BlogLifestyleEdukasi10 Contoh Teks MC Ulang Tahun dan Tips Membuatnya, Lengkap!
0
0

10 Contoh Teks MC Ulang Tahun dan Tips Membuatnya, Lengkap!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 6, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Hari ulang tahun merupakan hari dimana kita mengenang hari kelahiran ataupun hari jadi. Dalam merayakannya bisa mengadakan pesta di Rumah Ekslusif atau menyewa tempat di restoran maupun hotel. Dalam pesta ulang tahun biasanya akan diundang MC untuk memandu acara. Jika kamu didaulat menjadi MC mungkin membutuhkan contoh teks MC ulang tahun berikut.

Sementara jika mencari hunian KPR misalnya rumah bekas di Bogor seperti Paradise Serpong City 2 ataupun perumahan di Jagakarsa. Pinhome memiliki fitur pencarian unggulan untuk menemukan rumah yang dijual maupun disewa.

Tips Membuat Teks MC Ulang Tahun yang Baik dan Benar

Source : Pexels

Tentunya dalam membuat teks MC ulang tahun tidaklah mudah karena teks ini harus disusun dengan benar dan menyenangkan. Selain itu MC dituntut untuk percaya diri dan mampu melakukan improvisasi sesuai dengan acara yang dipandunya. Dalam menyusun teks MC ulang tahun sebaiknya ikuti poin-poin ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cari tahu durasi acara yang dipandu dan struktur rangkaian acara dari awal hingga penutupan
  • Buat kerangka teks MC ulang tahun yang terdiri atas pembukaan (salam, mukadimah dan lainnya), sambutan (bisa dari orang tua dan tokoh terkait), kegiatan utama lalu penutup
  • Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan acara. Misalnya jika sedang memandu ulang tahun anak-anak gunakan bahasa sopan, kasual, santai. Bila ditunjuk sebagai MC ulang tahun perusahaan yang lebih formal maka pakai bahasa yang lebih baku atau formal
  • Evaluasi kerangka teks MC ulang tahun untuk memperkecil kesalahan dan meningkatkan kesempurnaan teks MC
  • Lakukan revisi untuk kesalahan ejaan, tanda baca, pilihan kata maupun kalimat hingga paragraf

Baca juga: Contoh Teks MC Seminar yang Berkualitas dan Tipsnya

Contoh Teks MC Ulang Tahun

Kamu bisa mengikuti contoh teks MC yang ada di bawah ini. Ada contoh mulai dari pembukaan, rundown acara bahkan untuk acara ulang tahun yang formalpun tersedia.

1. Contoh Teks MC Ulang Tahun Saat Pembukaan

Source : Kompas

Contoh teks MC ulang tahun ini untuk acara yang diselenggarakan di sekolah. Jika kamu akan menjadi MC ulang tahun sekolah, inilah contoh teks MC yang tepat.

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya iwal mursalin syaidina wa maulana Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi aj ma’in. Amma ba’du.

  1. Yang saya hormati kepada Ustadz Besar ……….
  2. Yang saya hormati kepada bapak ………. Selaku Kepala Sekolah ………
  3. Yang saya hormati kepada seluruh jajaran bapak/ibu guru ………
  4. Dan yang saya hormati kepada seluruh para tamu undang yang sudah hadir dalam acara ulang tahun sekolah yang ke ………

Segala puja dan puji syukur mari kita haturkan kapada Allah SWT. Yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kita semua.

Sehingga pada kesempatan yang bahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat rizki sehingga kita masih diberikan waktu untuk menghadiri acara ulang tahun sekolah yang ke ……… dalam keadaan sehat tanpa ada suatu halangan apapun. Amin ya robbal ‘alamin.

Serta shalawat dan salam kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-nya. Karena berkat beliau sehingga kita dapat menikmati kehidupan yang Insya Allah penuh bahagia ini.

