pelembap kulit yang lembut dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada kulit.

4. Salep Anti-Alergi

Konsultasikan dengan dokter kulit Pins tentang penggunaan salep anti-alergi yang sesuai untuk mengurangi peradangan dan gatal.

5. Pakai Obat Antihistamin

Dokter bisa meresepkan antihistamin oral untuk meredakan gejala alergi, termasuk gatal dan kemerahan.

Demikian informasi seputar bentol dan bekas gigitan tungau kasur yang bias bikin Pins gatal-gatal. 

Menghadapi bentol bekas gigitan tungau kasur bisa sangat menjengkelkan, tetapi penting untuk diingat bahwa tindakan pencegahan dan perawatan yang tepat dapat membantu Pins mengatasi masalah ini. 

Dengan membersihkan lingkungan tidur secara rutin, menggunakan pelembap kulit yang tepat, dan berkonsultasi dengan dokter kulit, Pins dapat meredakan gejala dan mengembalikan kenyamanan kulit Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tempat Paling Sering Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download