Teks Iklan | Pengertian, Struktur dan Contohnya

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ November 9, 2022 ∙ 21 menit membaca

Teks iklan memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Keberadaan iklan menjadi sebuah sarana untuk berkomunikasi antara penjual dengan pembeli. Dengan teks iklan yang tepat, komunikasi yang baik akan terbangun antara keduanya. Ada banyak sekali contoh iklan yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Iklan juga ada bermacam-macam yang berbeda bergantung pada tujuan pembuatannya. Cara membuat iklan yang benar tidaklah mudah. Kreativitas adalah hal utama dalam pembuatan iklan. Iklan yang menarik tentu akan memiiki daya tarik dan membuat orang yang melihat iklan tersebut tertarik.

Harapannya, setelah melihat iklan seseorang akan membeli produk yang ditawarkan. Selain itu, ada juga iklan yang ditujukan untuk brand awareness dan sebagainya. Oleh karenanya, sangat penting untuk membuat teks iklan yang menarik.

Untuk dapat menarik perhatian, teks iklan harus memiliki kalimat yang baik dan mudah dimengerti. Teks iklan yang menarik akan dapat dengan mudah memberikan perhatian yang lebih dari konsumen kepada iklan yang diberikan tersebut.

Lalu apa sebenarnya teks iklan? Bagaimana cara membuat teks iklan yang menarik? Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 13 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Pengertian Teks Iklan

teks iklan
(harmony.co.id)

Pengertian teks iklan adalah kalimat efektif untuk dapat menyampaikan informasi kepada para audiens atau target iklan. Tujuannya adalah untuk dapat mempengaruhi, mengingatkan, memberikan informasi, mempromosikan dan membujuk para target audience untuk mengikuti apa yang diinginkan oleh suatu iklan.

Pengertian lain dari teks iklan adalah media promosi yang efektif untuk dapat memasarkan produk kepada para konsumen. Dengan menggunakan teks iklan, suatu produk atau brand bisa memiliki daya jangkau yang luas dan masif.

Tujuan digunakannya teks iklan adalah untuk dapat memperkenalkan suatu produk, baik itu barang ataupun jasa kepada masyarakat. Teks iklan yang digunakan haruslah unik agar dapat menarik perhatian bagi masyarakat untuk dapat mengenal atau membeli produk yang ditawarkan.

Iklan dapat disampaikan melalui media cetak seperti koran atau majalah. Sedangkan menurut iklan yang disampaikan melalui media elektronik seperti iklan yang berada di internet, televisi, radio dan lain sebagainya. Selain itu Pins juga dapat mencoba iklan dalam bentuk poster, brosur, dan spanduk.

Baca juga: Contoh Iklan Keluarga yang menarik dan mudah diingat

Tujuan Teks Iklan

Fungsi Iklan
(Canva)

Pada umumnya, iklan bertujuan untuk memasarkan suatu produk. Namun sebenarnya, ada banyak sekali tujuan teks iklan. Selain bertujuan sebagai media promosi, ada juga iklan yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Salah satu contoh yang mungkin sering Pins dijumpai adalah contoh iklan produk kesehatan. Iklan tersebut dibuat dengan tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa terdapat sebuah produk kesehatan yang baru muncul di tengah-tengah masyarakat.

Untuk lebih jelas mengenai tujuan iklan, berikut adalah beberapa tujuan iklan yang paling umum:

  1. Informing, yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu produk atau jasa dari perusahaan.
    Persuading, yaitu sebagai sarana untuk membujuk masyarakat agar melakukan transaksi pembelian suatu produk/jasa.
  2. Reminding, yaitu untuk membuat masyarakat selalu ingat tentang merek suatu produk /jasa tertentu agar mereka terus memakainya atau tetap berlangganan.
  3. Adding Value, yaitu memberikan nilai tambah pada suatu merek produk/jasa dengan cara membentuk preferensi merek, merubah persepsi tentang produk, dan mengajak masyarakat untuk mencoba produk/jasa yang diiklankan sehingga merek produk yang diiklankan dipandang lebih baik, lebih elegan, lebih menarik, lebih unggul dan lebih bergaya dari produk/jasa pesaing.

Baca juga: 8 Contoh Hipotesis dan penggunaannya

Manfaat Teks Iklan

contoh iklan baris
(Gramedia)

Beragam manfaat tentu bisa didapatkan dari pembuatan iklan. Manfaat ini bisa diterima oleh siapapun, baik untuk pembuat iklan maupun masyarakat. Berikut beberapa manfaat membuat iklan:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan suatu bentuk pembuatan iklan yang tidak bertujuan langsung untuk promosi. Brand awareness sendiri lebih mengacu kepada membuat masyarakat memahami keberadaan suatu brand atau produk tersebut.

Iklan memegang peranan penting dalam peningkatan brand awareness suatu barang atau brand. Meningkatnya brand awareness suatu brand tentu sangat baik bagi produsen. Brand Awareness ini tidak langsung berkaitan dengan penjualan suatu barang, meski masih tergolong ke dalam salah satu bentuk promosi.

Namun, tujuan dari brand awareness hanya berhenti pada informasi barang kepada masyarakat. Tersampaikannya informasi kepada masyarakat ini harapannya akan membuat masyarakat mengingat secara terus menerus akan produk tersebut meski hanya slogannya.

Baca juga: Contoh Iklan Barang kebutuhan sehari hari, makanan, dan elektronik

2. Memberikan Informasi, Himbauan, Anjuran, Larangan

Iklan juga dapat bermanfaat untuk memberikan informasi, himbauan, anjuran, dan larangan terhadap suatu hal yang terjadi di masyarakat. Informasi yang berisi himbauan, anjuran, atau larangan ini tidak selalu langsung tentang penggunaan barang.

Iklan yang memberikan manfaat berupa informasi seperti himbauan, anjuran, atau larangan ini biasa dikenal sebagai iklan layanan masyarakat. Sebagai contoh suatu produk air minum dalam kemasan.

Produk tersebut membuat sebuah iklan yang memberikan himbauan dan anjuran untuk minum air putih setiap hari karena sangat bermanfaat bagi tubuh.

Pada kasus ini, tidak hanya produsen air minum kemasan saja yang mendapat manfaat karena produknya terpampang, tetapi juga masyarakat mendapat informasi tentang kesadaran akan kesehatan tubuh yang baik.

Baca juga: 8 Contoh Iklan Bahasa Jawa

3. Mempromosikan dan Meningkatkan Penjualan

Hal yang paling mudah dipahami tentang iklan tentu saja sebagai media promosi. Sudah ada banyak sekali contoh iklan yang menjadi media promosi suatu produk tertentu. Mempromosikan suatu produk tentunya akan diiringi dengan meningkatnya penjualan suatu produk tertentu.

Pada iklan-iklan yang berkaitan dengan mempromosikan suatu produk tertentu biasanya diikuti dengan kalimat-kalimat persuasif yang memancing daya tarik masyarakat. Selain itu, kalimat-kalimat tersebut difokuskan pada kelebihan-kelebihan yang ada pada produk tersebut.

Kelebihan dari produk yang diiklankan itulah yang menjadi daya tarik produk tersebut kepada masyarakat selaku konsumen.

Baca juga: Pantun: Pengertian, Etimologi, Sejarah, Ciri, dan 8 Contohnya

Jenis Teks Iklan

Jenis Iklan
(Freepik)

Ada berbagai macam jenis pengelompokkan iklan. Pengelompokkan ini memiliki perbedaan, mulai dari tujuannya, isinya, cara penulisannya, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah jenis-jenis iklan:

Jenis Iklan berdasarkan Tujuan

Iklan berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi dua, yaitu iklan komersial dan non-komersial, berikut ini rinciannya:

  1. Iklan komersial, yaitu iklan tersebut bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan.
  2. Iklan non-komersial, yaitu iklan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat.

Jenis Iklan Berdasarkan Media

teks iklan
(EMC Outdoor)

Iklan berdasarkan media dibedakan menjadi dua, yaitu iklan cetak dan elektronik.