Serta semoga kita juga tergolong dengan orang-orang yang yang beriman dan sholeh sholeha serta bisa mendapatkan Syafaatnya di Yaumul Kiamat nanti. Amin, Amin Ya Robbal ‘Alamin.

Sebelum acara pengajian dan rangka memperingati hari ulang tahun sekolah yang ke ……..dimulai. Maka perkenankan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada kali ini yakni.

2. Contoh Teks MC Saat Memberikan Rundown Acara

Source : Pexels
  1. Pembukaan
  2. Hadroh versi banjari
  3. Pembacaan ayat suci Al-qur’an
  4. Sambutan dari kepala sekolah
  5. Tausiyah yang akan di bawakan oleh ustadz besar …….
  6. Doa bersama
  7. Penutup

Untuk mempersingkat waktu marilah kita buka bersama sesi acara pengajian dalam rangka hari ulang tahun sekolah yang ke ……. dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

3. Contoh Teks MC Saat Memanggil Pengisi Acara

Source : Urban Jabar

Acara selanjutnya yakni Hadroh versi Al-Banjari, yang akan dibawakan oleh saudara ……….. waktu dan tempat kami persilahkan.

4. Contoh Teks MC Saat Pembacaan Al-Qur’an

Source : Pexels

Acara selanjutnya yakni pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara ……….. waktu dan tempat kami persilahkan.

Baca juga: Definisi, Struktur, Jenis, dan Contoh Teks Eksposisi

5. Contoh Teks MC Saat Memberi Sambutan

Acara selanjutnya yakni sambutan yang akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah ……… kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

6. Contoh Teks MC Ulang Tahun Saat Acara Tausiyah

 Contoh Teks MC Ulang Tahun Saat Acara Tausiyah
Source : Bola

Acara yang selanjutnya yakni tausiyah yang akan dibawakan oleh ustadz besar kita ……….. kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

7. Contoh Teks MC Ulang Tahun Saat Doa Bersama

teks ulang tahun saat berdoa bersama
Source : Pexels

Acara yang selanjutnya yakni doa bersama yang akan dipandu oleh ustadz besar kita ……. Kepada beliau mohon untuk memimpin.

8. Contoh Teks MC Ulang Tahun Saat Penutupan

Alhamdulillah acara demi acara sudah kita lalui hingga di ujung penantian yakni penutupan, dan semoga dari acara pengajian dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah yang ke ……… dapat menjadikan sekolah kita jauh lebih baik lagi. Amiin Ya Robbal Alamin.

Sebelum acara kita tutup, saya selaku MC pembawa acara dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah yang ke …….., saya memohon undur diri dan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Apabila saya ada tutur kata yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu dan saudara-saudara sekalian.

Dan mari kita tutup bersama acara pada hari ini dengan membaca Alhamdulillaahirobil ‘alamin, Sekian.

Wabillahi taufik wal hidayah, wa ridho wal inayayahh

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Baca juga:

9. Contoh Teks MC Ulang Tahun Anak

teks mc ulang tahun anak
Source : New Folks

Sebagai orang tua yang baik, tentu kebahagiaan anak adalah hal yang paling utama. Banyak orang tua yang merayakan hari ulang tahun anak dengan mengadakan pesta atau hajat syukuran, sebagaimana bentuk rasa kasih sayang orang tua terhadap anak. Jika kamu ditunjuk sebagai MC dalam acara ini berikut contoh teks MC ulang tahun anak singkat yang dapat diikuti:

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • Selamat pagi adek-adek

Selamat pagi buat bunda, papa, dan seluruh para tamu undangan yang sudah berkenan hadir di dalam acara ulang tahun adek ………… yang ke ……..

  1. Salam bahagia
  2. Salam sejahtera untuk semua

Pepatah mengatakan jika tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu, perkenalkan nama kakak Zuda yang akan jadi pemandu adek-adek hingga sampai akhir acara. Selain itu di acara yang spesial ulang tahun ini kakak juga akan membagikan hadiah untuk adik adik.

