Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Alasan Kenapa Feng Shui Baik Untuk Tempat Tinggal & Cara Menerapkannya di Rumah

Lifestyle

Ini Alasan Kenapa Feng Shui Baik Untuk Tempat Tinggal & Cara Menerapkannya di Rumah

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 December 2020 ∙ 6 menit membaca

Sudah dilakukan sejak jaman dahulu, Feng Shui tetap bertahan hingga saat ini. Selebriti Hollywood seperti Gwyneth Paltrow dan Marie Kondo pun menerapkan hal ini ke tempat tinggal mereka. Awalnya, memang pasti ada yang menyebut kalau feng shui adalah sebuah takhayul. Pada kenyataannya, feng shui rumah merupakan praktik dan saran sederhana dan masuk akal untuk membuat rumah kita terasa lebih sehat dan juga lebih rapi.

Pinhome – Feng shui membuktikan kalau kita tidak bisa mengabaikan alam dan lingkungan untuk tempat tinggal kita. Penerapan feng shui sendiri menekankan kepada keseimbangan antara alam dan desain interior rumah kita. Energi positif yang ada membuat harmoni yang selaras antara individu dan juga lingkungan sekitarnya. Jika kita hidup dengan dikelilingi energi positif, pastinya mood, perasaan dan kesehatan kita kualitasnya juga akan semakin meningkat.

Baca Juga: 10 Feng Shui Rumah Paling Terkenal

Jika Pins ingin menerapkan feng shui ke dalam rumah, banyak saran yang bisa kita lakukan dengan membutuhkan sedikit tenaga ekstra. Kunci dari feng shui rumah sendiri adalah bukan merubah struktur dan fundamental melainkan menimbulkan efek yang positif bagi kehidupan keseharian kita.

Baca Juga: Ingin Menerapkan Feng Shui? Lakukan Ini Pada Denah Rumah Minimalis Milikmu!

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Pins lakukan untuk mendapatkan feng shui rumah yang positif ke tempat tinggalmu :

1. Pertimbangkan keseimbangan arus energi di dalam rumah

Ketika pintu depan dan pintu belakang rumah langsung terkoneksi tanpa ada pembatas, hal ini menjadi hal buruk bagi arus energi Chi di dalam rumah. Pintu depan dan pintu belakang yang langsung terhubung menyebabkan aliran energi Chi langsung pergi begitu saja. Karenanya, ada baiknya untuk menempatkan sejenis karpet, beberapa dekorasi pada dinding atau meja bulat di antara pintu depan dan pintu belakang untuk membuat energi Chi bisa bertahan di rumah Pins.

2. Jangan sampai rumah kita berantakan permanen

Rumah yang berantakan biasanya merupakan bagian dari suatu proses. Proses pembelajaran, proses bermain anak ataupun proses kreativitas para penghuni rumahnya. Hal ini memang tidak selamanya salah jika andaikan Pins bisa langsung membereskan barang – barang yang berserakan dengan segera. Selain tak sedap dipandang mata, barang – barang yang tergeletak sembarangan di dalam rumah akan menghambat alur energi sehingga energi positif tidak bisa masuk ke dalam rumah. Lagipula, kalau rumah kita rapi dan bersih, suasana hati kita pun akan bahagia dan lingkungan rumah kita pun menjadi sehat kan. Untuk menjaga rumah agar selalu rapi, Pins bisa mencoba untuk meletakkan rak atau laci khusus yang memang diperuntukan untuk menyimpan berbagai detail kecil di dalam rumah. Selain rumah menjadi lebih rapi, Pins pun bisa lebih efisien dalam mencari dan menemukan barang.

3. Jaga agar daerah sekitar pintu minim penghalang

Pintu depan atau pintu masuk rumah merupakan hal penting dalam feng shui. Pintu masuk atau pintu depan dianggap sebagai portal utama bagi energi positif yang ingin masuk ke dalam rumah. Jadi sebaiknya selalu pastikan kalau pintu depan rumah Pins tidak hanya bersih dan rapi namun juga mudah untuk diketemukan. Usahakan juga agar Pins tidak langsung bertemu dengan tembok begitu membuka pintu, karena lama – kelamaan akan muncul perasaan tidak nyaman. Jika memang sudah terlanjur jarak dinding dan pintu depan begitu dekat, Pins bisa menambahkan kaca yang akan membuka gerbang kesempatan. Peletakan kaca di dekat pintu juga bisa dianggap sebagai pembuka pikiran dan keinginan untuk terus meningkatkan kualitas diri tanpa dibatasi.

4. Beri dekorasi atau furnitur yang mampu mencuri perhatian mata

Ketika kita sendiri sudah merasa memiliki aluran energi begitu memasuki rumah. Manfaatkan energi positif tersebut dengan membuat tak hanya penghuni namun setiap orang yang datang juga bisa merasakan energi positif tersebut. Pins bisa merebut perhatian setiap tamu yang datang dengan meletakan dekorasi atau karya seni indah yang mampu merebut perhatian di area dekat pintu masuk.

5. Seimbangkan kelima elemen di dalam rumah kita

Bumi, Kayu, Api, Air dan Metal menjadi lima elemen utama dalam feng shui. Kelima elemen utama ini bisa menjadi pertanda feng shui bagi rumah kita. Sebagai contohnya, untuk bisa mendapatkan elemen api di rumah, kita bisa memakai cat rumah dengan suasana hangat seperti warna merah dan orange atau bisa juga dengan benar – benar menggunakan api seperti membuat perapian ataupun sekedar lilin aroma terapi.Hati – hati, jangan sampai menyukai salah satu elemen secara berlebihan karena akan menyebabkan ketidakseimbangan di dalam rumah. Misalnya saja, jika Pins begitu menyukai elemen api, jangan serta merta menempatkan berbagai dekorasi ataupun barang – barang yang berhubungan dengan elemen api di dalam rumah. Sebaliknya, cobalah menyeimbangkan kelima elemen ini dengan memadupadankan kesemua elemen dengan penuh harmoni.

Ini Alasan Kenapa Feng Shui Baik Untuk Tempat Tinggal & Cara Menerapkannya di Rumah

6. Buang jauh – jauh benda yang menyimbolkan kesan dan energi negatif

Sayangnya, pemaknaan simbol ini kadang bisa tidak terdeteksi sama sekali dalam kehidupan sehari – hari. Kita perlu melihat dan memperhatikan lebih dekat terhadap apa – apa saja yang ada di dalam rumah kita. Jangan sampai ada barang ataupun kesan yang membuat kita tak nyaman dan membuat kita teringat akan ketakutan yang dimiliki.

Sebagai contoh, kalau Pins memiliki masalah kepercayaan diri, maka letakkanlah cermin di posisi yang benar tanpa membuat Pins menimbang – nimbang penampilan tanpa kepastian. Artinya, jangan terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Cobalah untuk melihat ke dalam diri kita lagi, apakah ada hal yang membuat kita khawatir ataupun was – was. Jangan ragu untuk segera membuang simbol yang membuat kita terasa tak percaya diri ataupun segera singkirkan berbagai benda yang tidak memberikan kita manfaat.

7. Manfaatkan cahaya alami secara maksimal

Bukan rahasia lagi kalau cahaya alami dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan juga lebih positif. Dan sebenarnya, peletakan kaca dalam ilmu feng shui sendiri bertujuan untuk memancarkan energi yang baik kepada diri kita dan sekitar agar terasa lebih bahagia dan juga menentramkan. Peletakan kaca dan jendela yang dipikirkan dengan baik dapat membuat rumah kita terasa lebih luas dan juga memberi akses cahaya alami lebih banyak ke dalam rumah. Jadi, pastikan untuk menempatkan kaca dengan benar ya Pins, posisi yang bisa memancarkan dan juga merefleksikan lebih banyak cahaya ke dalam rumah kita.

8. Perhatikan efisiensi posisi pada dapur

Untuk ruangan dapur, ada baiknya untuk menjadikan ruang gerak kita menjadi praktis. Untuk mendapatkan hasil ini, otomatis posisi kulkas, kompor ataupun wastafel tempat cuci harus dipikirkan baik – baik. Pastikan agar Pins tidak sulit mengakses air dan menjauhkan api dari tempat dan bahan – bahan yang sensitif ya.

Itulah 8 tips yang bisa Pins lakukan untuk mendapatkan rumah yang memiliki feng shui baik. Kedelapan cara ini bisa dibilang bisa kita lakukan dengan mudah tanpa mengubah fundamental ataupun kondisi rumah kan?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel