BlogPemilik PropertiDesain HunianCat Dasar Tembok Terbaik, Ini Rekomendasi dan Cara Memilihnya
0
0

Cat Dasar Tembok Terbaik, Ini Rekomendasi dan Cara Memilihnya

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cat dasar temboktop-right-banner

Proses membangun rumah memang terbilang panjang, bahkan setelah bangunan berdiri, kamu masih perlu mengecat tembok rumah dengan cat dasar tembok terbaik. Hal ini bertujuan agar desain rumah sesuai dengan keinginan dan bisa menjadi nilai tambah ketika Pins ingin menjual rumah.

Jika belum tahu, cat dasar merupakan cat yang digunakan sebelum melapisi dinding, barang, atau perabotan yang memakai cat warna. Mengecat tembok dengan cat dasar bisa memberikan kesan dinding yang tampak rapi dan mulus. Ini juga membantu memperlihatkan warna yang lebih nyata. Alhasil, kamu akan semakin mudah mengiklankan rumah di Pinhome ketika hendak dijual, bukan?

Berikut ini ada beberapa cat primer tembok yang bisa kamu pilih. Ini bisa menjadi panduan buatmu yang sedang mencari pelapis cat tembok. Selain rekomendasi, terdapat pula ulasan jenis dan cara memilihnya. Untuk itu, simak ulasannya sampai habis, ya.

Baca juga: Warna Cat Rumah Aesthetic yang Cozy untuk Penghuni

Merk Cat Dasar Tembok Terbaik Beserta Harganya

cat tembok dasar terbaik
Source : Unsplash

Selain teknik mengecat yang benar, Pins tentu wajib memilih cat dasar tembok yang bagus dan murah. Tentu, ada beragam merk cat dasar tembok terbaik yang bisa jadi referensi kamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan rumah yang bagus dan rapi seperti perumahan di Avoria Estate. Ini daftar merk cat tembok yang dapat jadi pertimbangan.

Nippon Paint Vinilex Super

Nippon Paint Vinilex Super bisa dibilang sebagai cat dasar tembok yang paling bagus di antara beberapa merek lainnya. Cat ini menggunakan bahan dasar akrilik yang diformulasikan khusus untuk eksterior rumah.

Menurut ulasan, keunggulan dari cat ini yakni sifatnya yang cepat kering, anti jamur, anti pudar, tahan lama, dan warnanya awet. Di samping itu, konon cat ini juga tahan saat disikat dan mudah dibersihkan apabila terkena noda. Dalam pengaplikasiannya, cat ini cocok untuk tembok atau langit-langit berbahan beton, papan, asbes, mortar, batako, serta plaster.

Jotun Majestic Perfect Beauty and Care

Jotun Majestic Perfect Beauty and Care merupakan cat dasar tembok yang cocok digunakan untuk interior. Keunggulan dari merek ini, warna cat dasar temboknya cukup bervariasi. Jadi, bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Di samping itu, cat ini memiliki emisi rendah dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu.

Jotun Majestic juga bersifat anti bakter, anti jamur, dan mudah dibersihkan. Bahkan, cat ini konon bisa menutup pori tembok yang kasar dan retak. Menarik bukan untuk diaplikasikan pada rumah seken di Kecamatan Sumur Bandung Kidul dan sekitarnya?

Decolith

Kalau pengin cari yang harganya terjangkau, bisa menggunakan Decolith. Merek cat asal Indonesia ini terkenal bagus kualitasnya, sehingga cukup sering digunakan untuk melapisi tembok rumah. Menurut uraian dari mereknya, cat ini berbahan dasar air, bebas timbal dan merkuri, serta daya serapnya luas. Tak cuma itu, hasil akhir cat pun diklaim bagus dan bisa menutup pori serta lapisan tembok dengan baik.

Aquaproof

Cat tembok Aquaproof memiliki slogan yang menarik, yakni ‘Cat Pelapis Anti Bocor’. Lantas, apakah slogan tersebut sesuai? Melihat dari beberapa ulasan, klaim yang dibuat oleh Aquaproof ternyata tepat, lho!

Buktinya, cat ini bisa menahan rembesan air tembok basah dan lembap. Pasalnya, cat anti bocor ini mengandung polimer dan bersifat elastis 500 persen. Jadi, kamu tidak perlu khawatir cat akan mengelupas saat cuaca dingin atau panas.

Avitex Supersilk

Cat ini punya dua jenis, yakni Superslik Anti Noda dan Lankote Supersilk Super Luxury Arcylic Emulsion Paint. Walau sama-sama dari Avitex, keduanya punya kelebihan masing-masing. Khususnya jika dipakai sebaga cat dasar interior pada rumah seken di Bekasi Utara.

Lenkote Superslik Anti Noda bisa jadi pilihan jika kamu mencari cat dasar yang mudah dibersihkan. Produk ini pun memberikan hasil yang sedikit mengilap, halus, dan tahan lama. Konon, cat ini juga ramah lingkungan, karena tidak mengandung merkuri.

Di sisi lain, Lenkote Supersilk Super Luxury Acrylic memiliki mengilap, warna yang indah,dan halus. Menariknya, cat ini tidak berbau dan tahan lama. Bahkan, klaimnya, produk ini bersifat anti bakteri dan mudah dibersihkan, lho!

Dulux Catylac

Dulux Catylac cocok digunakan untuk cat interior rumah, karena dibekali dengan Chroma-Brite. Di samping itu, cat ini juga tak mengandung merkuri, sehingga lebih ramah lingkungan. Menariknya lagi, cat ini juga tak menimbulkan bau menyengat. Jadi, kamu bisa tetap berada di dalam ruangan saat pengecatan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

Jenis-Jenis Cat Dasar Tembok

cat tembok dasar
Source : Unsplash

Cat tembok dasar terdiri dari beberapa macam. Walau sekilas sama, tapi masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Nah, buatmu yang sedang mencari cat tembok dasar terbaik, ketahui juga jenis-jenisnya agar tak salah pilih.

Alkali Killer Oil Based

Jenis pertama yaitu Alkali Killer Oil Based. Sama seperti namanya, cat primer ini berbahan dasar minyak, sehingga cocok digunakan untuk eksterior rumah. Khususnya yang sering terpapar sinar matahari, air hujan, atau cuaca buruk lainnya. Kandungan di dalamnya dapat membuat cat luar tak mengalami reaksi kimia, sehingga lebih awet dan tak mudah luntur.

Alkali Resisting Primer Acrylic

Berikutnya, ada Alkali Resisting Primer Acrylic. Cat ii berbahan dasar emulsi akrilik yang cocok digunakan pada dingin awal alias baru dibangun. Kelebihannya, cat ii dapat membuat pori-pori tembok menutup sempurna, sehingga mudah ditimpa dengan cat luar. Di samping itu, hasil cat luas bisa mejadi lebih rata dan mulus.

Wall Sealer Primer

Wall Sealer Primer dapat diaplikasikan pada tembok yang sudah dicat sebelumnya. Cat ini konon berfungsi sebagai sealer tembok, sehingga cat baru lebih mudah menempel dan tidak mudah luntur.

Waterproofing Sealer Primer

Terakhir, ada Waterproofing Sealer Primer. Cat ini cocok diaplikasikan pada tembok yang baru selesai dibangun dan berada di tempat lembap. Keunggula dari cat ini yakni tahan kelembapan, sehingga tidak membuat tembok rembes dan basah. Ini juga bisa menutup tembok yang retak, lho!

Baca juga: 12 Cara Mengecat Tembok dan Tekniknya yang Benar Agar Hasil Mulus

Cara Memilih Cat Dasar Tembok

Cat dasar tembok
Source : Unsplash

Sebelum membeli, pastikan untuk mengetahui cara memilih cat dasar tembok berikut agar tidak salah pilih. Berikut uraiannya:

  1. Cek kondisi tembok dan cat yang akan digunakan untuk finishing. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui jenis cat dasar yang tepat
  2. Untuk interior, baiknya pilih cat dasar tembok dengan bahan waterbased atau berbasis air. Sementara, untuk eksterior bisa menggunakan cat dasar solvent based.
  3. Pastikan memilih cat sesuai kondisi lingkungan, apabila dingin atau lembap, gunakan cat waterproof agar tidak rembes.
  4. Usahakan memilih cat yang lebih ramah lingkungan, tidak bermekuri, dan berbau.

Itulah ulasan lengkap seputar cat dasar tembok yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download