BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Inspirasi Model Jendela Klasik Jawa yang Manis
0
0

5 Inspirasi Model Jendela Klasik Jawa yang Manis

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 19, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamu menyukai desain klasik dan bernuansa jawa? Selain pada interior dan eksterior rumah, desain klasik ini juga bisa Kamu terapkan pada jendela kayu rumah Kamu. Desain klasik cenderung memiliki ciri-ciri yang mencerminkan keindahan dan estetika kuno. Berikut ini Pinhome jabarkan mengenai jedela klasik Jawa.

Desain ini biasanya menampilkan profil atau bingkai dengan detail elegan, seperti dekorasi ukiran tangan, panel dengan motif geometris, atau elemen dekoratif lainnya. Kayu yang digunakan juga  berkualitas tinggi seperti mahoni dan oak, namun dapat juga digunakan kayu jati dan kayu lainnya dengan spesifikasi yang sesuai. Jendela kayu klasik hadir dalam berbagai gaya dan bentuk, namun sering kali didesain dengan bentuk melengkung yang menyampaikan kesan keagungan dan kemewahan.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait pembahasan ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Ciri Rumah Klasik Jawa

Sebelum membahas mengenai model jendela klasik jawa, berikut ini adalah ciri dari rumah klasik jawa:

1. Susunan Kayu Proporsional

Rumah tradisional Jawa sebagian besar dibangun dari kayu. Penempatan kayunya sangat proporsional sehingga terlihat simetris. Ini adalah fitur terbesar dari Joglo House. Rumah Jawa aspek tradisional ini dapat dijadikan paviliun dengan desain modern. Kawasan ini bisa dibuka tanpa dinding, mengikuti filosofi keramahtamahan masyarakat Jawa.

2. Atap Tajug

Saat menerapkan gaya klasik Jawa pada rumah modern, penggunaan atap tajug tidak boleh diganti. Hal tersebut dikarenakan ini merupakan simbol khas rumah Jawa.

3. Jendela Besar yang Banyak

Jendela yang besar dan banyak merupakan ciri khas rumah Jawa dan diadopsi dalam desain rumah kolonial yang berkembang kemudian. Fungsi utamanya adalah memberikan udara segar pada rumah Kamu.

4. Pintu Masuk di Tengah

Pada desain rumah tradisional Jawa, pintu utama diletakkan pada bagian tengah dan sejajar dengan pintu bagian belakang. Sehingga setiap tamu yang berkunjung bisa langsung melihat bagian belakangnya. Ciri ini tidak bisa dihilangkan dan sebaiknya dibawa ketika ingin diterapkan pada konsep desain modern.

5. Teras Empat Tiang

Rumah joglo mempunyai bentuk yang sama yaitu persegi panjang sehingga memerlukan empat buah tiang di setiap sisinya. Bagian depan didesain sebagai teras untuk mengekspresikan rasa kekeluargaan. Peran utama area ini adalah untuk menyambut tamu.

Inspirasi Model Jendela Klasik Jawa

Berikut ini adalah model dari jendela klasik jawa yang perlu kamu tahu:

1. Jendela Klasik dengan Ukiran

Source : Tokopedia

Desain pertama berupa jendela klasik dengan dua panel kayu, memberikan desain nuansa unik dan tradisional. Bentuknya persegi dan lebar, dengan ukiran kayu berlubang di bagian atasnya.

Warnanya coklat muda, dan seperti jendela pada umumnya, sistem buka tutup pun berayun. Potongan kayu digunakan untuk menutupi kusen jendela, namun sedikit lebih longgar agar udara lebih leluasa masuk ke dalam ruangan. Tertarik dengan desain jendela klasik ini?

2. Jendela dengan Penutup Ganda

Source : Youtube

Sorotan dari jendela ini adalah penutup ganda. Rangkanya terbuat dari rangka kayu, dengan panel jendela berbahan kayu dan kaca di bagian luar, serta tambahan panel jendela kayu dengan sistem lipat di bagian dalam. Oleh karena itu, jendela ini lebih kuat dan aman terutama di bagian luar gedung.

3. Model Single Swig yang Berjejer

Source : Vufold

Meski model jendela ini memiliki satu bukaan, namun dibuat dalam beberapa set sehingga membuat ruangan Kamu terasa lebih luas dan lapang. Dapat digunakan untuk memisahkan bagian depan ruangan dari dalam. Warnanya coklat tua dan papan kayu bergarisnya indah. Desainnya juga dapat menyampaikan suasana alami dan tradisional khas adat Jawa.

4. Kayu Klasik Minimalis

Source : Pin IMG

Desainnya klasik dan sederhana, dengan dua lapis jendela: dalam dan luar. Terdapat jendela kaca di bagian dalam dan papan kayu di bagian luar. Warnanya coklat tua, memberikan kesan tradisional yang hangat. Desain jendela ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki rumah berkonsep klasik industrial atau klasik tradisional.

5. Desain Persegi Panjang

Source : Pin IMG

Jendela ini paling sering terlihat pada konsep kehidupan modern saat ini. Desainnya sangat lebar dan biasanya dibuat dalam beberapa set dan ditempatkan di samping atau belakang suatu bangunan. Interiornya dilengkapi dengan jeruji besi untuk menambah keamanan. Rangkanya terbuat dari kayu bercat coklat muda dengan panel kaca bening.

Sistem bukaannya dari bawah ke atas dan dilengkapi dengan penyangga besi kecil di sisi kanan dan kiri untuk menjaga posisi jendela agar tetap terbuka. Meski luas bukaannya tidak terlalu luas, namun udara tetap masuk ke dalam rumah.

Itulah model dari jendela klasik jawa, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download