BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Desain Rumah Knock Down
0
0

7 Desain Rumah Knock Down

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Knock Downtop-right-banner

Pins, ada yang menarik lagi nih! Untuk kamu yang senang dengan desain rumah berbahan kayu, ide membuat rumah knock down bisa kamu gunakan. Rumah dengan istilah satu ini merupakan rumah kayu yang fungsi utamanya adalah dapat digunakan berpindah-pindah tanpa harus membangun ulang layaknya pembangunan hunian pada umumnya.

Rumah knock down dapat dibongkar pasang dengan mudah dan memiliki biaya yang relatif terjangkau dibandingkan rumah konvensional. Untuk lebih jelasnya simak dahulu yuk ulasan singkat Pinhome di bawah ini!

Baca Juga: RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana)

Mengenal Rumah Knock Down

Istilah rumah knock down memang cukup asing di telinga, apalagi untuk masyarakat Indonesia. Namun, rumah satu ini sudah cukup banyak diterapkan desainnya di negara-negara Eropa maupun Jepang yang sering mengalami bencana gempa. Rumah knock down menjadi salah satu alternatif menarik hunian yang bisa dibongkar pasang dengan material kayu sebagai bahan yang sering digunakan.

Walaupun begitu tetap tidak menutup kemungkinan bahan-bahan seperti besi, baja, dan lainnya bisa pula digunakan. Intinya adalah bangunan tersebut dapat dipindahkan dengan mudah menggunakan seluruh material awal, namun tetap pula memperhatikan kekuatan bahan yang digunakan. Misalkan bahan kayu yang digunakan ada beberapa yang sudah lapuk, kamu harus mengganti dengan yang baru saat bangunan akan dibangun kembali di tempat lain.

Baca Juga: Langkah-langkah Membuat Desain Rumah Online

Desain Rumah Knock Down

Kini, dengan adanya banyak informasi yang masuk dan teknologi kian canggih, beberapa metode rumah knock down pun sudah dipakai di Indonesia, seperti penggunaan pada rumah singgah, sekolah alam, desain gazebo hingga villa. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan penerapan desain ini pada hunian, intip yuk beberapa pilihan Pinhome berikut!

Desain Sederhana Adaptasi Rumah Panggung

Source : Living In a Tiny

Desain rumah panggung modern, kini sudah banyak diterapkan di beberapa perumahan. Adaptasi rumah adat tersebut berasal dari kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam. Walaupun dahulu banyak digunakan, kini popularitasnya pun tidak pernah turun. Nah, dengan menggunakan desain rumah knock down bergaya rumah panggung, hunian milik kamu pasti akan sangat menarik, tempatkan di tengah halaman dengan tanaman yang luas, dengan begitu estetikanya akan semakin tinggi.

Rumah Knock Down dengan Rooftop

Rumah Knock Down
Source : Nicecreation789

Siapa bilang rumah kecil membuat kamu jadi terbatas dalam bereksplorasi? Rumah pada lahan terbatas juga bisa dibuat menarik dengan desain rooftop seperti pada contoh di atas Pins! Adaptasi gaya hunian knock down dengan ruang rooftop juga menambah ruang lainnya yang tidak bisa kamu tempatkan di dalam rumah. Kamu bisa menggunakan sebagai ruang keluarga, ruang tamu, hingga ruang laundry yang menarik.

Baca Juga: Menyiasati Ruang Laundry Minimalis Tetap Fungsional

Mengadaptasi Gaya Rumah Urban

Source : Pinterest

Pengaplikasian gaya rumah urban memang identik dengan tampilan simpel, minim corak, terkesan minimalis dan modern. Hal tersebut bisa Pins gunakan pada desain rumah bergaya knock down. Tidak perlu banyak menggunakan material dengan warna yang beragam, kamu cukup menggunakan warna-warna netral yang cenderung menampilkan kesan luas namun tetap menarik. Seperti warna abu-abu, hitam, putih ataupun warna coklat muda.

Desain Ala Cafe yang Nyaman

Rumah Knock Down
Source : Houz Buzz

Tidak hanya desain kamar ala cafe yang bisa kamu gunakan untuk membuat kamu merasa nyaman. Kamu pun dapat menggunakannya sebagai tema utama desain rumah knock down. Rumah yang terkenal dengan desainnya yang fleksibel ini, sangat cocok bila dipadukan dengan kenyamanan ala desain cafe. 

Kamu tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan biaya untuk menikmati bercengkrama bersama teman di cafe, di rumah pun kamu bisa merasakannya. Coba tempatkan teras kecil depan rumah yang mampu menampung beberapa teman kamu ya!

Baca Juga: 15 Desain Cafe Outdoor Di Jakarta Yang Minimalis Dengan Suasana Cozy

Penerapan Desain Industrial

Rumah Knock Down
Source : Banidea

Selanjutnya adalah penerapan desain industrial yang kekinian Pins! Kamu bisa menggunakan material kaca pada dinding bangunan dengan rangka penopang baja dan kayu dekoratif. Tampilannya sederhana tanpa banyak lekukan dan cenderung simpel. Selain itu, kamu bisa menambahkan pula beberapa dekorasi khas industrial pada bagian interior rumah seperti penggunaan pipa pipa bekas sebagai rak hingga furniture unik dari barang bekas pakai lainnya.

Desain Letter L

Rumah Knock Down
Source : Naibann

Tipe menarik lainnya adalah desain leter L yang diterapkan pada tampilan depan rumah. Desain seperti ini membuat tampilannya lebih leluasa dan berestetika. Penggunaan teras depan rumah dengan tangga kayu menjadi salah satu ide menarik untuk ditempatkan pada bagian depan rumah. Kamu pun juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias untuk mempercantik.

Rumah Knock Down dengan Desain Scandinavian

Rumah Knock Down
Source : Naibann

Untuk desain selanjutnya tampilannya cenderung lebih lembut dan cantik. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai penggunaan warna putih pada hunian yang dipadukan dengan desain scandinavian. Atap rumah bisa dibentuk tinggi segitiga dengan desain khas scandinavian ataupun penggunaan atap sederhana berbentuk pelana. 

Selain itu, coba pakai beberapa ide desain jendela pintu yang cenderung simpel dengan banyak menggunakan material kaca. Dengan begitu, baik tampilan eksterior maupun interior akan terlihat cerah dan bersih.

Itulah beberapa contoh menarik dari penerapan desain rumah knock down pada hunian. Kesamaannya adalah rumah tersebut didesain simpel karena melihat fungsi dan tujuan utama pembuatannya. Bagaimana cukup menarik bukan Pins, tertarik mengadaptasinya pada hunian milik kamu?

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Terkeren Untuk Hunian Keluarga!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download