BlogLifestyleEdukasiContoh Teks MC Seminar yang Berkualitas dan Tipsnya
0
0

Contoh Teks MC Seminar yang Berkualitas dan Tipsnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Okt 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Contoh Teks MC Seminartop-right-banner

Pins ingin menjadi seorang MC atau Master of Ceremony dalam sebuah acara seminar? Tentunya Kamu membutuhkan tips dan contoh teks MC yang berkualitas. Membuat teks MC tidak bisa dilakukan sembarangan, Pins perlu memahami flow acara agar bisa berjalan dengan seru dan lancar. Teks MC yang tepat akan membuat Kamu menjadi MC yang berkualitas di hadapan khalayak umum. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui contoh teks MC terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi!

Sama seperti ketika kamu memilih rumah berkualitas, kamu mungkin bisa memilih fitur pilihan Rumah Ekslusif dari Pinhome. Lalu, jika Kamu menginginkan rumah yang sudah jadi tanpa harus menunggu pembangunan, Kamu dapat menemukannya di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung.

Tips Menjadi Seorang MC Seminar

Contoh Teks MC Seminar
Source : Thespeechcoach.com.au

Untuk menjadi seorang MC atau seorang pembawa acara webinar, maka Pins harus memiliki bekal yang cukup. Sama seperti ketika Pins memutuskan untuk tinggal di suatu tempat seperti terdapat rumah pilihan berkualitas seperti Perumahan Grand Sharon Residence sebagai perumahan di Kota Bandung yang terbaik. Hal itu agar tidak salah dalam menyampaikan isi dari acara webinar tersebut.

Sebelum acara seminar atau webinar dimulai, maka sebaiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatan teks MC atau jika perlu menghafalnya. Supaya ketika acara dimulai kita tidak salah dalam menyampaikannya dan acara dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, kesiapan mental juga cukup penting agar Pins tidak gugup selama berjalannya acara.

Tips Menyampaikan Susunan Acara Seminar (Webinar)

Selain membutuhkan contoh teks MC seminar, Kamu tentunya membutuhkan tips untuk menyampaikan susunan acara agar lebih seru. Berikut tips dalam menyampaikan bagian teks acara susunan seminar yang baik dan jelas. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tenang dan santai (kuasai suasana panggung).
  • Tidak kaku dalam menyampaikan acara atau pendapat.
  • Percaya diri dan anggap panggung milik sendiri.
  • Baca atau hafalkan teks sebelum acara dimulai.
  • Catat susunan acara dan kata-kata yang akan diucapkan jika perlu.

Dengan tips di atas, ketika acara dimulai dan sedang menjadi MC Kamu tidak akan lagi merasa gugup. Tentunya, kesiapan yang cukup akan menunjang kelancaran acara seminar. Kamu juga dapat mengetahui contoh teks MC lamaran pernikahan beserta tipsnya.

Contoh Naskah MC Seminar Formal

Source : iStock

Contoh yang pertama adalah untuk menjalankan seminar dengan tema formal. Contoh teks MC seminar yang formal ini akan membantu Pins untuk mendapatkan gambaran bagaimana susunan acara dapat dilangsungkan. Berikut contohnya! Sebelum itu, jika Pins tertarik untuk menjadi MC di acara perpisahan wisuda, Kamu dapat mengenal teks MC perpisahan wisuda beserta contohnya!

Muqodimah

Bismillah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • Selamat siang untuk semua
  • Salam sehat
  • Salam bahagia
  • Dan salam sejahtera untuk kita semua

Alhamdulillahirobbilalamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya iwal mursalin syaidina wa maulana Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi aj ma’in. Amma ba’du.

  • Yang terhormat kepada Bapak Prof ….. selaku Direktur Pascasarjana Univ. Semarang
  • Yang terhormat kepada Ibu Dr ….. selaku Kaprodi ….. Pascasarjana Univ. Semarang
  • Dan yang terhormat kepada seluruh para narasumber yang sudah hadir di dalam acara Seminar …..
  • Serta yang terhormat kepada Bapak/Ibu peserta webinar series yang Insya Allah berbahagia ini.

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya.

Sehingga pada kesempatan yang bahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat rizki sehingga kita masih dipertemukan di tempat yang Insya Allah berkah ini. Amiin Amiin Ya Robbal Alamin.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabihullah Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-sahabat-nya.

Kerena berkat beliaulah kita dapat menikmati kehidupan yang penuh dengan kemuliaan ini, Amiin Ya Robbal Alamin.

Untuk mempersingkat waktu, sebelum acara seminar hari ini dibuka, Maka perkenankan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan-susunan acara kali ini yakni:

Acara yang pertama:

  • Pembukaan
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Univ. Semarang
  • Sambutan-sambutan
  • Pemaparan isi materi sekaligus diskusi dan tanya jawab
  • Doa
  • Penutup

Pembukaan

Untuk mempersingkat waktu marilah kita buka acara hari ini dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan membaca Surat Al-fatihah.

Menyanyikan Lagu Kebangsaan

Acara selanjutnya yakni menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang akan dipandu oleh Hymne Univ. Semarang, waktu dan tempat kami persilakan.

Sambutan-Sambutan

Bagian acara selanjutnya yakni sambutan yang akan di sampikan oleh Bapak Prof ….., kepada beliau, waktu dan tempat kami persilakan.

Acara Inti

Acara yang selanjutnya, acara yang kita nanti-natikan yakni isi materi sekaligus diskusi dan Tanya jawab, Kepada Bapak Drs ….., kepada beliau, waktu dan tempat kami persilakan.

Doa

Alhamdulillah acara demi acara sudah selesai, selanjutnya doa yang akan di pimpin oleh Bapak Drs ….., kepada beliau, waktu dan tempat kami persilakan.

Alhamdulillah semoga dari doa bersama kita tadi dapat mempermudah dalam menangkapan, pemahaman, serta dalam mengamalkan-nya atas ilmu dan pengalaman yang sudah kita dapat. Amiin Amiin Ya Rabbal Alamin.

Penutupan

Untuk yang terakhir penutupan, sebelum kita tutup bersama saya selaku MC pembawa acara pertemuan seminar hari ini. Memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu serta seluruh para peserta webinar. Sekian mari kita tutup bersama acara webinar kali ini dengan bacaan Hamdallah dan doa Kafa’ratul Ma’jelis.

“Alhamdulillahi Rabbil Alamin, Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilia”, Sekian.

Billahittaufik wal hidayah wal innayah, waliraddah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Baca Juga: Contoh Teks MC Perpisahan Wisuda

Contoh Teks MC Seminar Non-Formal

Contoh Teks MC Seminar
Source : Pixabay

Untuk naskah atau teks MC seminar non-formal sama dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, namun dengan pembawaan yang lebih santai dan diselingi dengan gurauan. Pada dasarnya isi dari MC atau pembawa acara susunan sama saja meski beda tema. Pins hanya perlu sedikit mengubah sesuai kebutuhan dan keperluan saja. Kuncinya hanya jangan dibuat panik dan selalu membawakan acara dengan santai serta tenang. Berikut ini contoh teksnya untuk melaksanakan acara Festival Band Pelajar:

Sebelum beranjak ke pembukaan, Kamu dapat mengikuti muqodimah yang telah dijabarkan sebelumnya di atas. Jika Kamu tiba-tiba terpilih menjadi MC di acara reuni sekolah Kamu, jangan panik! Pins dapat mengetahui contoh teks MC reuni yang formal, seru, dan up to date.

Pembukaan

Pada susunan acara bagian pembukaan di seminar non-formal, kita dapat mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada audiens! Setelah itu, Kamu dapat memberi tahu audiens susunan acara pada kegiatan tersebut.

  • Halo selamat pagi semuanya
  • Bagaimana kabar kalian?
  • Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu!
  • Setelah ini kalian akan mengikuti rangkaian acara Festival Band Pelajar yang akan dipandu oleh saya (perkenalkan diri)

Sambutan dari Ketua Panitia Penyelenggara Acara Festival Band Pelajar

  • Sebelum kita beralih ke acara yang kalian tunggu-tunggu, mari kita dengar bersama-sama sambutan dari Ketua Panitia Penyelenggara Acara Festival Band Pelajar. Tanpa campur tangan Ketua Panitia dan tim jajarannya kalian ga bisa nonton acara ini loh! Dipersilakan kepada Mas/Mba …. untuk memberikan sambutan hangat kepada penonton kita nih!

Acara Inti, Pentas Seni

  • Teman-teman sekalian masih semangat kan? Langsung saja kita memasuki acara inti, yaitu penampilan pentas seni dari Band Pelajar. Tetapi sebelum itu, saya ingin mendengar suara para penonton nih dalam hitungan ketiga, semua bersorak! Band Pelajar yang tampil pertama (boleh disebutkan nama band-nya) dipersilakan menaiki panggung!
  • Band berikutnya dapat membuat Kamu merasakan nostalgia bersama mantan pacar nih! Mereka akan membawakan lagu “Mantan Terindah”

Pergantian-pergantian band selanjutnya dapat Kamu kreasikan dengan pembawaan yang asik dan tetap memberikan semangat kepada para penonton.

Penutup

  • Wah sedih sekali rasanya acara pentas seni kita sudah sampai di penghujung acara, semoga kita semua sama-sama terhibur dari adanya acara ini! Saya (nama) selaku pemandu acara kali ini pamit undur diri dan meminta maaf apabila masih terdapat kekurangan. Salam!

Itulah contoh teks MC seminar yang bisa Pins jadikan sebagai acuan untuk membuat teks MC dan memimpin jalannya acara. Usahakan untuk tetap tenang ya Pins, selamat mencoba!

Baca juga: Simak, Contoh Teks MC Rapat Kerja

Featured Image Source: Quipper


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen Nuansa Pondok Kelapa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download