Pinhome

Kesehatan

Cara Atasi Alergi di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Setiap masing-masing individu pasti memiliki alergi terhadap makanan atau benda-benda tertentu. Sayangnya, tidak semua orang tahu apa alerginya karena alergi selalu datang tiba-tiba. Namun, alergi yang paling umum dialami oleh seseorang yaitu karena debu, kotor dan lembab.

Akibat dari alergi debu ini biasanya seseorang akan sering bersin-bersin, mata bengkak, kulit kemerahan, dan timbul ruam. Alergi bisa menyerang daerah mana saja termasuk pernfasan dan saluran pencernaan. Namun, jika alergi tersebut terjadi di rumah sendiri pastinya akan sangat merepotkan sekali bukan? Agar alergi tidak mudah terjadi saat di rumah, berikut tipsnya:

Bersihkan Rumah dari Debu

Apabila memiliki penyejuk udara seperti kipas angin, Ac dan exhaust fan jangan lupa untuk membersihkannya saat kotor seminggu sekali atau sebulan dua kali. Debu yang menempel pada sisi penyejuk udara bisa menjadi salah satu timbulnya alergi meskipun rumah dalam keadaan bersih. Pastikan pula bahwa ventilasi dan jendela tidak terkena debu.

Tidak memakai Alas Kaki di Rumah

Bersihnya suatu rumah tidak menjamin bahwa kita terhindar dari alergi. Debu-debu yang tidak sengaja masuk ke dalam rumah biasanya terbawa dari sepatu yang digunakan. Seabiknya jauhkan rumah atau kamar dari benda-benda yang habis dipakai diluar seperti sepatu. Hal itu karena debu akan sangat mudah terbawa oleh sepatu kita. Apabila debu yang terbawa ke dalam rumah tanpa sengaja kita hirup alergi akan kumat. Letakkan sepatu di luar rumah, bersihkan bila perlu setidaknya seminggu sekali. Dan yang paling penting adalah adanya keset di depan pintu rumah agar sebelum kita masuk sepatu bisa digesekkan terlebih dahulu untuk mengurangi debu.

Mandi

Meskipun kita memiliki segudang kegiatan, bukan berarti kita harus melupakan mandi. Mandi sangat penting bagi tubuh, karena menjaga kebersihan kita. Banyaknya rutinitas seharian tentu akan menyisahkan debu-debu dan kotoran yang menempel pada tubuh. Bersihkan diri supaya kulit terhindar dari elergi.

Mencegah Lembab

Dinding rumah cenderung mudah terkena jamur saat dinding lembab. Pastikan dinding tidak lembab dengan menggunakan cat dinding yang anti jamur. Hal ini akan membantu mengurangi pemicu alergi di dalam rumah. Jamur yang menempel pada dinding bisa menyebabkan ruangan menjadi apek dan akan mengganggu pernafasan kita.

Mencuci dengan Air Panas

Mencuci pakaian dan perabotan dengan air panas sangatlah penting. Hal ini untuk membuh kuman dan mikroba yang memicu alergi. Cucilah pakaian dan perabotan yang terbuat dari kain seperti keset dengan air panas perlahan.

Membersihkan alat pembersih

Apabila kita sering membersihkan ruangan dengan menggunakan vacuum cleaner, sapu, keset dan lap jangan lupa untuk membersihkan alat-alat tersebut. Sering digunakan untuk membersihkan debu tentunya akan meninggalkan debu di setiap alat tersebut.

Tags :

Bagikan Artikel