BlogPemilik PropertiDesain HunianRincian Biaya Pasang Plafon Rumah dan Cara Menghitungnya
0
0

Rincian Biaya Pasang Plafon Rumah dan Cara Menghitungnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 28, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
biaya plafon rumahtop-right-banner

Sedang riset biaya pasang plafon rumah? Jika iya, maka kamu harus menyimak ulasan ini sampai habis. Pemasangan dan penggunaan plafon rumah perlu diperhatikan betul, karena berpengaruh pada keamanan penghuniannya. Fungsi plafon rumah tak sekadar pelindung dan pembatas antara atap dan ruangan, tapi bisa pula menjadi elemen dekorasi. Tak heran, jika pilihan desain dan material plafon diperhatikan betul oleh developer dan arsitek.

Lantas, berapa biaya pasang plafon rumah? Untuk mengetahui detailnya, kamu perlu menyimakan ulasan berikut. Berikut diuraikan rincian harga pasang plafon lengkap dengan cara menghitungnya. Yuk, simak ulasannya!

Kamu dapat memiliki rumah minimalis yang bagus di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Bila kamu berencana untuk membangun rumah menggunakan KPR, kamu dapat mengetahui biaya estimasi pembangunannya terlebih dahulu loh di Kalkulator KPR.

Baca juga: 30 Model Plafon Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Rincian Biaya Pasang Plafon Rumah

harga plafon rumah
Source : Pexels

Sudah tahu bagaimana cara memilih plafon rumah yang tepat? Selanjutnya, mari ketahui besaran biaya plafon rumah. Terkait harga, umumnya berbeda-beda, tergantung jenis plafon yang dipilih.

Sebagai gambaran, berikut rincian harga plafon rumah dari berbagai material. Tenang, hitungan tersebut sudah termasuk biaya pemasangan plafon, kok.

1. Biaya Pasang Plafon PVC

PVC merupakan salah satu material yang umum digunakan pada rumah minimalis. Model plafon rumah PVC cukup beragam, dengan desain cantik dan menarik. Tak heran, jika banyak pemilih rumah minimalis yang menggunakannya.

Dilansir beberapa sumber, rata-rata biaya pasang plafon rumah PVC sekitar Rp150.000 sampai Rp350.000 per meter persegi. Harga tersebut untuk plafon merek Shunda. Perlu diketahui, harga tersebut belum termasuk ongkos tukang, jadi perlu disesuikan lagi. Apabila ingin praktis, kamu bisa sewa tukang borongan saja. Kisaran harga pasang plafon dengan tukang borongan pun tak jauh berbeda, sekitar Rp500.000 per meter persegi.

2. Biaya Pasang Plafon Gypsum

Ada pula plafon gypsum yang umum digunakan pada rumah. Dalam pemasangan, plafon gypsum dihitung dengan menjumlahkan komponen harga material dan ongkos tukang. Agus Kriswandi Basyari dari Pitaloka Land, dalam Koran Sindo, turut membagikan rincian biaya pasang plafon gypsum.

Untuk rumah tipe 36 dengan plafon gypsum merek Jayaboard dan Elephant, material yang dibutukan untuk pemasangan antara lain gypsum 13 lembar. Untuk material tersebut, membutuhkan biaya Rp715.000. Selain itu, terdapat pula rangka hollow 60 batang dengan kisaran biaya Rp1.380.000.

Selanjutnya, ada pula sekrup gysum sekitar 3 dus dengan total pengeluaran Rp150.000, lalu lis gypsum 30 batang kurang lebih Rp420.000, dan komponen gypsum 10 kilogram dengan harga Rp100.000. Kamu pun perlu menyiapkan dana untuk material kecil seperti paku, kasa penutup sambungan gyspum, dan lain sebagainya.

Dari pengeluaran tersebut, total kisaran yang dibutuhkan untuk biaya pasang plafon rumah tipe 36 dengan luas 36 meter persegi, sekitar Rp2.954.000, tidak termasuk jasa tukang. Kalau dengan tukang, barangkali sekitar Rp4.000.000.

Baca juga: 10 Bahan Plafon Rumah, Lengkap Kelebihan dan Kekurangannya!

3. Biaya Pasang Plafon per Meter

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, biaya pasang plafon rumah bisa berbeda-beda, tergantung dengan material yang dipakai. Bahkan, model dan merek pun turut memengaruhi harga plafonnya. Di luar daripada itu, kamu perlu menyiapkan biaya atau jasa pasang plafon oleh tukang.

Dalam perhitungan biaya pasang plafon rumah oleh tukang, umumnya tergantung pengerjaannya; apakah tukang harian atau borongan. Kalau ingin lebih hemat, ada baiknya kamu pilih jasa borongan. Nah, terkait ini, umumnya tukang pun akan menghitung biaya pemasangan dengan rangka, list profil, dan pengecatannya.

Bisa dikatakan, ini sudah all in one. Untuk jumlah hariannya, umumnya dimulai sejak mulai bongkar plafon. Lalu, durasinya, tergantung tingkat kesulitan pemasangan. Rata-rata harga jasa pasang plafon per meter Rp150.000-Rp350.000, belum termasuk ongkos pasang. Untuk ongkos, kisaran Rp100.000 per hari.

Sebagai gambaran, berikut biaya pemasangan plafon per meter berdasarkan jenisnya:

NoJenis GypsumHarga
1Plafon GypsumRp150.000-Rp185.000/m2
2Plafon GRCRp150.000-Rp185.000/m2
3Plafon PVC StandarRp200.000-Rp255.000/m2
4Plafon PVC ShundaRp300.000-Rp350.000/m2

Walau telah terdapat rinciannya, kamu perlu menyiapkan 5-10 persen dana lebih untuk berjaga-jaga. Ini dilakukan, karena harga bahan yang digunakan bisa naik seiring berjalannya waktu. Belum lagi, tiap tukang bisa memasang tarif yang berbeda.

Baca juga: Mudah! Ini Cara Memasang Lampu LED Strip di Plafon Rumah!

Tips Memilih Plafon Rumah

harga plafon rumah
Source : Pexels

Setelah mengetahui biaya pasang plafon rumah, kamu perlu tahu tips memilihnya. Ini perlu dilakukan guna mengantisipasi material yang kurang sesuai. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara memilih plafon rumah yang bisa diikuti:

  1. Pilih plafon dengan material yang kuat, supaya benar-benar bisa melindungi rumah. Pastikan pula plafon yang dipilih bisa menghalau panas, agar rumah tetap sejuk.
  2. Tak kalah penting, plafon harus kedap air, anti rayap, dan tahan api demi memberi perlindungan maksimal pada rumah.
  3. Plafon tak sekadar pelindung, tapi bisa pula menjadi elemen dekorasi. Untuk itu, kamu wajib memperhatikan warna plafon yang digunakan, supaya menyatu dengan dekorasi rumah.
  4. Selain warna, bentuk plafon juga perlu diperhatikan karena berkaitan pula dengan elemen dekorasi dan konsep rumah.
  5. Plafon berkaitan erat dengan pencahayaan rumah. Pasalnya, jika lampu tak sebanding dengan bentuk dan warna plafon, bisa-bisa rumah menjadi gelap dan terkesan sempit.

Demikian ulasan ringkas terkait biaya plafon rumah yang perlu kamu ketahui. Sekarang sudah tahu, kan, perlu menyiapkan budget berapa? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: BalianDecorative


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download