BlogPemilik PropertiDesain HunianSerat Fiber Adalah Salah Satu Jenis Kabel. Ini Dia Penjelasannya Lengkapnya!
0
0

Serat Fiber Adalah Salah Satu Jenis Kabel. Ini Dia Penjelasannya Lengkapnya!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
fiber adalahtop-right-banner

Jika berbicara tentang kabel, tentu banyak sekali bahasan yang dapat dilakukan. Mulai dari jenis, fungsi, kelebihan dan kekurangan, hingga komponen kabel itu sendiri. Salah satu jenis kabel yang cukup populer akhir-akhir ini adalah kabel fiber. Namun ternyata kabel fiber ini terbuat dari serat fiber. Serat fiber adalah salah satu material kabel yang memiliki banyak kelebihan sehingga menjadikannya kabel favorit banyak orang lho

Pinhome – Tidak hanya kabel, bahkan bahan fiber digunakan untuk berbagai macam perabotan sehari-hari yang biasa kita gunakan. Tidak heran serat fiber ini sangat dicari. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa serat fiber memiliki kualitas yang sangat baik baik dari segi ketahanan maupun kelenturannya. 

Baca Juga:

Apa Itu Serat Fiber?

serat fiber adalah

(Pinterest)

Serat fiber adalah material yang dibuat dari potongan benda-benda yang kemudian disatukan dan dibentuk menjadi jaringan memanjang (serat). Kemudian, serat ini diolah hingga menjadi berbagai produk kembali seperti kertas, kaca, karbon, kayu atau logam.

Serat fiber ini terbagi menjadi dua, yaitu serat alami dan sintetis. Fiber alami terbuat dari tumbuhan dan hewan yang bisa mengalami pelapukan, seperti kertas, kapas, asbes dan masih banyak lagi. Sedangkan serat sintetis adalah serat yang terbuat dari bahan kimia yang nantinya diolah menjadi kaca, logam dan kabron.

Baca Juga:

Produk-Produk yang Dihasilkan dari Serat Fiber

Terdapat banyak sekali produk yang dihasilkan dari bahan fiber ini. Mulai dari produk kecil hingga besar yang sangat memukau. Padahal jika diketahui serat fiber hanya berbentuk mirip benang kecil yang ternyata bisa menciptakan banyak sekali produk-produk bermanfaat, apa saja itu? Ini dia daftarnya.

Sutra

serat fiber adalah

(Pinterest)

Sutra merupakan salah satu contoh produk fiber yang dihasilkan dari fiber alami. Pada produk ini, serat fiber adalah serat yang dihasilkan dari kepompong ulat sutra membuat produk yang satu ini memang cukup unik dan mahal karena proses pembuatannya yang tidak mudah. 

Serat-serat fiber yang dibuat dari kepompong sutra tersebut kemudian akan dijahit menjadi kain dengan cara ditenun dengan alat tradisional khusus. Hal lain yang membuat kain sutra mahal adalah permukaannya yang mengkilap dan lembut. Biasanya sutra dibuat menjadi selendang, baju dan masih banyak lagi. 

Baca juga:

Wol

(Pinterest)

Contoh produk lain dari material fiber adalah wol. Ya, benang wol yang biasanya digunakan sebagai bahan rajutan baju ini dibuat dari fiber material. Produk akhir dari benang wol ini tentu banyak ragamnya, mulai dari baju, kaos kaki, sweater, sarung tangan, topi dan masih banyak lagi. 

Proses pembuatan serat fiber yang satu ini dibuat dari bulu domba asli. Fiber material ini adalah bahan fiber sintetis jadi karena tidak melalui proses pelapukan. Pembuatannya sendiri melalui beberapa proses hingga akhirnya menjadi benang wol yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Baca Juga:

Kabel

serat fiber adalah

(Pinterest)

Siapa yang sangka ternyata kabel juga ada yang dibuat dari serat fiber. Ya, salah satu jenis kabel yang dibuat dari serat-serat fiber adalah kabel fiber optik. Kabel ini merupakan salah satu teknologi yang sangat canggih dan marak digunakan. Jenis kabel ini terbuat dari bahan fiber kaca atau plastik yang lunak. 

Fungsi kabel ini digunakan sebagai alat transmisi karena dapat mengirimkan sinyal dari satu tempat ke tempat lain dengan kecepatan yang tinggi. Ukuran dari serat fiber ini adalah berdiameter 120 mikrometer, yang mana sangat tipis. Bahkan serat fiber ini sangat dapat dikatakan lebih tipis dari rambut manusia.

Baca Juga:

Karpet

(Pinterest)

Karpet merupakan salah satu barang yang biasanya terdapat di rumah. Karpet digunakan sebagai alas untuk duduk, tidur atau bahkan digunakan untuk mempercantik tampilan lantai rumah. Namun perlu diketahui bahwa ternyata karpet juga terbuat dari fiber material. 

Bahan fiber untuk karpet terdiri dari tiga jenis, yaitu polyethylene terephthalate, nilon dan polypropylene. Ketiga serat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahan yang digunakan dalam ketiga jenis serat fiber tersebut adalah bahan fiber sintetis karena tidak mengalami pelapukan atau pembusukan.

Baca juga:

Tali Tambang

serat fiber adalah

(Pinterest)

Produk lain yang terbuat dari serat fiber adalah tali tambang. Umumnya tali tambang terbuat dari serat polypropylene. Serat ini merupakan bahan fiber sintetis atau buatan manusia. Selain tambang, serat polypropylene ini digunakan untuk memproduksi barang-barang yang terbuat dari plastik. 

Kualitas sendiri tidak perlu diragukan lagi karena serat yang satu ini sangat kuat dan cocok dijadikan sebagai fiber material untuk tali tambang. Jadi Pins tidak perlu meragukan lagi kekuatan dari serat fiber. Karena serat fiber merupakan salah satu serat yang banyak digunakan untuk memproduksi barang-barang yang biasa kita gunakan sehari-sehari .

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu serat fiber dan produk-produk dari material fiber. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan Pins mengenai serat fiber dan fungsi fiber material. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download