BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Ide Kreatif Desain Gapura 17 Agustus yang Unik dan Menarik
0
0

12 Ide Kreatif Desain Gapura 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 1, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

17 Agustus selalu menjadi momen bahagia karena hari tersebut adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Salah satu cara masyarakat merayakan hari ulang tahun RI adalah dengan membuat desain gapura 17 agustus, lalu memasangnya di gang-gang perumahan.

Pins, pasti kamu yang tinggal di Mutiara Gading City dan Cimanggis Golf Residence pasti pernah melihat desain gapura 17 agustus atau dekorasi gapura 17 agustus yang unik. Apalagi kamu yang tinggal dan punya rumah di Bogor maupun rumah second di Kab Bekasi Barat, pasti pernah melihat gapura 17 agustus dari bambu atau gapura 17 agustus minimalis, bukan?

Eits, tapi sembari membaca informasi mengenai dekorasi gapura 17 agustus yang unik, kamu juga bisa mencari tahu estimasi harga rumah dan daftar perumahan eksklusif di Pinhome.

Apa Fungsi Gapura 17 Agustus?

Source : Detik

Gapura 17 agustus adalah salah satu ornamen yang digunakan untuk merayakan hari kemerdekaan RI. Umumnya gapura diletakkan di akses masuk ke gang atau jalan sebuah perumahan. Umumnya gapura terbuat dari bambu atau kayu yang kemudian dihias dengan bendera, cat merah putih, kertas minyak, lampu kecil warna-warni dan sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu banyak desain gapura 17 agustus yang bervariasi. Lalu apa saja ya fungsi dari gapura 17 agustus? Berikut ini kita simak penjelasannya yuk, Pins! 

Sebagai Penghias HUT RI

Fungsi pertama dari desain gapura 17 agustus tentunya adalah untuk menghias gapura di depan gang rumah. Mengingat ketika momentum kemerdekaan RI kita semua merayakannya, maka menghias gapura sebenarnya adalah bentuk penghargaan dan juga rasa suka cita masyarakat Indonesia terhadap momen kemerdekaan.

Pelindung saat Hujan

Selanjutnya fungsi dari gapura HUT RI adalah untuk pelindung saat hujan atau untuk meneduh. Biasanya gapura itu mempunyai bagian atas yang tertutup seperti atap. Dan lebar dari gapura juga bisa menutupi satu orang dewasa dari sinar matahari yang menyengat atau hujan. Ketika hujan tiba, tentu gapura bisa menjadi pelindung untuk berteduh dan ini menjadi fungsi sebuah gapura 17 agustus.

Tempat untuk Ronda Malam

Pins, pernahkah kamu melihat gapura digunakan sebagai tempat ronda? Nah, biasanya bapak-bapak di kompleks rumah akan menggunakan gapura untuk tempat ronda. Mereka biasanya akan membawa kursi dan meja plastik untuk tempat duduk ketika melakukan ronda keliling. 

Baca juga: Tampil Unik dengan 10 Inspirasi Make Up Karnaval 17 Agustusan

Pembatas Area Perumahan

Selain itu fungsi dari gapura HUT RI tentunya untuk pembatas area perumahan dengan lingkungan di luar. Gapura menjadi media seperti gerbang yang memberikan batas wilayah untuk diakses oleh pihak yang bukan penghuni sebuah area perumahan. 

12 Ide Kreatif Desain Gapura 17 Agustus

Setelah kamu memahami beberapa fungsi dari gapura 17 agustus, berikut ini ada desain gapura 17 agustus yang bisa menjadi referensi. Yuk simak bersama! 

1. Gapura dengan Tiang Bambu Memutar

Source : Suara Baru

Desain gapura 17 agustus yang pertama adalah desain dengan bambu yang dibentuk seperti memutar atau dipelintir. Kamu bisa melihat sendiri Pins tiang pada gapura tersebut seperti dipelintir dan memutar. Di bagian atas disematkan lambang burung garuda dan untuk gapura jenis ini tidak mempunyai atap yang padat sehingga tidak bisa menjadi peneduh. 

Baca juga: 50 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

2. Gapura dengan Atap Genteng

Source : Orami

Selanjutnya ada gapura dengan bambu yang diikat kuat lalu diberikan atap genteng. Gapura seperti ini biasanya bersifat kokoh dan awet hingga lama. Selain bisa menjadi gapura untuk momentum 17 agustus, gapura jenis ini juga bisa menjadi gapura selamat datang untuk menyambut tamu atau orang lain yang akan masuk ke area perumahan atau lingkungan tempat kita tinggal, Pins. Serbaguna sekali, ya?!

3. Gapura dengan Papan yang Dihias

Source : Portal Kudus

Kemudian ada juga gapura yang dibuat dengan papan seperti di atas. Papan dirakit dan kemudian dibentuk menjadi gapura HUT RI lalu dihias dengan ornamen yang berkaitan dengan hari kemerdekaan, Pins. Beberapa ornamen atau hiasan yang bisa ditambahkan adalah seperti tulisan Dirgahayu Republik Indonesia, tanggal kemerdekaan dan juga angka yang menunjukkan usia Indonesia. 

Baca juga: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya

4. Gapura dengan Ornamen Setengah Lingkaran

Source : Kanwil Kemenkumham Riau

Selain contoh di atas, ada juga desain gapura 17 agustus yang bentuknya identik dengan setengah lingkaran. Tampilan gapura di atas sangat unik, bukan Pins? Kamu bisa melihat di atas gapura terdekat 5 buah setengah lingkaran yang menjadi penghias bagian atas gapura. Sangat unik dan berbeda sekali ya jika kita lihat dan bandingkan dengan desain gapura 17 agustus yang lain.

5. Gapura Minimalis

Source : Tagar ID

Ada juga dekorasi gapura 17 agustus yang unik selanjutnya adalah seperti contoh di atas. Gapura 17 agustus minimalis ini unik karena sederhana hanya menggunakan bambu untuk bagian tiang, kemudian menggunakan tampah untuk membentuk bulatan di samping. Sementara itu di bagian atas hanya menggunakan kayu bambu lalu dibalut dengan kain merah putih. Sederhana namun tetap memberikan identitas kemerdekaan HUT RI, ya Pins. 

Baca juga: Sejarah Indonesia: Zaman Penjajahan dan Perang Kemerdekaan

6. Dekorasi Gapura dari Balon

Source : BLKP

Pins, jika kamu ingin membuat suasana yang berbeda, kamu bisa menggunakan balon untuk merayakan HUT RI ya. Namun, penggunaan balon di luar atau di area outdoor biasanya penuh risiko. Misalnya bisa pecah tertusuk benda tajam, atau dijadikan mainan oleh anak-anak. Namun, penggunaan desain gapura 17 agustus dari balon bisa menjadi daya tarik sendiri, lho. 

7. Gapura dengan Bambu Unik

Source : Pinterest

Selanjutnya adalah dekorasi gapura 17 agustus yang unik. Bentuk gapura 17 agustus dari bambu ini bisa menjadi referensi kamu dan tetangga, Pins. Bentuknya yang unik juga diwakilkan dengan desain gapura 17 agustus minimalis. Hanya butuh kemampuan ekstra dalam berkreasi merangkai bambu-bambu yang ada, Pins. 

8. Gapura Berbentuk Wayang

Source : Times Indonesia

Dekorasi gapura 17 agustus yang unik selanjutnya berbentuk seperti wayang. Gapura HUT RI yang satu ini sangat menarik, bukan Pins? Sangat berbeda sekali ya desainnya dari yang lain. Jika biasanya dekorasi gapura 17 agustus yang unik menggunakan kayu atau bambu yang dibentuk kotak atau bulat, maka gapura HUT RI ini berbentuk dan dibuat seperti wayang. Menarik sekali bukan? 

9. Gapura Bentuk Gading Gajah

Source : Hello Motion

Gapura selanjutnya bisa menggunakan bentuk unik seprti di atas. Jika gapura lain bentuknya kotak atau menggunakan bambu yang dibuat melengkung, maka gapura ini dibuat seperti gading gajah lalu dirangkai melengkung sehingga membentuk seperti gapura. Wah, unik sekali ya Pins desain gapura 17 agustus di atas?! 

10. Gapura dengan Kincir Angin

Source : Hello Motion

Selanjutnya ada gapura 17 agustus dengan ornamen kincir angin kecil. Gapura HUT RI ini menggunakan desain gapura 17 agustus yang unik. Pasalnya di sisi gapura dilengkapi dengan perosotan untuk anak-anak. Lalu di bagian atas dilengkapi dengan kincir angin. 

11. Gapura Warna-warni

Source : Metro Sindonews

Lalu ada dekorasi gapura 17 agustus yang unik lainnya. Desain gapura 17 agustus ini menggunakan visual menarik yang penuh dengan warna-warni. Di bagian atas gapura terdapat ikon SEA Games yang populer. Menggunakan gapura 17 agustus seperti di atas cukup menarik dan meriah untuk merayakan kemerdekaan RI. 

12. Gapura dengan Burung Garuda

Source : Antara news

Lalu ada juga desain gapura 17 agustus yang menggunakan lambang burung garuda di atasnya. Gapura di atas terlihat kokoh dan sangat megah ya, Pins. Kehadiran ikon burung garuda raksasa di atas gapura membuat gapura ini sangat ikonik.

Itu saja informasi mengenai desain gapura 17 agustus yang bisa menjadi referensi kamu, Pins. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi untuk kamu, ya! 

Baca juga:

Sumber featured image: Kanwil Kemenkumham Riau


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download