Pinhome

5 Desain Rumah Gaya Inggris yang Menawan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 4 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Memilih desain rumah yang bagus seringkali menjadi dilema.. Setiap desain tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika Pins termasuk penyuka konsep klasik, desain rumah gaya Inggris dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Rumah dengan desain gaya Inggris memang sangat menampilkan sisi estetika yang menawan. Mungkin tidak terlalu stylist seperti rumah modern zaman sekarang, namun rumah bergaya Inggris sangat kokoh dan elegan. 

Rumah dengan gaya Inggris sudah eksis dalam waktu yang sangat lama. Mulai dari abad ke-15 desain rumah Inggris sudah diterapkan dan juga telah berevolusi dengan konsep yang bermacam-macam.

Untuk menghasilkan rumah dengan desain ini pastinya membutuhkan banyak biaya. Namun, bukan tidak mungkin jika Pins punya dana lebih. Biaya yang besar tentunya sepadan dengan bahan-bahan konstruksi yang juga berkualitas tinggi.

Berikut beberapa desain rumah gaya Inggris yang bisa kamu pertimbangkan:

Victorian

Desain pertama yang dapat Pins terapkan untuk rumah konsep klasik adalah gaya Victorian yang sederhana namun menawan. Victorian style terdiri dari berbagai konsep arsitektur Inggris pada abad pertengahan.

Detail pada gaya Victorian ini terlihat cukup rumit dan akhirnya berangsur lebih sederhana di awal akhir zaman. 

Gaya Victorian dapat Pins temukan dengan konsep bangunan tinggi dengan bahan konstruksi batu bata yang kokoh. Umumnya rumah ini berwarna mengikuti bata yang dipakai jadi mengesankan rustic.

Selain itu desain ini juga terdapat banyak jendela yang terpasang di bagian depan rumah. Jika Pins lebih menyukai rumah dengan konsep klasik sederhana, gaya Victorian dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Art Deco

(Pinterest)

Salah satu desain rumah dengan gaya Inggris selanjutnya yang dapat Pins terapkan adalah Art Deco yang eksis di tahun 1925 sampai 1939. Rumah ini tampil lebih modern jika dibandingkan dengan desain gaya Inggris yang tenar pra perang dunia lainnya. Walaupun modern, namun desain rumah ini tetap menjaga kesan sederhana dan keharmonisannya. 

Tidak hanya bangunan hunian yang menggunakan desain ini, ternyata bangunan sekolah dan bangunan umum lainnya yang juga menggunakan gaya Art Deco. Desain ini identik dengan sudut bangunan yang tampil melengkung serta atap yang datar. 

Desain rumah ini sangat mencerminkan tipe-tipe rumah yang muncul di era 1930 an dengan gaya arsitektur yang lebih modern dan menampilkan garis rumah yang tidak rumit serta kokoh karena dibangun dengan semen dan baja. Desain rumah ini umumnya juga dibangun lebih kecil dibandingkan rumah tua terdahulu. 

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Klasik Yang Nyaman Dan Elegan

Edwardian

Kembali lagi ke era zaman dulu yang eksis di antara tahun 1901 sampai tahun 1918, rumah di zaman ini banyak menganut konsep Georgian. Hampir sama dengan Victorian yang berdiri tinggi dengan dinding batu bata yang kokoh. 

Rumah Edwardian dibangun dengan ukuran yang cukup luas sehingga memiliki banyak ruang yang dapat dimultifungsikan. Rumah gaya Edwardian biasa tampil dengan warna yang lebih terang dengan dinding yang tidak mudah kotor.

Dinding desain rumah ini hanya menggunakan cor kasar, jendela yang tidak besar, dan lantai yang juga polos. 

Baroque

(Unsplash)

Desain rumah gaya Inggris selanjutnya ini hadir di akhir abad ke-17 yang tampil dengan desain sangat rumit. Desain rumah ini memiliki bangunan yang sangat tinggi dan megah. Rumah ini tentunya juga biasa diisi dengan tokoh-tokoh penting atau orang dengan strata ekonomi yang tinggi. 

Rumah gaya Baroque pertama muncul pada akhir tahun 1690 an dengan konsep yang sangat megah. Jika Pins ingin menerapkan desain rumah ini tentunya memerlukan lahan yang sangat luas dan biaya yang sangat tinggi. 

Terrace House

Tipe rumah Inggris yang terakhir ini eksis pada tahun-tahun mendatang setelah perang dunia 2. Rumah teras dibangun dengan ukuran memanjang dan tidak hanya terdiri dari satu rumah. Semua rumah yang dibangun dengan gaya Terrace House saling tersambung dengan rumah lainnya. 

Dengan konsep ini sangat memudahkan Pins untuk bersosialisasi antar tetangga. Rumah yang terletak paling ujung biasa dinamakan sebagai ujung teras.

Namun desain rumah ini tidak menampilkan desain yang sangat menarik. Seperti desain rumah Inggris lainnya, rumah ini memiliki desain sederhana yang kokoh. Rumah ini juga memiliki halaman depan yang memanjang mengikuti ukuran rumah. 

Baca juga: Warna Tepat Untuk Desain Rumah Klasik

Itulah beberapa desain rumah gaya Inggris dengan konsepnya yang didominasi dengan kesan sederhana namun mewah. Pada umumnya tipe-tipe rumah ini memerlukan lahan yang cukup luas. Bahan konstruksi yang digunakan pun tidak sembarangan sehingga dapat menghasilkan rumah yang berdiri tinggi dan luas. Memilih desain rumah butuh kecermatan, oleh karena itu Pins jangan sampai salah pilih ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia