Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Tempat Paling Sering Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah

Lifestyle

Tempat Paling Sering Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Membersihkan rumah merupakan kegiatan sehari-hari agar rumah selalu bersih dan nyaman. Namun, ketika membersihkan perobotan terkadang ada yang dilewati. Oleh sebab itu, seringkali ada serangga yang muncul di area-area tertentu. Hal itu karena area tersebut luput dari pandangan kita. Berikut adalah beberapa area yang dilewati saat membersihkan rumah:

membersihkan rumah tinggal
membersihkan rumah tinggal

Area di Sekitar Bak Cuci Piring

Membersihkan area sekitar bak cuci piring mungkin sering dilakukan sesudah cuci piring. Namun biasanya orang-orang hanya menyiramnya dengan air. Selain itu, wadah sabun dan rak piring terkadang tidak diperhatikan. Padahal apabila kotak sabun dalam keadaan lembap dan sponnya tergenang, bisa menimbulkan bakteri yang membahayakan perut. Lakukan pergantian spon tiap minggu. Jangan lupa untuk membersihkan rak piring setelah piring diletakkan di lemari.

Kolong Ranjang

Ketika membersihkan kamar tidur terkadang hanya bagian yang dilihat mata saja yang disapu atau dilap. Seringkali kita melewati kolong ranjang untuk dibersihkan. Bisa jadi hal itu karena kamar yang dihuni sempit atau karena ranjang ditempelkan ke dinding. Ujung kolong yang susah dibersihkan dan ranjang yang cukup berat untuk digeser membuat sebagian orang malas membersihkannya. Padahal bagian kolong ranjang adalah area yang paling banyak debunya.

Kabel

Sering kita melihat kabel yang menjulur dan berserakan di lantai. Kabel-kabel itu juga tampak berdebu. Wajar jika kabel-kabel tersebut berdebu karena memang cenderung menjadi area berkumpulnya debu. Hal itu bisa menyebabkan kabel dihinggapi serangga. Bersihkan kabel tiap bulan dan gulung dengan rapi apabila kabel terlalu panjang.

Wadah Toiletries

Bagi pengguna kamar mandi wadah toiletries sangat bermanfaat untuk menaruh produk perawatan tubuh. Namun, kadang kita hanya fokus terhadap isinya tanpa membersihkan wadahnya. Tempat sabun dan wadah sikat gigi padahal mudah sekali berkerak dan ternoda akibat sisa sabun. Hal itu justru menimbulkan bakteri.

Shower Toilet

Bagi yang menggunakan toilet duduk mungkin menggunakan shower kecil yang berguna untuk membilas area kemih usai buang air kecil atau besar. Terkadang shower tersebut tiba-tiba tersumba karena lubang yang dimiliki tak besar. Sebaiknya bersihkan shower toilet tiap minggu agar tak terjadi sumbatan.

Lampu Rumah

Jika teliti melihat sekitar lampu taman atau rumah, pasti banyak debu yang muncul di lampu tersebut. Debu tersebut bisa menyebabkan sinar lampu jadi redup, sebaiknya bersihkan supaya penerangan menjadi maksimal.

Lemari Dapur Paling Atas

Lemari kitchen set adalah salah satu perabotan yang jarang sekali digapai saat pembersihan. Cara membersihkannya pun harus naik menggunakan kursi atau tangga. Terkadang cara ini merepotkan sehingga sering dilewati. Perlu diketahui kalau isi lemari itu berisiko menimbulkan jamur. Jadi sebaiknya jangan lupa untuk membersihkan secara keseluruhan.

Tags :

Bagikan Artikel