BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Posisi Terbaik untuk Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring
0
0

3 Posisi Terbaik untuk Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piringtop-right-banner

Prinsip Feng Shui banyak diterapkan ketika membangun atau mendesain rumah, mulai dari pemilihan warna, arsitektur, tata letak, hingga lukisan yang membawa keberuntungan. Hal ini juga berlaku untuk dapur, di mana ada prinsip Feng Shui untuk kompor dan tempat cuci piring. 

Menurut ilmu Feng Shui, dapur menjadi salah satu tempat yang bisa mendatangkan keberuntungan dan keberkahan. Namun hal ini bisa didapat ketika tata letak ruangan ini disusun sesuai dengan prinsip Feng Shui untuk dapur.

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Tamaruma atau Britania Green Resort tentu harus memperhatikan prinsip Feng Shui untuk dapur ini. Rumah bekas di Kab Bandung bisa kamu titip jual rumah di Pinhome juga, Pins!

Baca juga: Kamar Mandi Feng Shui, Apa Saja?

Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring

Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring
Source : iStock Photo

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kompor dan tempat cuci piring merupakan dua unsur yang selalu ada di dapur. Untuk itu, prinsip Feng Shui juga mengatur posisi dua hal ini agar mendatangkan keberuntungan. 

Posisi kompor dan tempat cuci piring yang bisa mengundang keberuntungan ini diungkap oleh konsultan sekaligus penulis buku Feng Shui asal Indonesia, Mas Dian. 

Dalam bukunya yang berjudul “Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal”, Mas Dian mengungkap adanya dewa dapur bernama Zao Jun Ye yang harus dihormati keberadaannya. Dewa ini, kata dia, juga sangat disakralkan dalam budaya China kuno.

Menerapkan prinsip Feng Shui dapur tidak cukup hanya dengan menjaga kebersihan dan kerapian dapur saja. Lebih dari itu, posisi peralatan dapur juga perlu diperhatikan agar keberkahan bisa optimal. 

Di antara peralatan dapur yang perlu diperhatikan letaknya adalah kompor dan tempat cuci piring. Kedua peralatan ini harus diletakkan pada posisi yang tepat agar energi baik bisa mengalir dan membuat kerukunan dan keberkahan di keluarga. 

Setidaknya ada tiga posisi yang tepat untuk Feng Shui kompor dan tempat cuci piring yang perlu diketahui. 

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

1. Tidak Disandingkan

Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring
Source : Pixabay

Menurut buku Mas Dian, kompor dan tempat cuci piring tidak boleh disandingkan agar Feng Shui-nya tepat. Pasalnya, kedua peralatan ini memiliki energi yang berbeda dan saling berlawanan. 

Kompor disebut memiliki elemen api sementara tempat cuci piring mengandung elemen air. Dua elemen ini, berdasarkan prinsip Feng Shui saling bertentangan sehingga tidak baik ketika disejajarkan. 

Dengan demikian, posisi kompor dan tempat cuci piring jangan disandingkan atau saling dihadapkan karena akan merusak keberuntungan rumah tangga, yang meliputi rezeki, kesehatan, hingga keharmonisan keluarga. 

Lalu bagaimana posisi yang tepat? Kedua alat dapur ini lebih cocok diposisikan pada meja dapur atau kitchen set yang berbentuk L atau letter L. Dengan bentuk ini, keduanya tidak bisa dikatakan sejajar atau berhadapan. 

Baca juga: 5 Mitos Rumah Tusuk Sate, Apa Saja?

2. Arah Ideal Kompor dan Tempat Cuci Piring

Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring
Source : Pixabay

Selain tidak boleh disandingkan atau saling dihadapkan, kompor dan tempat cuci piring juga memiliki posisi ideal masing-masing. 

Kompor misalnya. Alat dapur yang satu ini idealnya diletakkan di arah timur, tenggara, atau selatan ruangan dapur. Hal ini lantaran ketiga arah tersebut memiliki medan magnet berunsur kayu. 

Arah lain seperti timur laut atau barat daya masih bisa digunakan untuk kompor, meskipun kurang direkomendasikan. 

Selain itu, pantang menempatkan kompor di arah sudut utara. Menurut Mas Dian, kompor yang diletakkan di sudut utara akan merusak semangat hidup, kesehatan, dan keberuntungan karena arah tersebut berunsur air yang berlawanan dengan kompor. 

Hal yang sama juga berlaku pada tempat cuci piring. Arah yang ideal untuk alat dapur ini adalah sudut utara karena memiliki unsur elemen yang sama, yaitu air. 

Tempat cuci piring juga bisa diletakkan di arah barat atau barat laut karena unsurnya logam. Pantang menempatkan alat ini di sudut selatan karena elemennya bertentangan. 

Baca juga: Hadirkan Feng Shui Positif Dengan Cara Ini

3. Jika Kompor dan Tempat Cuci Piring Harus Berdekatan

Feng Shui Kompor dan Tempat Cuci Piring
Source : Pixabay

Dalam kondisi tertentu, seperti dapur yang tidak terlalu luas dan mengusung konsep dapur minimalis, pemilik rumah mungkin terpaksa untuk meletakkan dua alat ini secara berdekatan. 

Rupanya, kondisi ini juga sudah masuk dalam perhitungan Feng Shui. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan meja dapur berbentuk L, seperti yang dijelaskan di atas. 

Namun, Mas Dian juga mengungkap solusi lain untuk persoalan ini. Caranya adalah dengan memasang sekat di antara keduanya, dengan material bata, tripleks, atau material lain. 

Sementara jika kompor dan tempat cuci piring harus diposisikan secara berhadap-hadapan, maka solusi yang bisa dilakukan adalah menggeser salah satunya agar posisinya tidak sejajar lurus berhadapan. 

Menurut Mas Dian, letak kompor dan tempat cuci piring diperbolehkan untuk berseberangan, namun harus dijaga agar tidak berhadapan langsung. 

Penting untuk diingat bahwa prinsip-prinsip Feng Shui adalah panduan umum dan bahwa setiap rumah memiliki keunikan dan kebutuhan sendiri. Selalu pertimbangkan kebutuhan, preferensi, dan situasi dapur untuk menentukan posisi ini. 

Itulah ulasan mengenai posisi yang tepat untuk Feng Shui kompor dan tempat cuci piring yang bisa mengundang keberkahan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download