BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Desain Rumah Papan dan Keuntungannya
0
0

11 Desain Rumah Papan dan Keuntungannya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 16, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah papantop-right-banner

Dengan kehangatan dan keunikanya, desain rumah papan sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Menggunakan material kayu, desain ini memenuhi keinginan banyak orang dari segi estetika dan fungsionalitas.

Awalnya desain rumah papan memang lebih banyak digunakan di desa-desa. Namun karena estetikanya, banyak orang yang membuat rumah eksklusif mereka menggunakan papan. Menggunakan papan untuk rumah tidak kalah dengan rumah modern saat ini seperti rumah di Cipayung, misalnya di sekitar Cibubur Junction, ataupun Mutiara Gading City.

Bagi kamu yang ingin membuat desain rumah papan. Berikut 11 ide desain yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca juga:

Inspirasi Desain Rumah Papan

Selain tampilannya yang cantik dan elegan, rumah menggunakan papan juga memiliki banyak keuntungan. Berikut ide desain rumah menggunakan papan beserta keuntungannya.

1. Rumah Papan di Belakang Kolam

rumah di pantai
Source : Pinhome

Desain ini menggabungkan arsitektur tradisional dengan keindahan alam sekitar. Detail kayu yang artistic membuatnya terlihat unik dan menambah nilai estetika. Kolam di sekitar juga memberikan kesan sejuk pada rumah.

Desain ini tidak hanya memanjakan mata tetapi juga fungsional. Adanya ruang terbuka yang luas di teras juga bisa kamu jadikan tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

2. Rumah Kayu Tepi Pantai

rumah di kolam
Source : Pinhome

Jika kamu menyukai desain rumah tropis, desain yang eksotis ini bisa kamu coba. Rumah dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah agar bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada di pantai.

Struktur terangkatnya tidak hanya memberikan pemandangan laut yang tak terhalang tapi juga melindungi dari banjir pasang dan meningkatkan sirkulasi udara, yang penting di iklim tropis. Atap alang-alang memberikan insulasi alami, menjaga ruangan tetap sejuk meskipun di bawah sinar matahari yang terik.

3. Rumah Kayu Mungil

rumah di sawah
Source : Pinhome

Desain ini sering kamu temukan di Indonesia terutama di sekitar sawah. Menggunakan atap miring dan kayu polos mencerminkan esensi kesederhanaan fungsional.

Letaknya yang ada di ladang hijau yang subur akan memanjakan mata. Desain rumah papan ini juga menjaga agar suhu ruangan tetap sejuk dan asri.

4. Rumah Papan Bilik di Desa

rumah seng
Source : Pinhome

Desain tradisional Indonesia menawarkan kesederhanaan. Menggunakan atap seng, kesan klasik pedesaan di Indonesia akan terpancar dengan baik. Perpaduan elemen tradisional Indonesia dan atap modern memberikan keseimbangan harmonis antara pelestarian warisan budaya dan penerimaan kemajuan kontemporer.

5. Rumah Bilik di Atas Air

desain rumah papan
Source : Pinhome

Keunikan desain ini terlihat unik karena rumah dibangun di atas kolam atau air yang membuatnya tampak menarik. Struktur kayu pada rumah menjadikannya selaras dengan lingkungan dan alam yang ada disekitarnya.

6. Rumah Menawan di Desa

desain rumah papan
Source : Pinhome

Menggabungkan papan kayu dan batu bata membuat tampilan rumah tetap sederhana dan unik. Dinding kayu mempertahankan kesan sederhana di rumah ini. Sementara lantai dari ubin menambah kesan kontras pada struktur bangunan.

7. Rumah Papan Modern

desain rumah papan
Source : Pinhome

Siapa bilang rumah papan tidak bisa terlihat modern. Menggunakan dinding dari panel kayu membuat desain rumah minimalis ini terlihat semakin menarik.

Rumah juga diberikan kaca lebar agar cahaya bisa masuk dengan baik. Desain ini cocok sekali untuk kamu yang ingin membuat sederhana di pinggiran kota.

8. Rumah Papan di Atas Bukit

desain rumah papan
Source : Pinhome

Desain rumah papan sederhana berikut ini cocok untuk kamu yang punya lahan di atas bukit. Kamu bisa menjadikan rumah ini seperti villa dengan panorama yang luas dari pedesaan.

Posisinya yang tinggi memberikan pemandangan yang luar biasa dan juga menjadi simbol ketenangan dan kedamaian. Desainnya juga sederhana namun tetap fungsional dan bersatu dengan alam sekitar.

9. Rumah Papan Bak Hotel

desain rumah papan
Source : Pinhome

Meskipun kecil, rumah ini memancarkan kemewahan dan pesona dengan arsitektur kayunya yang detil dan desain yang elegan. Fitur utamanya termasuk panel kayu berkualitas tinggi, jendela besar, dan atap rumah bergaya yang melengkapi estetika keseluruhan.

Taman yang terawat dengan baik dan area duduk luar ruangan, menjadi ciri khas dari rumah ini. Apalagi jika kamu bisa mengatur rumah menghadap ke matahari terbenam. Ini bisa menjadi momen seru kamu bersama keluarga.

10. Rumah Papan Panggung

desain rumah papan
Source : Pinhome

Desain rumah ini cocok untuk kamu yang ada di lingkungan persawahan atau perkebunan. Rumah panggung akan membuat kamu aman dari Binatang buas yang berbahaya.

Selain itu kamu juga bisa memelihara Binatang ternak seperti ayam ataupun Binatang lainnya dibawah. Dengan desain ini kamu juga tidak perlu takut ketika cuaca sedang hujan deras. Karena desain rumah yang dibuat tinggi, debit air tidak akan masuk ke dalam rumah.

11. Rumah Papan Ala Eropa

desain rumah papan
Source : Pinhome

Desain terakhir rumah papan ala Eropa yang bisa kamu terapkan di hunianmu. Bagian atas rumah bisa fungsikan sebagai ruangan tambahan atau gudang. Dengan adanya jendela kecil, ruangan masih tetap mendapatkan matahari dan udara di ruangan bisa tetap segar.

Itulah inspirasi ide desain rumah papan sederhana yang bisa kamu terapkan pada hunianmu. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download