Pinhome

7 Desain Rumah Knock Down

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 6 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Pins, ada yang menarik lagi nih! Untuk kamu yang senang dengan desain rumah berbahan kayu, ide membuat rumah knock down bisa kamu gunakan. Rumah dengan istilah satu ini merupakan rumah kayu yang fungsi utamanya adalah dapat digunakan berpindah-pindah tanpa harus membangun ulang layaknya pembangunan hunian pada umumnya.

Rumah knock down dapat dibongkar pasang dengan mudah dan memiliki biaya yang relatif terjangkau dibandingkan rumah konvensional. Untuk lebih jelasnya simak dahulu yuk ulasan singkat Pinhome di bawah ini!

Baca Juga: RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana)

Mengenal Rumah Knock Down

Istilah rumah knock down memang cukup asing di telinga, apalagi untuk masyarakat Indonesia. Namun, rumah satu ini sudah cukup banyak diterapkan desainnya di negara-negara Eropa maupun Jepang yang sering mengalami bencana gempa. Rumah knock down menjadi salah satu alternatif menarik hunian yang bisa dibongkar pasang dengan material kayu sebagai bahan yang sering digunakan.

Walaupun begitu tetap tidak menutup kemungkinan bahan-bahan seperti besi, baja, dan lainnya bisa pula digunakan. Intinya adalah bangunan tersebut dapat dipindahkan dengan mudah menggunakan seluruh material awal, namun tetap pula memperhatikan kekuatan bahan yang digunakan. Misalkan bahan kayu yang digunakan ada beberapa yang sudah lapuk, kamu harus mengganti dengan yang baru saat bangunan akan dibangun kembali di tempat lain.

Baca Juga: Langkah-langkah Membuat Desain Rumah Online

Desain Rumah Knock Down

Kini, dengan adanya banyak informasi yang masuk dan teknologi kian canggih, beberapa metode rumah knock down pun sudah dipakai di Indonesia, seperti penggunaan pada rumah singgah, sekolah alam, desain gazebo hingga villa. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan penerapan desain ini pada hunian, intip yuk beberapa pilihan Pinhome berikut!

Desain Sederhana Adaptasi Rumah Panggung

(Living In a Tiny)

Desain rumah panggung modern, kini sudah banyak diterapkan di beberapa perumahan. Adaptasi rumah adat tersebut berasal dari kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam. Walaupun dahulu banyak digunakan, kini popularitasnya pun tidak pernah turun. Nah, dengan menggunakan desain rumah knock down bergaya rumah panggung, hunian milik kamu pasti akan sangat menarik, tempatkan di tengah halaman dengan tanaman yang luas, dengan begitu estetikanya akan semakin tinggi.

Rumah Knock Down dengan Rooftop

Rumah Knock Down
(Nicecreation789)

Siapa bilang rumah kecil membuat kamu jadi terbatas dalam bereksplorasi? Rumah pada lahan terbatas juga bisa dibuat menarik dengan desain rooftop seperti pada contoh di atas Pins! Adaptasi gaya hunian knock down dengan ruang rooftop juga menambah ruang lainnya yang tidak bisa kamu tempatkan di dalam rumah. Kamu bisa menggunakan sebagai ruang keluarga, ruang tamu, hingga ruang laundry yang menarik.

Baca Juga: Menyiasati Ruang Laundry Minimalis Tetap Fungsional

Mengadaptasi Gaya Rumah Urban

(Pinterest)

Pengaplikasian gaya rumah urban memang identik dengan tampilan simpel, minim corak, terkesan minimalis dan modern. Hal tersebut bisa Pins gunakan pada desain rumah bergaya knock down. Tidak perlu banyak menggunakan material dengan warna yang beragam, kamu cukup menggunakan warna-warna netral yang cenderung menampilkan kesan luas namun tetap menarik. Seperti warna abu-abu, hitam, putih ataupun warna coklat muda.

Desain Ala Cafe yang Nyaman

Rumah Knock Down
(Houz Buzz)

Tidak hanya desain kamar ala cafe yang bisa kamu gunakan untuk membuat kamu merasa nyaman. Kamu pun dapat menggunakannya sebagai tema utama desain rumah knock down. Rumah yang terkenal dengan desainnya yang fleksibel ini, sangat cocok bila dipadukan dengan kenyamanan ala desain cafe. 

Kamu tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan biaya untuk menikmati bercengkrama bersama teman di cafe, di rumah pun kamu bisa merasakannya. Coba tempatkan teras kecil depan rumah yang mampu menampung beberapa teman kamu ya!

Baca Juga: 15 Desain Cafe Outdoor Di Jakarta Yang Minimalis Dengan Suasana Cozy

Penerapan Desain Industrial

Rumah Knock Down
(Banidea)

Selanjutnya adalah penerapan desain industrial yang kekinian Pins! Kamu bisa menggunakan material kaca pada dinding bangunan dengan rangka penopang baja dan kayu dekoratif. Tampilannya sederhana tanpa banyak lekukan dan cenderung simpel. Selain itu, kamu bisa menambahkan pula beberapa dekorasi khas industrial pada bagian interior rumah seperti penggunaan pipa pipa bekas sebagai rak hingga furniture unik dari barang bekas pakai lainnya.

Desain Letter L

Rumah Knock Down
(Naibann)

Tipe menarik lainnya adalah desain leter L yang diterapkan pada tampilan depan rumah. Desain seperti ini membuat tampilannya lebih leluasa dan berestetika. Penggunaan teras depan rumah dengan tangga kayu menjadi salah satu ide menarik untuk ditempatkan pada bagian depan rumah. Kamu pun juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias untuk mempercantik.

Rumah Knock Down dengan Desain Scandinavian

Rumah Knock Down
(Naibann)

Untuk desain selanjutnya tampilannya cenderung lebih lembut dan cantik. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai penggunaan warna putih pada hunian yang dipadukan dengan desain scandinavian. Atap rumah bisa dibentuk tinggi segitiga dengan desain khas scandinavian ataupun penggunaan atap sederhana berbentuk pelana. 

Selain itu, coba pakai beberapa ide desain jendela pintu yang cenderung simpel dengan banyak menggunakan material kaca. Dengan begitu, baik tampilan eksterior maupun interior akan terlihat cerah dan bersih.

Itulah beberapa contoh menarik dari penerapan desain rumah knock down pada hunian. Kesamaannya adalah rumah tersebut didesain simpel karena melihat fungsi dan tujuan utama pembuatannya. Bagaimana cukup menarik bukan Pins, tertarik mengadaptasinya pada hunian milik kamu?

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Terkeren Untuk Hunian Keluarga!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia