BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Feng Shui Dapur yang Bisa Kamu Jadikan Pertimbangan
0
0

11 Feng Shui Dapur yang Bisa Kamu Jadikan Pertimbangan

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Sep 3, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
feng shui dapurtop-right-banner

Feng Shui adalah ilmu kuno yang berasal dari Tiongkok yang berkaitan dengan tata letak dan arah yang baik dalam lingkungan kita untuk menciptakan keseimbangan energi yang positif. Salah satu area penting dalam feng shui adalah dapur, tempat di mana energi keuangan dan kemakmuran dapat ditingkatkan. 

Nah, banyak lho dapur dengan feng shui baik, termasuk seperti Kronjo Regency atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya.

Untuk pilihan rumah dengan dapur oke lainnya, kamu bisa cek Rumah Ekslusif, daftar pilihan rumah terbaik dari Pinhome. 

Jangan lupa juga untuk telusuri rumah bekas yang cantik seperti rumah second di kota Jakarta Pusat karena kawasan ini juga punya rumah-rumah dengan dapur yang bagus juga.

Lantas bagaimana feng shui dapur, termasuk denah dapur menurut feng shui dan warna cat dapur menurut feng shui? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Pilih Cat dengan Warna Terang

Source : Unsplash

Tidak bisa dipungkiri bahwa warna cat di dapur Pins memiliki pengaruh besar pada suasana dan energi yang mengalir di dalamnya. 

Menurut prinsip feng shui, warna-warna cerah seperti kuning yang ceria, merah yang bersemangat, atau hijau muda yang menyegarkan memiliki kemampuan untuk mengundang energi positif ke dalam dapur. 

Ketika Pins memilih warna-warna ini, itu bukan hanya tentang estetika visual, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang harmonis yang dapat meningkatkan kemakmuran dan kebahagiaan di rumah Pins. 

Warna cerah ini mencerminkan kegembiraan dan vitalitas, sehingga menjadikan dapur sebagai pusat kegiatan yang penuh semangat.

2. Masukkan Elemen Kayu

Dalam konsep feng shui, elemen alam memiliki peran penting dalam menciptakan keseimbangan energi. Elemen kayu, yang melambangkan pertumbuhan, kehidupan, dan kekuatan, bisa menjadi aset berharga di dapur Pins. 

Pins dapat dengan mudah memasukkan elemen kayu ke dalam desain dapur dengan menggunakan furnitur kayu, perabotan kayu, atau bahkan tanaman indoor. 

Tanaman hijau di dapur, misalnya, akan membawa unsur alam yang segar dan menciptakan suasana yang lebih hidup dan menyenangkan. Elemen kayu akan membantu menciptakan harmoni dalam energi di dapur Pins, sehingga membuatnya lebih nyaman dan berdaya.

3. Hindari Rak Terbuka

Feng shui mengajarkan pentingnya menjaga kekacauan visual dan menjaga aliran energi yang positif di dapur. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan menghindari penggunaan rak terbuka atau rak yang terlalu banyak barangnya. 

Rak-rak seperti ini dapat menciptakan kesan berantakan dan mengganggu aliran energi yang positif di dapur. Sebaliknya, usahakan untuk memiliki penyimpanan yang tertutup atau rak yang rapi sehingga energi di dapur tetap lancar.

Baca juga: 8 Rekomendasi Keramik Meja Dapur Warna Hitam

4. Jaga Kebersihan dan Kerapihan

Source : iStock

Dapur yang bersih dan rapi adalah prinsip dasar dalam feng shui. Pastikan untuk membersihkan dapur secara teratur dan menjaga perabotan serta peralatan dapur dalam kondisi baik. 

Hindari menumpuk piring kotor atau sampah di dapur, karena hal ini dapat mengganggu energi yang positif.

5. Letakkan Kompor dalam Posisi Memerintah

Kompor dianggap sebagai simbol kekayaan dalam feng shui. Letakkan kompor Pins dalam posisi yang memungkinkan Pins memiliki pandangan yang baik ke seluruh dapur. Ini mencerminkan kendali Pins atas keuangan dan keberuntungan.

Baca juga: 15 Desain Dapur Kecil dan Tips Agar Terlihat Lebih Luas

6. Gunakan Kompor yang Berkualitas Baik

Penting untuk memilih kompor yang berkualitas baik dan berfungsi dengan baik. Kompor yang sering rusak atau bermasalah dapat menciptakan energi yang tidak baik di dapur Pins. Pastikan juga kompor Pins selalu bersih dan dalam kondisi baik.

7. Hindari Kompor di Bawah Jendela

Source : iStock

Menurut feng shui, meletakkan kompor di bawah jendela dapat mengganggu aliran energi positif. Ini disebabkan oleh energi yang “keluar” dari jendela yang dapat mempengaruhi masakan Pins. Usahakan agar kompor diletakkan di dinding yang kuat dan stabil.

8. Pertimbangkan Penggunaan Warna Emas

Warna emas atau kuning pucat dianggap sebagai warna yang berhubungan dengan kekayaan dan kemakmuran dalam feng shui. Pins bisa memasukkan warna ini dalam elemen dekorasi, seperti gorden dapur, alat makan, atau aksesori dapur lainnya.

9. Gunakan Elemen Api

Selain elemen kayu, elemen api juga penting dalam feng shui. Kompor Pins adalah representasi dari elemen api. Pastikan kompor Pins bekerja dengan baik dan memiliki nyala api yang kuat, karena ini menggambarkan vitalitas dan keberuntungan.

Baca juga: 10 Ide Desain Dapur Minimalis Terbaik

10. Hindari Rak Piring yang Tidak Rapi

Source : iStock

Rak piring yang berantakan atau terlalu penuh dapat menciptakan energi negatif di dapur. Usahakan agar rak piring selalu rapi dan terorganisir dengan baik. Jika ada piring yang pecah atau tidak terpakai, sebaiknya segera dibuang.

11. Jauhkan Alat Listrik dari Air

Alat listrik seperti mesin cuci piring atau kulkas sebaiknya ditempatkan secara strategis sehingga tidak terkena air atau cipratan air. Ini untuk menghindari potensi masalah teknis yang dapat mengganggu energi positif di dapur Pins.

Itu tadi beberapa masalah feng shui dapur, termasuk denah dapur menurut feng shui dan warna cat dapur menurut feng shui. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 10 Ide Dapur Sederhana dari Kayu dengan Nuansa Rumah Desa

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bukit Tamphayan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download