BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Fungsi Cat Primer atau Dasar Tembok yang Perlu Kamu Tahu
0
0

5 Fungsi Cat Primer atau Dasar Tembok yang Perlu Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cat primer atau dasar tembok biasanya akan digunakan ketika sebelum melakukan pengecatan pada dinding. Hal ini bertujuan untuk menciptakan permukaan yang halus dan rata agar lapisan atas bisa menmpel dan meningkatkan tampilan permukaan secara keseluruhan. Selain itu juga, terdapat beberapa fungsi cat primer yang harus Kamu ketahui. Pada artikel ini Pinhome akan menjelaskan beberapa fungsi cat primer yang perlu Kamu tahu.

Cat primer atau dasar tembok merupakan jenis cat yang harus Kamu lapisi ke tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan dengan cat utama dengan warna yang Kamu mau.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Fasad Roster yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Apa Itu Cat Primer?

Cat primer mempunayi formulasi bahan yang berbeda dibandingkan dengan cat biasa. Cat yang satu ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan mengandung banyak padatan yang dapat membantu mengisi celah yang kecil pada permukaan dinding. Selain itu juga, membantu dapat membantu memberikan dasar yang lebih baik untuk lapisan di atasnya. Cat primer ini juga mengandung pigmen dan resin khusus yang dapat membantu menyegel dan melindungi permukaan.

Fungsi Cat Primer atau Dasar Tembok yang Perlu Kamu Tahu

Source : Pixabay

Mengecat rumah merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar tampilan rumah dapat terlihat lebih menari dan tidak tampak membosankan. Proses pengecatan juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena terdapat tahap yang harus Kamu lakukan terlebih dahulu, salah satunya yaitu mengaplikasik cat primer atau cat dasar. Banyak sekali yang menanggap bahwa cat primer tidak dibutuhkan dan Kamu dapat langsung mengaplikasikan cat tembok.

Padahal, produsen cat telah memberikan anjuran bahwa lapisan cat primer sangatlah penting dan perlu diaplikasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan cat utama di tembok rumah. Berikut ini beberapa fungsi cat primer yang perlu Kamu tahu.

1. Memberikan Lapisan Dasar Cat yang Baik

Source : Pixabay

Fungsi cat primer yang pertama yaitu dapat memberikan lapisan dasar cat yang baik. Tentunya tidak semua tembok mempunyai tekstur yang sama karena beberapa jenis tembok ada yang mempunyai permukaan yang kasar dan tidak rata. Dengan mengaplikasikan cat dasar, hal itu bisa membuat permukaan tembok yang kasar menjadi tertutup dan membuat permukaanya menjadi lebih rata. Tembok yang sudah rata dan telah tertutup oleh cat dasar akan lebih mudah untuk diaplikasikan lapisan cat utama, sekaligus juga tidak akan membuang-buang cat utama yang harganya tentunya mahal.

2. Melindungi Tembok dari Garam dan Sebagai Anti Alkali

Fungsi cat primer berikutnya yaitu untuk melindungi tembok dari kontaminasi zat-zat alkali yang bisa merusak tampilan akhir dari suatu tembok pada rumah, misalnya seperti munculnya jamur dan lumur, cat mengapur ataupun muncul serbuk halus pada cat, dinding basah, atau bahkan lapisan cat yang mengelupas.

Adapun zat alkali ini biasanya terdapat pada material bangunan misalnya seperti pada batu bata dan juga pada semen. Oleh karena itu, dengan memberikan lapisan cat dasar tembok, maka lapisan cat dan dinding akan lebih tahan terhadap kontaminasi garam alkali dan cat finishing bisa bertahan lebih tahan lama.

3. Menutupi Noda yang Terdapat pada Tembok

Source : Pixabay

Noda pada tembok dapat merusak penampilan dari rumah yang Kamu miliki. Kamu dapat memanfaatkan cat dasar tembok untuk menutupi noda dan juga melindungi tembok dari noda lainnnya yang menempel di kemudian hari. Harga dari cat primer yang murah dapat membuat Kamu tidak butuh mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk membeli cat lainnya hanya untuk menutupi noda saja.

4. Menghasilkan War Cat Dinding yang Lebih Sempurna

Source : Pixabay

 Warna acian pada tembok dan material dinding yang lainnya pastinya akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari warna cat dinding. Hal tersebutlah yang menjadi alasan pengaplikasian cat primer sangat pentin dilakukan agar dapat menghasilkan warna cat finishing yang lebih sempurna dibandingkan tanpa menggunakan cat primer.

Hal tersebut karena sifat netral yang adap ada cat primer atau cat dasar tembok, yang dimana berwarna putih dan akan membuat cat finishing menghasilkan warna yang lebih maksimal dan sempurna.

5. Melapisi Pori-Pori Tembok yang Besar

Terdapat beberapa jenis tembok yang mempunyai pori-pori yang berukuran besar, salah satunya yaitu bata hebel. Pori-pori tersebut harus Kamu tutup dengan menggunakan primer agar tidak boros dalam pemakaian cat. Pori-pori pada tembok yang terlalu besar juga tentunya dapat mengakibatkan cat dapat menjadi tidak tersebar secara merata.

Itu dia penjelasan tentang fungsi dari cat primer atau cat dasar pada tembok. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download