  1. Iklan cetak, yaitu iklan yang dipasang pada media yang menggunakan teknik cetak yang berupa sablon, letterpress, dan lain sebagainya. Contoh iklan cetak yaitu iklan yang terdapat di surat kabar, majalah, poster, stiker, dan lain sebagainya.
  2. Iklan elektronik, yaitu iklan yang memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik yaitu iklan luar ruang, radio, televisi, film, dan internet.

Jenis Iklan Berdasarkan Isi

Iklan berdasarkan media yang dipakai dibedakan menjadi tiga, yaitu pemberitahuan, penawaran, dan layanan masyarakat.

  1. Iklan pemberitahuan, yaitu iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan yaitu iklan berita duka cita, iklan reuni alumni sekolah, dan lain sebagainya.
  2. Iklan penawaran, yaitu iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat umum. Contoh iklan penawaran yaitu iklan penawaran produk (misalnya smartphone, laptop, dan lain-lain), iklan penawaran jasa (misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain).
  3. Iklan layanan masyarkat, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat ini dibuat oleh suatu lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.

Baca juga: Menjual Rumah dengan Menggunakan Jasa Iklan

Struktur Teks Iklan

teks iklan
(Shutterstock)

Untuk membuat teks iklan yang menarik, maka kamu perlu menggunakan teks iklan dengan struktur yang baik pula. Terdapat beberapa struktur atau susunan pembuatan teks iklan, di antaranya:

Judul

Sebuah iklan tentunya akan lebih jelas jika diberikan judul yang sesuai dengan sesuatu yang ingin di promosikan atau diiklankan. Judul dari teks iklan terletak pada bagian paling atas, agar dapat dilihat pertama kali oleh orang.

Pada umumnya judul merupakan kejelasan yang digunakan oleh pembuat iklan untuk memberikan informasi melalui judul. Akan tetapi, tidak semua iklan mencantumkan judul pada teks iklan yang mereka buat.

Nama Barang atau Jasa

Struktur atau susunan yang kedua dalam pembuatan teks iklan yaitu mencantumkan nama barang atau jasa yang ingin di promosikan kepada khalayak umum. Masyarakat yang ingin membeli suatu barang atau jasa tentunya harus tahu dan mengerti barang atau jasa apakah yang sedang dipromosikan kan di dalam iklan tersebut.

Nama barang atau jasa yang ditawarkan juga dapat dijadikan sebagai identitas agar masyarakat dapat lebih mudah menghafal dan mengetahui nama produk atau jasa dari suatu iklan.

Deskripsi

Deskripsi pada teks iklan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dapat menarik perhatian dari para konsumen. Pada bagian deskripsi barang atau jasa akan dijelaskan dan dituliskan dengan kalimat semenarik mungkin untuk dapat menarik perhatian dari masyarakat.

Selain menggunakan kalimat yang menarik, bagian deskripsi juga memuat tentang cara mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkan dengan mencantumkan alamat atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

Kaidah Penulisan Teks Iklan

(Forbes)

Dalam membuat teks iklan terdapat beberapa aturan terkait dalam bahasa yang digunakan, di antaranya:

Menggunakan Slogan

Suatu teks iklan tentunya harus dapat mudah diingat dan menarik perhatian bagi para masyarakat untuk dapat membeli barang atau jasa yang dipromosikan di dalam sebuah iklan. Salah satu hal yang dapat membuat produk atau jasa tersebut mudah dimengerti oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan slogan.

Slogan adalah kalimat yang mudah diingat, yang memiliki sifat menarik dan mencolok. Pada umumnya kalimat slogan perubahan susunan kata tertentu yang memberikan penjelasan secara singkat mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan barang atau jasa agar dapat lebih mudah untuk diingat oleh masyarakat.

Contoh slogan:

  • Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhimu
  • Nikmatnya sesaat, Nyeselnya sampai akhirat

Menggunakan Kalimat Persuasif

Agar sebuah iklan dapat menarik maka di dalam teks iklan digunakan kalimat persuasif yang bertujuan untuk dapat meyakinkan serta membujuk para pembaca atau masyarakat untuk dapat menerima pendapat yang dituliskan oleh penulis.

Kalimat persuasif dituliskan dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih yakin untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Contoh kalimat persuasif:

  • Ayo rajin belajar agar menjadi insan yang pintar!
  • Ayo menabung untuk masa depan yang beruntung!

Menggunakan Subjek Orang Pertama

Di dalam suatu iklan, teks iklan dibuat dengan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal atau jamak. Contoh kata tunggal misalnya seperti saya, aku, kami yang merupakan kata ganti dari instansi pembuat iklan.

Ciri-ciri Teks Iklan

teks iklan
(Business Magazine)

Suatu teks iklan tentunya memiliki ciri-ciri atau karakteristik khusus. Berikut ini ciri-ciri teks iklan:

  • Fokus terhadap pembahasan tentang barang atau jasa yang ingin mempromosikan atau ditawarkan.
  • Memiliki sasaran yang jelas dan tepat dengan menentukan target konsumen. Penentuan target tersebut haruslah terdapat paket utama dan target kedua untuk menentukan penetapan media untuk pasang iklan yang bergantung kepada target dari konsumen melalui kualitas, harga, distribusi atau jangkauan pemasaran.
  • Itu yang disajikan dengan menggunakan konsep yang semenarik mungkin, karena menarik atau tidaknya suatu barang atau jasa yang dipromosikan akan dapat mempengaruhi pembaca atau audience merasa yakin untuk membeli barang atau jasa tersebut.
  • Iklan yang disajikan harus memiliki daya tarik tersendiri agar para konsumen yang menjadi sasaran atau target dari iklan dapat memperhatikan isi dari iklan dan mau membeli barang atau jasa yang dipromosikan. Daya tarik dapat disajikan dengan menggunakan kalimat yang unik dan menarik serta menggunakan layout atau tampilan yang menarik pula.
  • Memilih slogan dengan menggunakan kata-kata yang padat, singkat dan jelas. Kalimat slogan tersebut berisikan mengenai gambaran terhadap headline agar para konsumen dapat membaca iklan secara lebih detail.
  • Menggunakan kalimat persuasif, yaitu kata-kata yang menarik, membujuk, dan meyakinkan pembacanya untuk menggunakan produk/jasa tersebut.
  • Menggunakan pemilihan kata atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh kalangan masyarakat atau target market.
  • Memakai slogan atau tagline sehingga iklan tersebut akan mudah diingat oleh pembacanya dan akan lebih terkenal.
  • Informasi tersampaikan secara komunikatif dan informatif.
  • Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.

Ikaln yang baik juga memiliki beberapa unsur komunikasi antara lain:

  • Iklan berisikan mengenai headline yang yang berupa kalimat singkat padat dan jelas dan tidak lebih dari 10 kata. dari headline tersebut diharapkan para konsumen dapat langsung mendapatkan banyak informasi tentang barang atau jasa yang dipromosikan.
  • Pengirim sebuah iklan adalah produsen atau yang biasa dalam dunia periklanan diwakili oleh biro iklan.
  • Iklan disajikan melalui media komunikasi seperti melalui media elektronik (radio, televisi, internet), media cetak ( majalah, koran) atau berbagai jenis media promosi yang lainnya.
  • Penerima iklan konsumen yang menjadi sasaran dari penjualan barang atau jasa.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan dengan iklan CPM

Syarat Teks Iklan

teks iklan
(Retail Gazette)

Jika ingin membuat teks iklan yang baik dan menarik, maka Pins harus memenuhi syarat-syarat pembuatan teks iklan, di antaranya:

Syarat Iklan Berdasarkan Isinya

  • Harus bersifat objektif dan jujur
  • Memuat kalimat yang singkat, padat dan jelas serta mudah dipahami
  • Tidak menyinggung perasaan orang lain
  • Menarik perhatian orang banyak

Syarat Iklan Berdasarkan Bahasa

  • Menggunakan kalimat yang tepat, menarik perhatian, dan sopan
  • Kalimat atau kata yang diungkapkan bersifat memikat perhatian dari masyarakat.
  • Menggunakan bahasa yang menonjolkan informasi yang penting
  • Suatu teks iklan harus menuju tepat pada sasaran

Tips Membuat Iklan

(Forbes)

Kreatif adalah kunci utama dalam membuat iklan yang baik dan menarik. Agar dapat membuat iklan yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat, berikut adalah beberapa tips yang bisa Pins gunakan:

1. Tidak Menjatuhkan Pesaing

Fokuslah pada produk barang atau jasa yang diiklankan tanpa harus menjatuhkan pesaing. Untuk membuat iklan memang paling mudah dengan cara menjatuhkan pesaing, tetapi hal tersebut kurang baik.

Oleh karena itu, lebih baik iklan yang dibuat berisikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh produk atau jasa agar memiliki nilai yang positif di masyarakat. Iklan yang baik memang sebaiknya memiliki konotasi positif di masyarakat.

Sebaiknya hindari pilihan kata atau gambar yang memiliki konotasi negatif, apalagi jika iklan yang dibuat sampai menyinggung tentang SARA. Dengan fokus pada kelebihan-kelebihan produk, tentu masyarakat akan lebih tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang diiklankan.

2. Menggunakan Kalimat Ajakan

Dalam membuat iklan, baik itu iklan untuk produk barang atau jasa, utamakan menggunakan kalimat ajakan. Kalimat ajakan ini bisa tersurat langsung dengan menggunakan kata-kata seperti “Ayo”, “Belilah”, “Gunakanlah” atau bisa juga tersirat dengan cara menampilkan penggunaan produk barang atau jasa tersebut.

Secara umum, iklan memiliki tujuan untuk mengajak seseorang baik untuk membeli, menggunakan, atau melakukan sebuah kegiatan. Sehingga menggunakan kalimat ajakan tentu lebih efektif, terutama dalam iklan layanan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat.

3. Menggunakan Kalimat Informatif dan Mudah Dipahami

Selain berbentuk ajakan, buatlah teks iklan dengan kalimat yang mudah dipahami. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang informatif.

Pada dasarnya, iklan juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi terkait produk barang atau jasa. Maka sebaiknya informasi tersebut disampaikan dengan kalimat-kalimat yang mudah dipahami sehingga tujuan pembuatan iklan dapat tercapai.

Penggunaan kalimat yang informatif akan membuat orang mudah memahami produk barang atau jasa yang sedang diiklankan. Selain itu, dengan kalimat yang mudah dipahami tentu akan membuat orang lebih mudah mengingat hal-hal yang berkaitan dengan produk barang atau jasa tersebut.

4. Menggunakan Desain Kreatif Seunik Mungkin

Semakin kreatif dan menarik iklan yang dibuat, maka akan semakin membuat orang tertarik akan produk barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, desain yang dibuat tentu harus sekreatif dan seunik mungkin.

Salah satu cara agar dapat menciptakan iklan yang kreatif adalah dengan melakukan brain storming. Apapun bentuk iklannya, terutama untuk media elektronik, sebuah konsep iklan yang menarik menjadi dasar yang penting. Selain itu, selalu up to date dengan isu-isu terkini juga bisa menjadi ide yang menarik untuk pembuatan iklan.

Baca juga: 16 Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Dalam Bahasa Inggris Yang Harus Kamu Ketahui

Contoh Teks Iklan

Suatu teks iklan harus ditulis dengan menggunakan kalimat atau bahasa yang dapat menarik perhatian dari masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini contoh teks iklan yang menarik berdasarkan jenisnya:

Contoh Iklan Baris

(media ant)

Iklan baris adalah jenis iklan barang dan jasa yang dibuat secara singkat yang terdiri dari beberapa baris saja. Jenis iklan ini umumnya ditemukan di surat kabar. Iklan baris harusnya berisi informasi yang padat dan jelas. Berikut beberapa contoh iklan baris.

  • DIBUTUHKAN KARYAWAN TEKNISI SALON BODY MOBIL YG SUDAH BERPNGALMAN LOKASI JKT PUSAT HUB. 0821736548.
  • DIBUTUHKAN PRIA, LULUSAN S1, POSISI ADM, ANTR LMRN KE CV.PINTAR MANDIRI, JL LET JEND SUPRAPTO NO. 8 KORPRI : 072182773.
  • Jual Rumah Jl. Palagan Tentara Pelajar LT 360m Typ 70 8KT Carport Jln lebar SHM Hrg 1,5M Hub: 086974857.
  • Dijual HP Gallaxy S1234 new, quadcore, Ram 2Gb, jack, bluetooth, USB, harga WA 085663665561 (hana).
  • DIBUTUHKAN TENAGA DISTRIBUSI BAJU , um.20-28 thn llsn SMK, serius hub.081434662773.
  • Dibutuhkan pegawai Wanita llsn SMA max 27th, bg yang brmnat bw lmrn ke Difa Fashion Jl.Gagak No.109 Jkt Pusat.

Contoh Iklan Jasa

(Gojek)

Iklan jasa adalah jenis iklan yang berisi tentang penawaran suatu jasa tertentu untuk mendapatkan konsumen. Contohnya iklan laundry, service barang elektronik, dan lain sebagainya. Berikut contoh iklan jasa yang diambil dari Gojek:

“Ini kisah para cendikiawan, anak bangsa yang berkarya dengan kecerdikan segala perkara dapat dituntaskan. Mereka menantang aturan klasik kuah mie bakso kompak satu plastik dan bukan demi eksistensi, namun rana lebih untuk memperkaya gallery selfie.

Terus melangkah dengan ruang gerak yang minimal melampaui batas dengan penuh akal. Jadilah cerdikiawan dan raih ragam solusi untuk setiap situasi. Layaknya aplikasi karya anak bangsa. Pasti ada jalan dengan Gojek.”

Baca juga: 6 Contoh Surat Gadai Tanah Lengkap dengan Cara Membuatnya!

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

teks iklan
(Detik.com)

Iklan layanan masyarakat adalah contoh teks iklan yang tidak bertujuan untuk promosi. Tujuan iklan layanan masyarakat lebih banyak kepada himbauan atau informasi yang berkaitan dengan nilai-nilai di masyarakat.

Misalnya himbauan untuk senantiasa minum air putih, peringatan untuk membayar pajak tepat waktu, hingga larangan untuk membuang sampah atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Meski pembuat iklan juga tetap bertujuan untuk memasarkan produknya dengan cara menaruh gambar produk dalam iklan tersebut, tetapi kalimat yang digunakan bukan kalimat yang bertujuan untuk menggunakan produk tersebut.

Sebagai contoh kalimat dalam iklan layanan masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan: “Ayo cuci tangan; Tangan Bersih Kuman pun Mati.”

Contoh Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman

Selain berfungsi sebagai media promosi, iklan juga bisa digunakan sebagai media yang berisi pemberitahuan atau pengumuman. Pemberitahuan atau pengumuman yang diiklankan bisa berupa pemberitahuan suatu produk atau pengumuman sebuah acara atau event.

Iklan pemberitahuan juga tidak selalu langsung bertujuan mendongkrak penjualan meski ada juga yang seperti itu. Berikut ini adalah contoh kalimat iklan yang biasa digunakan pada iklan pemberitahuan atau pengumuman:

“Kini telah hadir, obat pembersih darah yang menggunakan bahan alami yang sudah teruji di laboratorium”. Atau contoh iklan yang lain misalnya “Tertarik tinggal di apartemen tapi dengan biaya murah? Apartemen Abadi solusinya. Murah dan bisa dicicil.”

Baca juga: 8 Contoh Surat Cuti Melahirkan, Lengkap untuk Semua Karyawan

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

contoh iklan baris
(wise geek)

Iklan ternyata tidak hanya digunakan untuk memasarkan produk berupa barang, tetap jasa. Salah satunya adalah iklan lowongan pekerjaan. Iklan lowongan pekerjaan ini biasanya diterbitkan oleh media-media cetak melalui surat-surat kabar.

Meski kini juga sudah merambah melalui media elektronik. Iklan lowongan pekerjaan lebih banyak menggunakan kata-kata, gambar, dan bukan video. Khusus untuk iklan lowongan pekerjaan perlu informasi yang mendetail, terutama soal perusahaan dan kriteria calon pekerja.