Coba siapa yang ingin hadiah? ayo jawab dengan suara keras ya. Siapa yang ingin hadiah? Siapa yang senang di acara ulang tahun adek ……

Oke agar acara segera dimulai maka izinkan kakak untuk membuka hari spesial ulang tahun adek ……. Yang ke ….. dengan bacaan Basmallah bersama.

Nah, agar suasana dapat bertambah ramai yuk kakak bacakan susunan acara ulang tahun adek …… untuk yang ke …….

Acara yang pertama

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari orang tua yang berulang tahun.
  3. Doa bersama
  4. Tiup lilin dan potong kue.
  5. Permainan
  6. Makan-makan
  7. Penutup

Akhirnya acara demi acara sudah kita lalui teman-teman dan adik-adik sekalian yang kakak cintai. Demikianlah, acara ulang tahun pagi ini yang penuh dengan suasana bahagia dan penuh rasa keakraban.

Mari kita tutup bersama dengan membaca alhamdulillahi rabbil ‘aalamin, Sekian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam, sampai berjumpa lagi.

Baca juga: Teks Iklan, Pengertian, Struktur, dan Contohnya

10. Contoh Teks MC Ulang Tahun Dewasa

teks mc ulang tahun
Source : Alamy

Berikut merupakan contoh teks MC ulang tahun dewasa yang menggunakan bahasa lebih formal daripada contoh teks MC ulang tahun anak singkat diatas. Pins dapat menggunakannya dalam memandu suatu acara seperti acara ulang tahun, pernikahan, dan masih banyak lagi.

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah wasyukurillah wa’laahaula wa’lakuwa’ta illah billah, Allahuma sholi’ala syaidina Muhammad wa’ala ali syaidina Muhammad. Amma ba’du.

  1. Kepada yang saya hormati Bapak ……… selaku …..
  2. Kepada yang saya hormati ibu ………. selaku ……
  3. Kepada yang saya hormati seluruh jajarannya …………….
  4. Serta yang saya hormati para bapak/ibu tamu undangan yang Insyaallah berbahagia ini

Untuk yang pertama mari kita panjatkan rasa puji syukur kita terhadap Allah SWT, yang sebagaimana telah memberikan rahmad, hidayah, serta inayah-nya sehingga kita semua masih diberikan kesehatan.

Sehingga kita masih dapat dipertemukan di acara ulang tahun ini dengan keadaan yang berbahagia. Amiin Ya Robbal Alamin.

Tak lupa shalawat dan salam kepada Nabi kita, Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya termasuk kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang terang benderang ini.

Untuk mempersingkat waktu, saya selaku MC pembawa pembawa acara dalam rangka hari ulang tahun ……….. yang ke ……, maka izinkanlah saya untuk membacakan susunan acara pada pagi ini.

Acara yang pertama:

  • Pembukaan
  • Hadroh versi Banjari
  • Pembacaan ayat suci Al-qur’an
  • Sambutan dari kepala sekolah
  • Tausiyah yang akan di bawakan oleh ustadz besar …….
  • Doa bersama
  • Penutup

Demikianlah susunan acara pada pagi ini dalam rangka hari ulang tahun ………. Yang ke ……. Semoga dapat berjalan lancar dan semoga dapat memajukan kita jauh lebih baik lagi. Amiin Ya Robbal Alamin.

Sekian, Terima Kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Itulah beberapa contoh teks MC ulang tahun yang dapat Pins gunakan dalam memandu suatu acara. Sekarang Pins sudah tidak perlu bingung lagi dalam menyusun acara. Apalagi dari contoh diatas tersedia pula cara menyusun teks MC ulang tahun yang baik dan benar. Selain itu terdapat contoh teks MC ulang tahun dewasa dan contoh teks MC ulang tahun anak singkat.

Baca juga: Cara Membuat Teks Pidato dan Contohnya

Featured image source: SWE.org


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download