BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Aturan Fengshui Cermin di Rumah yang Perlu Diketahui
0
0

10 Aturan Fengshui Cermin di Rumah yang Perlu Diketahui

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 4, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Fengshui Cermin di Rumahtop-right-banner

Meletakkan cermin pada posisi yang tepat merupakan keharusan dalam rangka meningkatkan tata ruang yang efektif. Jika kamu percaya fengshui, ada beberapa aturan dalam meletakkan cermin. Berikut aturan fengshui cermin di rumah yang perlu kamu ketahui. 

Memang tidak semua orang mempercayai fengshui. Namun banyak arsitek yang secara tidak langsung mempraktikkan fengshui dalam mendesain interior bangunan, termasuk tata letak cermin ini. Hal ini wajar karena fengshui mengusung keteraturan dalam tata letak.

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Tamaruma atau Britania Green Resort tentu harus memperhatikan prinsip fengshui dalam meletakkan cermin ini. Rumah bekas di Kab Bandung bisa kamu titip jual rumah di Pinhome juga, Pins!

Baca juga: Kamar Mandi Feng Shui, Apa Saja?

Posisi Fengshui Cermin di Rumah

Fengshui Cermin di Rumah
Source : Pixabay

Cermin merupakan benda yang dianggap penting dalam prinsip fengshui. Pasalnya, cermin yang merupakan benda yang bisa memantulkan cahaya ini sering dianggap mampu memantulkan energi negatif. Sehingga cermin sering dipasang pada titik yang sebenarnya secara fengshui tidak bagus sebagai penetralisir. 

Berikut ini adalah beberapa aturan fengshui terkait letak cermin yang tepat dan perlu kamu ketahui. Kamu yang tidak percaya fengshui tetap bisa mengikuti untuk keteraturan letak cermin di ruangan. Aturan ini berdasarkan keterangan penulis buku The Holistic Home seperti dikutip dari MyDomaine.

1. Letakkan Cermin Lurus dengan Pintu

Secara umum, para ahli fengshui tidak menyarankan menempatkan cermin tepat di seberang pintu utama rumah. Sebaliknya, mereka menyarankan untuk meletakkan pintu di dinding yang lurus dengan pintu.

Menurut penulis The Holistik Home bernama Laura Benko, pintu depan sangat penting dalam prinsip fengshui. Adanya cermin yang lurus dengan pintu depan bisa memperluas peluang dan kebaikan dalam hidup. 

2. Cermin di Dinding Ruang Makan

Fengshui Cermin di Rumah
Source : iStock

Para ahli fengshui percaya bahwa ruangan terbaik untuk menggantung cermin adalah di ruang makan. Menurut mereka, ruang makan dengan cermin mencerminkan kemampuan kamu dalam menyimpan kekayaan dan kesuksesan dalam hidup.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

3. Jangan Taruh Cermin di Dapur

Salah satu tempat yang tidak boleh ada cermin di dalamnya adalah dapur, terutama jika cermin itu menghadap ke arah kompor. Menurut fengshui cermin yang diletakkan di dapur dan menghadap kompor bisa mengundang energi negatif untuk masuk ke rumah.

4. Cermin dan Pemandangan Indah

Kebanyakan ahli fengshui akan memperingatkan kamu untuk memperhatikan pantulan cermin, baik di dalam maupun di luar rumah. Menurut Benko, cermin dalam fengshui itu seperti aspirin. 

“Cermin sering diresepkan untuk mengobati banyak penyakit. Ini adalah penyesuaian cepat ketika kamu ingin memperluas ruangan dan memberikan lebih banyak cahaya,” katanya. Untuk itu, pastikan cermin mencerminkan pemandangan yang indah dan bukan tumpukan uang, tambahnya.

5. Cermin di Setiap Lorong

Fengshui Cermin di Rumah
Source : iStock

Menurut fengshui, cermin yang diletakkan di lorong rumah umumnya dipandang positif. Namun, jika ditempatkan di ujung lorong, cermin bisa memperlambat aliran energi di rumah. Di sisi lain, cermin juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk tangga kecil untuk membantu memperluas ruang.

Baca juga: 5 Mitos Rumah Tusuk Sate, Apa Saja?

6. Cermin di Ruang Kerja

Sama seperti cermin yang memantulkan tumpukan uang kertas yang dapat menimbulkan energi negatif, cermin yang menghadap ke meja di ruang kerja akan merugikan, sehingga secara efektif menggandakan beban kerja. Selain itu, tidak ada seorang pun yang benar-benar ingin melihat dirinya sendiri saat bekerja, bukan?

7. Memilih Cermin di Ruang Tamu

Pada ruang tamu, cermin dipercaya dapat membuat acara kumpul terasa lebih meriah dengan menggandakan jumlah orang yang hadir di dalam ruangan. 

Namun, drama tersebut juga dapat memperbesar energi buruk jika tamu yang datang bersikap negatif. Jadi berhati-hatilah dengan siapa yang kamu undang, atau mintalah tamu yang datang untuk meninggalkan sikap negatif tersebut di rumahnya

8. Pasang Cermin di Kamar

Fengshui Cermin di Rumah
Source : iStock

Salah satu tempat yang disarankan untuk memasang cermin adalah kamar tidur. Namun kamu perlu menghindari cermin yang menghadap ke tempat tidur secara langsung. Pasalnya, posisi cermin ini bisa saja mempengaruhi kualitas tidur. 

Menurut pendiri Simple Shui, Amanda Gibby Peters, seseorang yang kesulitan tidur bisa jadi karena ada cermin yang menghadap tempat tidur. Untuk itu, perlu dipastikan apakah penyebab susah tidur karena posisi cermin dengan memindahkannya. 

9. Hindari Cermin di Sofa, Tempat Tidur, atau Kursi

Salah satu tempat yang diperingatkan oleh para ahli fengshui agar tidak menggantungkan cermin adalah di belakang sofa atau tempat tidur. Hal ini salah satunya seperti yang disebut pakar fengshui bersertifikat Marianne Gordon.

“Feng shui adalah tentang perasaan aman dan tenteram di ruangan dan sulit untuk merasa aman dengan sesuatu yang berat seperti cermin tergantung tepat di atas kepala,” katanya. 

Baca juga: Hadirkan Feng Shui Positif Dengan Cara Ini

10. Jauhkan Cermin dari Toilet

Di kamar mandi, pakar fengshui menyarankan untuk menghindari menggantung cermin tepat di seberang pintu toilet. Selain fakta bahwa cermin yang ditempatkan tepat di seberang pintu umumnya dipandang sebagai ide buruk, ada juga yang berpendapat bahwa melihat diri sendiri di toilet tidak pernah nyaman.

Itulah aturan fengshui cermin di rumah yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menyesuaikan letak cermin berdasarkan artikel ini, Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download