Contoh kalimat yang bisa digunakan dalam iklan lowongan pekerjaan guru les untuk mata pelajaran Fisika secara sederhana sebagai berikut, “Dibutuhkan guru les part-time untuk mata pelajaran Fisika kelas XII dengan gaji yang memuaskan.”

Contoh Iklan Penjualan Mobil Bekas

Tidak hanya barang baru yang bisa diiklankan. Beberapa barang bekas yang masih bernilai tentunya bisa dijual kembali. Salah satunya adalah mobil bekas atau mobil-mobil yang berusia tua. Beberapa kolektor tentu tidak sungkan untuk membeli mobil-mobil tua yang antik dengan harga tinggi.

Dalam iklan penjualan mobil bekas beberapa informasi harus diberikan secara lengkap agar pembeli tidak tertipu. Informasi seperti jenis mobil, tahun keluaran, dan sebagainya tentu sebaiknya dicantumkan karena penting diketahui. Berikut contoh kalimat iklan penjualan mobil bekas:

“Dijual, Mobil Mercedez Benz keluaran tahun 1970. Kondisi masih mulus, surat-surat lengkap, harga murah.”

Baca juga: 10 Contoh Surat Jalan Barang Beserta Definisi & Fungsinya

Contoh Iklan Rumah atau Apartemen

contoh iklan baris
(MyVillager)

Kemudian ada juga iklan yang mempromosikan rumah baik termasuk juga rumah kost atau rumah kontrakan termasuk juga apartemen. Pada iklan yang melibatkan properti seperti ini hal yang bisa ditonjolkan antara lain lokasi properti dan tentunya harga.

Berikut adalah contoh kalimat iklan yang bisa dipakai dalam iklan rumah atau apartemen:

“Bekerja di kota metropolitan seperti Jakarta tentu menjadi impian banyak orang. Sayangnya, dengan harga rumah yang sangat mahal tentunya dihindari jika tidak ingin gaji bulanan habis begitu saja.

Namun jangan khawatir, Apartemen ABC hadir sebagai solusi. Lokasinya strategis berada di tengah kota Jakarta. Murah, bisa dicicil dengan bunga nol persen.”

Contoh Iklan Furnitur

Furnitur menjadi suatu barang yang sudah lekat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Ada banyak sekali jenis furnitur yang dijual di dunia ini. Masing-masing merek furnitur tentu memiliki keunggulan dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, tugas iklan furnitur sekarang adalah bagaimana membuat merek furnitur tersebut memiliki kelebihan dibanding merek lainnya. Beberapa kelebihan furnitur yang bisa ditonjolkan antara lain material yang digunakan, daya tahan, atau juga modelnya.

Contoh teks iklan furnitur yang bisa digunakan salah satunya: “Kursi yang keras tentu bukan idaman. Kursi XYZ, terbuat dari bahan kain berpadu dengan sponge lembut yang sangat nyaman. Masih ingin beralih?”

Baca juga: 8 Contoh Surat Cuti Menikah, Karyawan Wajib Tahu!

Contoh Iklan Makanan

(Flicker)

Untuk mengiklankan produk makanan tentu harus lebih berhati-hati, karena makanan adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia. Iklan produk makanan yang baik tentu disertai dengan pemberian informasi terkait bahan yang digunakan dan kandungan gizi yang berada di dalamnya.

Soal rasa memang sudah menjadi hal wajib untuk diinformasikan kepada masyarakat. Salah satu contoh kalimat iklan produk makanan yang bisa digunakan misalnya:

“Cobalah sate jamur yang satu ini. Enak dan bergizi. Dibuat dari jamur yang segar dan melalui proses pengolahan yang higienis. Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Segera santap nikmatnya sate jamur dan dapatkan cashback 50%.”

Selain itu, ada juga contoh teks iklan Chitato sebagai berikut:

“Saat semua lagi ngumpul, menang atau kalah kita bareng, kita bangga sama-sama. Terimakasih untuk semua yang udah kita lewati dan teruslah jadi inspirasi kami berinovasi menciptakan rasa dan pengalaman yang akan selalu dinanti. Chitato Life Is Never Flat!”

