BlogLifestyleEdukasiTulisan Assalamualaikum Bahasa Arab dan Artinya
0
0

Tulisan Assalamualaikum Bahasa Arab dan Artinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Tulisan Assalamualaikum yang Benartop-right-banner

Tulisan Arab assalamualaikum sering digunakan sebagai kalimat pembukaan, baik untuk menulis pernyataan, menulis surat, hingga menyapa orang lain. Namun sayangnya, hingga kini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana tulisan assalamualaikum yang benar.

Padahal faktanya, tulisan Arab assalamualaikum merupakan doa yang harus di tulis dengan benar. Jika harakat atau huruf hijaiyah yang ditulis salah, maka makna dari tulisan assalamualaikum itu bisa berubah. Karenanya, penting untuk mengetahui tulisan assalamualaikum yang benar.

Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menggunakan bahasa latin dalam menulis assalamualaikum. Namun, terkadang Pins harus menuliskan assalamualaikum dalam bahasa Arab untuk kepentingan tertentu.

Lantas, bagaimana tulisan assalamualaikum yang benar? Berikut ini tulisan Arab assalamualaikum, makna, dan adab dalam mengucapkannya!

Baca juga: Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah

Tulisan Assalamualaikum yang Benar

Tulisan Assalamualaikum yang Benar
Source : dream.co.id

Tulisan assalamualaikum yang benar dalam bahasa arab mungkin sudah banyak kita temukan, baik di pintu-pintu rumah, di motor, mobil, surat undangan pernikahan, atau mungkin di kaligrafi tulisan assalamualaikum yang cantik penuh dengan ornamen.

Dalam bahasa Indonesia, “assalamualaikum” memiliki arti “keselamatan untuk kalian semua”. Dengan mengucap assalamualaikum, artinya kamu telah mendoakan keselamatan untuk orang yang diucapkan.

Dalam bahasa Arab sendiri, tulisan assalamualaikum terbagi menjadi 3 kalimah atau kata, yaitu:

  • Assalamu, yang merupakan kalimah isim.
  • Alaa yang merupakan kalimah huruf (huruf jer).
  • Kum yang merupakan isim dhamir.

Tulisan Arab Assalamualaikum Lengkap

Berikut ini tulisan assalamualaikum yang benar dalam bahasa Arab:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kalimat salam di atas merupakan kalimat salam yang paling lengkap yang paling utama diucapkan oleh seseorang.

Tulisan Arab Assalamualaikum Singkat

Jika ingin mengucapkan salam dengan yang lebih pendek, maka Pins bisa menggunakan lafadz berikut ini:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

Tulisan Arab Gundul Assalamualaikum

Sementara untuk tulisan Arab assalamualaikum tanpa harakat atau Arab gundul adalah sebagai berikut:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tulisan Arab Assalamualaikum dalam Tasyahud

Selain bisa diucapkan sebagai kalimat sapaan sekaligus doa saat bertemu orang lain, assalamualaikum juga terdapat dalam doa tasyahud ketika sholat. Adapun tulisan assalamualaikum dalam doa tasyahud adalah sebagai berikut:

السِّلَامُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِيُّ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya: “semoga salam senantiasa atasmu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barokahNya”.

Doa salam ini merupakan doa yang disampaikan oleh Allah di saat Nabi Muhammad Shollalahu Alaihi Wasallam Mi’raj. Di mana beliau bertemu Allah dan diperintahkan untuk melaksanakan sholat lima waktu. Salam ini lah yang menjadi salah satu doa di dalam tasyahud ketika sholat.

Baca juga: Tulisan Arab Man Jadda Wajada

Makna Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Source : Pinterest

Kata salam sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya selamat, terlepas dari marabayaha, kedamaian, kesejahteraan, dan juga sentosa. Arti kalimat assalamualaikum ini senada dengan kata salamah di dalam bahasa Arab.

Kata salam memiliki akar kata yang sama dengan Islam, yang bisa diartikan dengan sikap damai atau pasrah diri. Kalimat assalamualaikum yang sering kita ucapkan, merupakan salah satu satu syariat dalam Islam, terutama salam yang dibaca dalam tahiyyat akhir.

Berikut ini terjemahan kalimat assalamualaikum per kata:

Sedangkan mengucapkan salam kepada orang yang kita jumpai hukumnya sunnah.

Berikut ini terjemahan kata salam selengkapnya:

  • السَّلَامُ   artinya keselamatan.
  • عَلَيْكُمْ    artinya atas kalian (kamu lebih dari 2 orang).
  • وَرَحْمَةُ اللهِ   artinya dan kasih sayang Allah.
  • وَبَرَكَاتُهُ   artinya dan keberhakanNya.

Secara keseluruhan, arti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah”semoga keselamatan, kasih sayang, dan keberkahan dari Allah tercurah kepada kalian”. Sedangkan arti assalamualaikum dalam bahasa Inggris kurang lebih “peace be upon you“.

Baca juga: Cara Menulis Arab Di Laptop

Jawaban Assalamualaikum yang Benar

Source : Kompasiana

Tak hanya mengucap salam saja, sebagai umat muslim kita juga harus menjawab salam yang diberikan oleh orang lain. Jawaban dari assalamualaikum yang tepat adalah menggunakan lafadz waalaikumussalam (وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ), bukan waalaikum salam (وَعَلَيْكُمْ سَلاَم).

Lafadz salam yang digunakan adalah isim marifat (السَّلاَمُ) menggunakan ال sebagaimana lafadz salam yang diberikan kepada kita pun menggunakan lafadz isim marifat (السِّلَامُ عَلَيْكُمْ), bukan isim nakirah (سَلاَم).

Karena yang mengucapkan salam menggunakan isim marifat, kita harus menjawab salam yang setara dengannya atau yang lebih mulia darinya. Oleh karenanya, disunnahkan untuk menjawab salam dengan kalimat waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuhu.

Tak hanya untuk menjawab salam saja, kalimat wassalamualaikum juga biasanya digunakan saat seseorang menutup pembicaraan, menutup pidato, ceramah, dan sebagainya.

Baca juga: Tulisan Arab Bismillah

Keutamaan Mengucapkan Assalamualaikum

Source : haibunda

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلَامَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الْأَرْحَامَ وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

“Hai manusia sebarkan perdamaian (salam), berilah makan dan sambunglah silaturahim, dan shalatlah tatkala manusia sedang tidur, maka kamu akan masuk surga dengan selamat.” (HR at-Tirmidzi).

Mengucapkan salam termasuk salah satu perintah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam. Dengan mengucap salam, kita bisa masuk ke surga dalam keadaan selamat sesuai dengan hadist di atas.

Adapun keutamaan mengucap salam lainnya juga dijelaskan dalam hadist berikut ini:

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Amalan Islam apa yang paling baik?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenali dan kepada orang yang tidak kamu kenali.” (HR Bukhari).

Di dalam hadits di atas, mengucapkan salam termasuk dari salah satu amalan di dalam agama Islam yang paling baik. Kita dianjurkan untuk memberikan salam, baik kepada orang yang kita kenal maupun orang yang tidak kenal.

Namun, salam sendiri seharusnya tidak hanya sekadar kalimat sapaan saat bertemu dengan kawan. Melainkan ini adalah doa untuk keselamatan dan kesejahteraan. Di al-quran sendiri, anjuran untuk mengucap salam juga disebutkan dalam surat Yasin Ayat 58 yang berbunyi:

سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيمٍ

Artinya: “(Kepada mereka dikatakan): “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.”

Baca juga: Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billah

Adab Mengucap Salam dalam Islam

Tulisan Assalamualaikum yang Benar
Source : popbela

Setelah mengetahui tulisan assalamualaikum yang benar serta makna dan keutamaan mengucap salam, Pins juga perlu mengetahui adab mengucap salam dalam Islam.

Sama halnya dengan adab bertamu maupun adab makan dan minum. Islam juga memiliki adab untuk mengucapkan salam yang baik dan benar. Apa saja adab mengucap salam tersebut? Simak di bawah ini!

Baca juga: Tulisan Arab Barakallah Fi Umrik

Mengucapkan Salam Secara Sempurna

Dalam mengucapkan salam, sebaiknya Pins menggunakan kalimat lengkap “assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” daripada hanya sekedar “assalamualaikum“. Hal ini karena kalimat yang lengkap memiliki makna doa yang lebih sempurna.

Seperti yang kita ketahui, mendoakan orang lain bisa mendapatkan pahala. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mendoakan orang lain dengan mengucap salam secara sempurna.

Selengkapnya, baca: Adab Tata Cara Mengucapkan Salam dalam Islam.

Tidak Menyingkat Tulisan Assalamualaikum

Jika Pins mengucapkan salam dalam tulisan latin, sebaiknya jangan menulisnya dengan kalimat yang disingkat. Tulisan assalamualaikum yang benar dalam bahasa latin adalah”assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.”

Namun, hingga kini masih banyak orang yang menyingkatnya jadi “assalamualaikum wr wb” atau bahkan “ass”. Padahal, ini bisa saja memberikan makna yang berbeda dari kalimat asli assalamualaikum.

Alih-alih mendoakan orang lain, tapi kamu bisa saja malah mendoakan keburukan jika maknanya salah. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi bukan? Karenanya, ucapkanlah salam dengan baik dan benar.

Demikian uraian tentang tulisan Arab assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh yang benar, beserta makna dan keutamaannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download