BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Rekomendasi Software Denah Rumah Plus Keunggulannya
0
0

10 Rekomendasi Software Denah Rumah Plus Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 16, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam membuat denah rumah, terkadang mengalami hambatan untuk menggambar secara manual denah yang diinginkan. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini permasalahan tersebut bisa diatasi. Kita bisa memanfaatkan software denah rumah yang banyak ditawarkan di internet.

Mungkin denah rumah bekas di Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Nismara Harapan Indah menjadi model Rumah Ekslusif yang kamu cari selama ini. Gunakan aplikasi Pinhome untuk mencari rumah terbaikmu yang dekat dengan sarana pendidikan seperti UNSRI Palembang maupun lainnya.

Rekomendasi Software Denah Rumah Terbaik

Ada beberapa macam software yang bisa digunakan dengan beberapa fitur untuk pembuatan denah rumah dengan berbagai dimensi. Ada yang hanya 2 dimensi maupun 3D yang bisa kamu simak dalam list di bawah ini!

1. SketchUp Pro

Source : sketchup-ur-space

Dengan User Interface yang dimilikinya kini membangun denah rumah 3D seakurat mungkin. Program ini bisa memudahkan mengubah model menjadi animasi agar bisa melihat detail-detail rancangan.

Baca juga: 

2. Chief Architect Premier

Source : Chief Architect Premier

Software ini cocok untuk arsitek profesional yang sering menangani proyek desain rumah. Fitur yang dimilikinya bisa eskplor 360 derajat, memiliki visual berkualitas tinggi hingga menggambar secara 3D.

3. TurboFloorPlan Home & Design Deluxe

Source : Turbocad

Dalam programnya tersedia 45 sample plan yang bisa digunakan langsung. Kamu bisa impor hasil desain yang sudah didesain secara fisik. Ada pula video tutorial dari para profesional yang meningkatkan skill dalam membuat denah rumah.

4. RoomSketcher Home Designer

(

Hasil kerjamu dalam RoomSketcher Home Designer bisa langsung disimpan di Cloud. Hanya perlu drag and drop untuk menjalankannya serta tersedia secara gratis. Ada banyak furnitur, fitur dan floor plan yang bisa dirancang sendiri.

5. Home Outside

(

Aplikasi desain selanjutnya adalah Home Outside yang bisa digunakan pada ponsel sistem iOS. Kamu bisa merancang layout dari rumah secara aerial 2 dimensi.

6. Roomstyler 3D Home Planner

Source : Roomstyler 3D Home Planner

Bila merancang rumah rumit baiknya menggunakan Roomstyler 3D Home Planner. Aplikasi ini mempunyai video tutorial dalam melakukan perancangan denah rumah. Dengan begitu, para pemula bisa dengan mudah membuat denah hunian yang diimpikan.

7. Artlantis

Source : Artlantis

Untuk memberikan sentuhan tambahan baik fasad rumah maupun interior bisa mengandalkan Artlantis. Aplikasi ini hadir pada platform PC serta mampu merender desain rumah agar terlihat lebih hidup dan nyata.

8. Lumion

Source : Lumion

Dengan Lumion merancang dan merender hasil rancangan rumah bisa seakurat mungkin. Aplikasi ini mempunyai tampilan detail dan lengkap dengan user interface yang mudah dipelajari.

9. Space Designer 3D

(

Aplikasi berbasis web ini digunakan untuk pemilihan material furnitur dan cocok untuk keperluan pribadi atau komersial. Keunggulannya adalah tersabung dengan GPS yang bisa memprediksi pencahayaan natural rumah secara realistis.

10. DreamPlan

(

Untuk merancang rumah kecil bisa menggunakan DreamPlan karena fiturnya cukup sederhana. Kamu bisa renovasi sederhana atau mendesain rumah minimalis dengan software ini.

Selain software di atas sebenarnya maish banyak lagi aplikasi atau program yang bisa dipakai untuk membuat denah rumah. Macam software denah rumah lainnya antara lain Auto Cad, 3DS max, Ashampoo Home Designer Full version, Sweet Home 3D, dan Easy Plan Pro.

Baca juga:

Keunggulan Menggunakan Software Denah Rumah

Source : Pexels

Ketika ingin membangun sebuah rumah, seringkali memiliki ide tersendiri mengenai hal-hal yang berkaitan dengan rumah. Misalnya mengenai konsep rumah, desain arsitektur rumah, hingga denah rumah. Kini ada banyak software untuk denah rumah yang menawarkan berbagai keuntungan seperti:

1. Tidak Membutuhkan Skill Khusus

Masing-masing software memiliki keunggulan masing-masing dalam penggunaannya. Untuk pemula yang belum mengerti mengenai aplikasi software denah rumah, lebih baik gunakan Ashampoo Home Designer Full Version atau Sweet Home 3D.

Pengoperasiannya yang mudah sehingga tidak membutuhkan skill yang khusus. Hal yang perlu dilakukan dalam menggunakan fitur yang ada hanyalah drag and drop.

Software ini juga cocok digunakan untuk mendesain denah rumah yang sederhana. Selain itu, ukuran filenya juga kecil sehingga bisa disimpan ke dalam flash disk.

2. Mengatur Denah Sesuai Keinginan

Ketika menggunakan software tersebut, kita dapat mengatur skala denah yang digunakan. Maka, kita tidak perlu repot-repot menghitung sendiri skala denah secara manual. Hal ini akan mempermudah pengguna dalam membuat denah rumah secara cepat serta tepat sesuai dengan lahan yang dimiliki.

3. Fitur yang Variatif

Fitur-fitur yang tersedia dalam software sangatlah banyak. Misalnya saja terdapat beberapa gambar pintu, jendela, bentuk geometris, dan sebagainya yang bisa kita pakai untuk menambahkan elemen dalam ruangan.

Tinggal klik gambar yang diinginkan, kemudian drag ke dalam denah rumah lalu drop. Maka, ruangan akan terisi dengan gambar yang kita ambil dari fitur tersebut. Namun, jika jumlah fitur masih dirasa kurang, kita masih bisa mengimpor dari luar sehingga fitur menjadi semakin lengkap.

4. Mendapatkan Tata Ruang yang Sesuai

Selain memposisikan benda dalam denah rumah, software tersebut juga bisa digunakan untuk memperkecil atau memperbesar ukuran yang kita inginkan. Bahkan, ada pula software yang dilengkapi dengan pengukuran secara otomatis seperti Ashampoo Home Designer Full Version.

Meskipun dalam beberapa software denah rumah menampilkan 3D view, namun dalam proses pembuatan denah tetap menggunakan 2D. Dengan demikian, maka proses pembuatan menjadi lebih mudah namun dengan hasil view yang indah.

Baca juga: Arti Simbol Keterangan Pada Denah Rangka Atap Rumah

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download