Contoh Iklan Minuman

Seperti halnya iklan makanan, iklan minuman adalah jenis iklan yang berisi informasi mengenai suatu produk minuman. Berikut kami berikan contohnya:

“Kehilangan ion saat berkeringat dapat membuatmu cepat lelah, keringat kita terdiri dari ion dan air. Pocari Sweat cepat kembalikan ionmu. Go ion Pocari Sweat.”

Baca juga: 14 Contoh Teks Eksplanasi dengan Penjelasannya

Contoh Iklan Event Atau Acara

Untuk event-event seperti konser, kehadiran bintang tamu idola adalah hal yang paling diharapkan. Selain itu, harga tiket yang terjangkau menjadi nilai tambah. Teks iklan yang bisa digunakan untuk membuat contoh iklan event berupa konser salah satunya berikut ini:

“Jangan lewatkan konser dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Berlokasi di lapangan Sutomo. Menghadirkan bintang tamu-bintang tamu dari ibu kota.

Dapatkan tiketnya melalui ticket box yang ada di depan kantor gubernur. Tersedia tiket pre-sale dengan harga murah. Segera dapatkan sebelum kehabisan.”

Contoh Iklan Aplikasi Untuk Liburan

Kebutuhan liburan tentu sangat penting agar tubuh dan pikiran bisa kembali segar. Bekerja terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan mental. Memanfaatkan adanya promo tiket pada aplikasi untuk liburan menjadi hal yang bagus untuk iklan.

Contoh kalimat yang bisa digunakan untuk iklan aplikasi liburan adalah sebagai berikut:

“Jenuh dengan pekerjaan? Lelah dengan segala drama yang ada di kantor? Istirahatkan mental dan fisik sejenak dengan berlibur ke Yogyakarta. Manfaatkan promo hotel dan tiket jika melakukan pemesanan melalui aplikasi LIBURAN.

Masukkan kode voucher LIBURANYUK untuk mendapatkan potongan hingga 30% dan dapatkan fasilitas ternyaman untuk kamu selama liburan.”

Contoh Iklan Telepon Selular

teks iklan
(Sinergi Media Advertising)

Telepon selular saat ini menjadi barang yang paling penting. Keberadaan telepon seluler saat sangat penting mengingat telepon seluler memiliki fungsi yang sangat banyak. Kecanggihan telepon seluler satu dengan yang lain menjadi perang bagi setiap produsen telepon seluler.

Teks iklan yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk telepon selular adalah sebagai berikut:

“Dengan kamera belakang super wide yang ada di telepon seluler DEFG, cocok bagi yang suka fotografi menggunakan tanpa perlu ribet. Telepon seluler DEFG menggunakan sistem operasi terbaru dan memori besar. Dengan harga Rp 4…….,- maksimalkan hobi fotografi kamu dengan kamera super wide dari telepon seluler DEFG.”

Baca juga: Contoh Iklan Media Cetak, bagaimana cara membuat yang benar?

Contoh Iklan Kesadaran Tentang Pengurangan Penggunaan Plastik

Dalam rangka menjaga lingkungan, kegiatan pengurangan penggunaan plastik saat ini sedang digalakkan. Kegiatan yang sangat positif ini diharapkan mampu menjaga lingkungan dari kerusakan yang semakin parah.

Hingga kini, semakin banyak iklan-iklan yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik. Berikut ini adalah contoh kalimat yang bisa digunakan dalam iklan kampanye tersebut:

“Alam semakin rusak. Laut-laut semakin kotor dengan tumpukan plastik. Ayo kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Diet plastik demi anak cucu kita bisa melihat laut yang cantik.”

Agar kalimat tersebut semakin kuat, lebih baik ditambahkan dengan gambar yang powerfull seperti foto kerusakan dan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan plastik.

Itulah penjelasan lengkap tentang pengertian, tujuan, manfaat, ciri, dan contoh teks iklan. Sebenarnya masih ada banyak sekali contoh iklan yang bisa ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Namun, beberapa contoh di atas merupakan contoh teks iklan yang menarik dari Pinhome. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia