Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Doa Niat Puasa Asyura dan Makna di Balik Puasa Tersebut Bagi yang Menjalaninya

Lifestyle

Doa Niat Puasa Asyura dan Makna di Balik Puasa Tersebut Bagi yang Menjalaninya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 24 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah, dengan datangnya bulan Muharram yang berarti bergantinya tahun hijriyah, Bulan muharram juga merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, karena kemuliaan bulan muharram disebut juga dengan Syahrullah (Bulan Allah).

Pinhome – Di bulan Muharram, umat Islam memang dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah menjalankan ibadah puasa sunnah. Berpuasa pada bulan Muharram memiliki derajat yang tinggi setelah puasa Ramadhan. Salah satunya puasa Asyura. Pins, sudahkah kamu tahu apa itu puasa Asyura? Lalu, bagaimana bacaan niat puasa Asyura? Yuk Simak penjelasannya berikut ini. 

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Apa Itu Puasa Asyura dan Keutamaannya?

(TribunNews)

Secara bahasa, kata Asyura dalam bahasa Arab bermakna sepuluh, sedangkan secara istilah, asyura adalah tanggal 10, khususnya di bulan Muharram. Dinamakan demikian, karena sejumlah peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut dan hadis Rasul SAW yang menganjurkan umat Islam untuk berpuasa sunah.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Serta Keutamaannya

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW bersabda, 

“Barang siapa yang melapangkan keluarga dan familinya pada hari Asyura, niscaya Allah melapangkannya sepanjang tahun itu.” 

(HR al-Baihaki)

Tentunya banyak sekali keutamaan pada bulan Muharram, pada bulan ini kita juga disunnahkan untuk berpuasa, yaitu puasa Asyura’ pada tanggal 10 Muharram. berikut ini adalah beberapa hadits mengenai puasa pada bulan Muharram.

 عَاشُوْرَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَا ثَةَ اَيَامٍ مَنْ كُلِّ شَهْرٍ وَالْرَ كْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu: Puasa Asyura, puasa 10 hari sepertiga bulan yakni bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari dari setiap bulan dan sholat dua rakaat sebelum subuh. 

(HR. Ahmad dan Nasa’i)

Hadist lain juga menyatakan sebagai berikut.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سُىِٔلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عِلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَيُّ الصَّلَاةِ اَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوْبَةِ ؟ قَالَ الصَّلَاةِ فِى جَوْفِ الْلَيْلِ،قِيْلَ:ثُمَّ اَيُّ الصِّيَامِ. اَفْضَلُ بَعْدَ رَمَضَانَ؟ قَالَ شَهْرُاللهِ الَّذِى تَدْعُوْنَهُ الْمُحَرَّمَ

Artinya: Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Ditanyakan orang kepada Rasulullah saw: Sholat manakah yang lebih utama setelah sholat fardhu? Rasulullah menjawab: Yaitu sholat di tengah malam. Mereka bertanya lagi: Puasa manakah yang lebih utama setelah puasa ramadhan? Rasulullah saw bersabda: Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan bulan Muharram. (H.R Ahmad, Muslim dan Abu Daud)

 Puasa Asyura juga mempunyai keutamaan lain, salah satu keutamaannya adalah dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu, hal ini berdasarkan hadits berikut ini.

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: صَوْمَ يَوْمَ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبِلَةً وَصَوْمُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Artinya: Dari Abu Qatadah ra. bahwa rasulullah saw bersabda: “Puasa pada hari arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. dan puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu.” 

(H.R jamaah kecuali Bukhari dan Tirmidzi)

Hadits lain pun menyatakan sebagai berikut

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” 

(HR. Muslim)

Niat Puasa Asyura

(MNC)

نَوَيْتُ صَوْمَ عَشُرَ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala

Artinya: Saya niat puasa hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala

Niat Puasa Tasu’a

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma tasu’a sunnatalillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Bagaimana Sejarah Puasa Asyura? 

(cnn Indonesia)

Sama seperti ibadah lainnya, puasa Asyura juga memiliki cerita di baliknya. Sejarah puasa Asyura bahkan telah ada sebelum puasa Ramadhan diwajibkan.

Dikisahkan, Rasulullah SAW mulanya berpuasa di hari Asyura saat berada di Makkah, sebelum hijrah ke Madinah. Namun, saat itu Nabi belum memerintahkan umat Islam untuk ikut berpuasa di hari Asyura.

Baru-lah saat hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad bertemu orang Yahudi yang berpuasa Asyura. Puasa itu dilakukan sebagai rasa syukur Nabi Musa AS di hari Asyura, di mana Allah SWT menyelamatkan Bani Israel dari ancaman musuh.

Pertemuan dengan orang Yahudi itu pun membuat Nabi Muhammad ikut memerintahkan umat Islam untuk berpuasa di hari Asyura. Baru-lah saat puasa Ramadhan diwajibkan pada tahun kedua Hijriah, Nabi Muhammad tak lagi memerintahkan puasa Asyura.

Kendati demikian, Rasulullah tidak melarang puasa Asyura dilakukan. Puasa ini menjadi berhukum sunnah untuk dilakukan.

“Maka tatkala puasa Ramadhan diwajibkan, Rasulullah bersabda, ‘Siapa yang suka puasa di hari Asyura silakan ia berpuasa, dan siapa yang tidak suka, boleh meninggalkannya.””

(HR. Muslim)

Demikian lah mengenai niat puasa Asyura dan puasa Tasu a pada tanggal 10 dan 9 Muharram. Dengan keutamaan puasa ini, yaitu dapat menghapus dosa setahun yang lalu, jadi sayang sekali jika kita meninggalkan puasa sunah tersebut. Pins bisa melakukan amalan ini. Semoga bermanfaat. 


Temukan beragam pilihan rumah, tanah dijual terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel