Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 10 Manfaat Pupuk untuk Tanaman, Penting untuk Kamu yang Suka Berkebun

10 Manfaat Pupuk untuk Tanaman, Penting untuk Kamu yang Suka Berkebun

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 30 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Memelihara tanaman pada hunian bisa dikatakan tidak mudah. Kamu harus mempunyai informasi mendalam mengenai cara memberi asupan terbaik, merawatnya, hingga menempatkannya pada ruangan yang tepat. Hal tersebut berguna untuk membuat tanaman tumbuh secara sehat dan subur. Manfaat pupuk yang sering disebut sebagai asupan terbaik untuk tanaman, ternyata tidak hanya berfungsi membuat tanaman subur lho!

Pinhome – Sebelum Pins tergesa-gesa membelinya, ada baiknya Pins mengetahui ragam manfaat pupuk tanaman itu sendiri. Nutrisi berupa zat yang diberikan pada media penanaman ini sebenarnya mempunyai beberapa fungsi yang tidak kalah penting bagi tanaman. Tidak heran pupuk tanaman selalu tersedia sebagai salah satu hal yang tak pernah terlupakan dalam budidaya tanaman. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi nih Pins, simak yuk 10 manfaat pupuk bagi tanaman di bawah ini!

Baca Juga:

12 Alat Berkebun yang Perlu Kamu Miliki di Rumah

Merangsang Pertumbuhan Bagian-Bagian dalam Tanaman

(Unsplash)

Pupuk sendiri memiliki banyak kandungan unsur hara yang terbukti baik untuk tanah. Mulai dari jenisnya yang beragam hingga bentuknya yang bervariasi mampu membuat tanaman hidup dengan baik. Jenis pupuk umum diantaranya terbagi atas dua jenis yaitu pupuk organik dan pupuk berbahan kimia dengan bentuknya yang bersifat cair maupun padat. 

Fungsi pupuk sebagai perangsang pertumbuhan bagian dalam tanaman memang dapat terlihat dalam prosesnya. Pertumbuhan dari bagian tanaman seperti daun, bunga, batang hingga akar akan terlihat lebih rimbun dengan penggunaan pupuk. Selain kesehatannya yang sudah terjamin, tentu tanaman akan cepat tumbuh dan menghasilkan produksi yang cepat.

Mempercepat Hasil Produksi Tanaman

manfaat pupuk
(Freepik)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dengan perangsangan tepat pada penggunaan pupuk, bagian-bagian dalam tanaman akan tumbuh subur dan lebat. Hal ini berdampak baik bagi produktivitas tanaman. Apalagi bagi Pins yang melakukan budidaya tanaman untuk dijual dan dijadikan mata pencaharian. Hal ini tentu akan berdampak sangat baik. Pupuk organik salah satunya, sudah terbukti meningkatkan produktivitas tinggi dalam bidang pertanian baik dalam segi kualitas maupun kuantitasnya. Inilah mengapa bahan makanan terbaik bisa sampai ke tangan kita dan aman dikomsumsi oleh manusia.

Menyingkirkan Hama dan Penyakit Tanaman

manfaat pupuk
(Freepik)

Bila Pins sudah rajin memberikan pupuk terbaik pada tanaman di rumah, itu artinya Pins membuat kekebalan tubuh dari tanaman meningkat. Hal tersebut akan berakibat baik bagi tanaman, seperti contohnya terhindar dari ragam penyakit tanaman hingga hama yang akan merusak tanaman. Kandungan kalium pada pupuk, meningkatkan daya tahan tanaman dan membuatnya tumbuh segar dan menghasilkan warna yang cantik. Inilah mengapa sayuran dengan warna yang segar menjadi sangat baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Pupuk untuk Memanipulasi Tanah 

Dengan adanya berbagai isu lingkungan, membuat ekosistem di dalamnya tercemar. Inilah mengapa tidak heran pada beberapa tempat, kandungan tanah di dalamnya sudah tidak baik atau tidak disarankan ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan. Disinilah fungsi pupuk sebagai zat yang dapat memanipulasi unsur hara di dalamnya berfungsi. Contohnya seperti pupuk organik yang terbukti dapat meningkatkan ekosistem tanah dengan memperbaiki nilai retensi dalam tanah sekaligus strukturnya. Area disekitar tanaman akan menjadi lebih baik dan membantu pertumbuhannya secara maksimal.

Mengurangi Pencemaran Lingkungan

manfaat pupuk, pencemaran lingkungan
(Pixabay)

Semua hal yang terkait dengan isu pencemaran lingkungan, memang berdampak kurang baik bagi lingkungan. Itulah mengapa penggunaan pupuk organik pada tanaman, selain memberi asupan baik bagi tanaman juga menjaga kesuburan tanah. Idealnya pupuk satu ini mengubah gas rumah kaca karbondioksida menjadi bahan organik. Pupuk organik yang berasal dari tumbuhan mati, limbah organik dan kotoran hewan ini dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Membantu Tanaman Menyerap Air dengan Mudah

Kegunaan pupuk selanjutnya adalah membantu tanaman dalam memaksimalkan penyerapan air. Hal ini dikarenakan tanaman memerlukan salah satu unsur hara makro yang diperlukan oleh tanah. Unsur tersebut merupakan bagian dari kalium (k) yang ada dalam kandungan pupuk tanaman. Itulah mengapa penyiraman tanaman secara teratur yang dimaksimalkan dengan pemberian pupuk menjadi sangat baik bagi kesuburan tanaman.

Baca Juga:

Bagaimana Kualitas Air yang Dapat Digunakan untuk Menyiram Tanaman?

Mengoptimalkan Pertumbuhan Tanaman dalam Waktu Singkat

manfaat pupuk
(Pixabay)

Untuk Pins yang senang berkebun dan memiliki ragam tanaman untuk dibudidayakan, pupuk menjadi barang terpenting. Mengapa seperti itu? Fungsi pupuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dalam waktu yang cukup singkat. Inilah mengapa pupuk dapat membantu produktivitas tanaman dengan menambah unsur hara di dalam tanah. Pins bisa menggunakannya untuk jenis tanaman sayur-mayur maupun buah-buahan.

Manfaat Pupuk Sebagai Pengganti Unsur Hara yang Hilang

Nah, seperti yang telah disebutkan di atas. Dalam mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, pupuk menjadi zat terpenting yang tidak lupa digunakan. Hal tersebut dikarenakan pupuk memperbaiki unsur hara yang hilang pada tanah. Perlu Pins ketahui, manfaat unsur hara dalam tanah itu sangat penting bagi tanaman. Antara lain seperti mempengaruhi reduksi tanah dan proses oksidasi, membantu mengatur kadar asam hingga pelengkap penyusunan jaringan pada tanaman.

Mencegah Degradasi Lahan

(Jurnal of India)

Pernah mendengar apa itu degradasi lahan? Degradasi lahan merupakan suatu kondisi dimana suatu lingkungan mengalami kerusakan akibat aktivitas dari manusia pada suatu lahan tertentu. Hal ini membuat suatu lahan rusak, kering dan pastinya tidak akan sehat bila ditanami oleh tanaman. Faktor tersebut biasanya dilakukan oleh tangan manusia dan dampaknya cukup banyak mengurangi produktivitas dari pertumbuhan tanaman. Seperti pekerjaan pertambangan, idustrial hingga ragam aktivitas yang bersifat komersil. 

Inilah mengapa kegunaan pupuk dapat membantu mengurangi hal-hal tersebut sebagai cara mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus memanipulasi tanah sekitarnya yang diberikan pupuk. Diperkirakan sudah hampir 40% lahan di dunia telah terdegradasi lho! Yuk mulai sayangi lingkungan dan rajin memberikan pupuk pada tanaman.

Memperbaiki Kekurangan Nutrisi Bagi Tanaman

Tidak hanya manusia Pins yang memerlukan gizi yang baik bagi pertumbuhan, tanaman pun begitu. Kegunaan pupuk sebagai tambahan nutrisi baik bagi tumbuhan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah jenis pupuk NPK yang mengandung nitrogen di dalamnya yang baik untuk tumbuhan. Pupuk tersebut dapat memperbaiki adanya kekurangan ‘gizi’ atau disebut nutrisi baik pada tumbuhan. Tanaman yang cenderung kerdil ataupun menguning merupakan ciri-ciri dari tumbuhan yang kekurangan nitrogen.

Itulah ragam kegunaan pupuk bagi pertumbuhan tanaman. Usahakan untuk memberikan pupuk dengan jenis yang sesuai pada tumbuhan dan jangan lupa perhatikan pemberiannya secara teratur. Fungsi pupuk ternyata tidak hanya pada tanaman saja ya Pins tetapi juga membuat lingkungan di sekitarnya lebih baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

10 Cara Menggemburkan Tanah Liat yang Kering

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel