Definisi, Struktur, Jenis, dan Contoh Teks Eksposisi!

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ November 8, 2022 ∙ 22 menit membaca

Dalam membuat sebuah informasi yang berbentuk artikel atau teks, kita harus mengetahui apa yang akan diinformasikan melalui teks tersebut sehingga pembuatan teks tersebut sesuai dengan tujuannya.

Teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang sering dipakai dalam membuat sebuah artikel, biasanya teks jenis ini dapat ditemukan di artikel-artikel berita di surat kabar.

Teks eksposisi bersifat ilmiah (non fiksi), isi dari teks eksposisi memiliki tujuan untuk menjelaskan atau menerangkan informasi dengan singkat, akurat, dan padat kepada pembaca.

Baca juga: 10 Contoh Judul PKM AI (Artikel Ilmiah) yang Didanai Oleh Dikti

Apa Itu Teks Eksposisi?

(CNN)

Dalam menyusun teks eksposisi, tidak seperti menyusun teks narasi yang terus membuat alur cerita agar lebih menarik. Penyusunan teks eksposisi harus memiliki perbendaharaan kata yang banyak, sehingga dalam penulisan mampu menyajikan informasi yang singkat, padat, dan jelas.

Jika Anda ingin membuat teks eksposisi, sebelum Anda buat teks tersebut, sebaiknya Anda lihat artikel-artikel berita pada surat kabar terlebih dahulu.

Fakta-fakta yang disusun dalam teks eksposisi harus bisa menciptakan susunan yang runut, yaitu dengan menggunakan kata sambung atau konjungsi.

Kata sambung yang digunakan seperti kausalitas “dengan demikian, oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi” disebut juga kata sambung sebab akibat, yang kedua konsesif “namun, akan tetapi, meskipun demikian” disebut juga kata sambung pertentangan, dan yang terakhir kronologi “kemudian, lalu” yang digunakan untuk menghubungkan lanjutan.

Teks eksposisi memiliki ciri-ciri tertentu sehingga bisa dengan mudah menemukanya, ciri-ciri tersebut yaitu isi dari seluruh teks eksposisi berisi informasi-informasi yang bersifat ilmiah atau fakta, seperti artikel berita ataupun pengetahuan.

Ciri lainnya yaitu informasi yang di berikan bersifat mengajak, penyampaiannya secara lugas dengan menggunakan bahasa baku, serta fakta yang dibuat merupakan alat kontribsi dan juga alat kontritasi.

Struktur Teks Eksposisi

(Learning Difficulties Australia)

Dalam membuat sebuah teks atau artikel, sangat penting sekali mengetahui struktur teks tersebut terlebih dahulu, agar mempermudahkan dalam pembuatan teks tersebut.

Teks eksposisi memiliki struksur teks yang khas sehingga memiliki perbedaan dengan jenis teks lainnya. Dengan kata lain, struktur teks itu adalah kerangka dalam penyusunan teks, struktur teks eksposisi memiliki 4 bagian struktur teks, yaitu pembukaan, tesis (pendapat), argumen, dan penutup.

Untuk lebih jelas bisa simak penjelasannya dibawah ini:

Pembukaan Teks Eksposisi

Bagian pembukaan merupakan bagian yang berisi tentang pandangan si penulis dalam menempatkan topik yang diambil dalam rangkaian yang relevan, pandangan awal ini bisa ditambahkan atau bisa juga ditiadakan, jadi hanya sebatas opsi.

Pendapat Teks Eksposisi

Bagian pendapat atau tesis merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan teks eksposisi, bagian ini berisikan pendapat penulis terhadap topik yang diangkat dalam teks tersebut.

Pendapat penulis sebagai gagasan utama dari topik yang diangkat disertai dengan fakta yang ada, dibagian ini penulis boleh mengemukakan pendapatnya entah berpendapat iya atau tidak, halal atau haram terhadap topik yang ia angkat tersebut.

Contoh bagian pendapat :

“Kupu-kupu merupakan sejenis serangga dengan memiliki 6 kaki, 2 antena, 2 sayap atas, 2 bawah sayap, kepala, dada, perut, dan probiscus yang bagian tubuhnya tersebut digunakan untuk meminum nektar bunga.

Mereka terbang untuk mencari nektar pada bunga-bunga, kupu-kupu menjadi serangga penyerbuk tanaman sehingga sangat membantu bunga untuk menjadi buah.

Salah satu bunga pada tanaman yang mereka bantu untuk penyerbukannya adalah bunga jambu air, sehingga sering terlihat serbuk sari dari bunga jambu terhampat di bawah-bawah pohon jambu tersebut.”

Argumen Teks Eksposisi

Bagian argumen merupakan bagian yang berisikan alasan yang berupa bukti untuk mendukung pendapat Anda pada bagian tesis. Argumen berisi penjelasan lebih dalam mengenai pendapat yang dibenarkan lewat fakta-fakta yang ada, dibagian ini ditandai dengan kalimat-kalimat yang menyatakan pendapat penulis terhadap topik yang diangkat.

Contoh bagian argumen :

“Kupu-kupu dan bunga merupakan contoh dari simbiosis mutualisme atau simbiosis yang saling menguntungkan, kupu-kupu mendapatkan nektar bunga sedangkan tanaman diuntungkan karena membantu proses penyerbukan bunga agar menjadi buah.

Nektar bunga berada pada dasar bunga, sehingga untuk menghisap nektar tersebut seekor kupu-kupu harus berusaha hinggap ke bunga dan menjulurkan belalainya. Pada saat itulah, secara tidak sengaja kaki-kaki kecil kupu-kupu menyentuh serbuk sari sehingga terjadilah penyerbukan.”

Baca juga: Mengenal Teks Debat: Definisi, Struktur, Ciri, Beserta Contoh Lengkap!

Penutup Teks Eksposisi

Bagian penutup berisikan penegasan terhadap pendapat pada bagian awal teks, namun penegasan pada bagian penutup telah ditunjang sebelumnya pada fakta-fakta pada bagian argumen.

Contoh bagian penutup :

“Dengan demikian, kupu-kupu dan bunga sangat saling menguntungkan, kupu-kupu mendapatkan nektar sebagai makanannya, sedangkan bunga mendapatkan penyerbukan untuk menjadi bakal buah. Maka dari itu hubungan keduanya saling menguntungkan satu sama lain atau mutualisme”

Jenis-jenis Teks Ekposisi Beserta Contohnya

Teks eksposisi memiliki banyak sekali jenisnya, setiap jenis teks eksposisi memiliki makna yang berbeda-beda, dibawah ini bisa Anda simak jenis-jenis teks ekposisi beserta contohnya, diantaranya:

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi merupakan jenis teks eksposisi yang berisikan penjelasan dengan memaparkan topik yang diangkat dengan batasan sehingga permasalahan dalam topik tersbut dapat dibedakan dari yang lainnya sehingga dapat dipahami oleh pembaca.

Teks eksposisi definisi bisa Anda temukan di buku-buku pelajaran sekolah.

Contoh:

“Jahe adalah salah satu tumbuhan rimpang yang sudah ditanam oleh nenek moyang kita dan biasanya digunakan sebagai obat-obatan dan juga penyedap rasa.

Tanaman jahe memiliki tinggi 30 samapai 100 cm, dan daunnya menyirip dengan panjang sekitar 15 sampai 23 cm dan lebarnya sekitar 8 sampai 15 cm. Dan pada bagian rimpangnya berbentuk seperti jemari mengembung.”

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses merupakan teks eksposisi yang berisikan penjelasan tentang topik yang diangkat terurut menggunakan proses atau langkah-langkah. Anda bisa menemukan teks eksposisi ini pada artikel panduan.

Contoh :

“Pernahkan dalam situasi tertentu Anda pernah merasakan sedih? Dan bagaimana cara mengatasinya hal tersebut? Ada beberapa langkah dalam meredakan rasa sedih.

Pertama, persipakan diri pada situsi tersebut, yang sebelumnya Anda tahu bahwa situasi tersebut akan membuat sedih. Kedua, carilah teman sebagai tempat curhatan agar rasa sedih berangsur hilang… dan seterusnya”

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi jenis ini merupakan jenis teks eksposisi yang memberisikan gambaran dari topik yang dibahas.

Contoh:

“Kekuatan dalam persaudaraan sangatlah kuat, sama halnya dengan sebuah sapu lidi. Sapu lidi yang terikat dengan baik akan memiliki katahanan dan tidak akan mudah patah, sama halnya dengan kekuatan persaudaraan tidak akan patah atau goyah karena saling terikat dan tidak bercerai berai.”

Teks Eksposisi Klasifikasi

Klasifikasi atau membagi, mengelompokan, dalam teks eksposisi ini berisikan informasi dari sebuah topik yang sangat detail dan lebih rinci. Biasanya artikel eksposisi bisa ditemukan pada buku-buku ilmiah.

Contoh :

“Makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat beragam sekali, sehingga tanpa disadari banyak sekali kelompok makanan yang kita makan.

Kelompok makanan yang pertama adalah kelompok makanan bergizi, kelompok ini merupakan kelompok makanan yang mengandung kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kaya vitamin, mineral dan lainnya.

Kedua kelompok makanan sedikit gizi, biasanya jenis makanan ini hanya akan memberikan efek kenyang saja di perut. Yang ketiga makanan yang berbahaya, makanan jenis ini mengandung kandungan berbahaya bagi tubuh, sehingga menimbulkan efek samping”

Teks Eksposisi Perbandingan

Dalam teks eksposisi jenis ini, pada bagian gagasan utama penulis menggunakan kalimat dengan cara membandingkan dengan hal lain, contohnya bisa dilihat dibawah ini:

“BBM bukanlah instan mesangger yang paling banyak digunakan saat ini. BBM belum ada apa-apanya dibandingkan dengan Whatsap dan juga Line”

Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan yaitu teks ekposisi yang berisikan rincian laporan, seperti laporan keuangan, laporan jumlah penduduk, dan lain sebagainya. Biasanya kita bisa melihatnya di teks artikel berita perekonomian, ataupun artikel rekapitulasi.

Contoh :

” Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat.

Rumah ini memiliki model hampir sama dengan rumah gampang dibongkat pasang, namun rumah Risha berbentuk panggung. Harga Risha mungkin seidkit lebih mahal sekitar 20 juta, akan tetapi rumah ini lebih awet karena komponen terbuat dari beton bertulang.”

Baca juga: Mengenal Teks Inspiratif: Definisi, Struktur, dan Contohnya!

Contoh Teks Esposisi

Berikut ini adalah beberapa contoh dari teks eksposisi, di antaranya adalah :

Teks Eksposisi Singkat Mengenai Hukum

(PSHK)

Untuk contoh yang pertama adalah contoh teks eksposisi mengenai hukum, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan hukum. Berikut ini adalah contohnya :

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Tesis

Perempuan merupakan makhluk hidup yang sangat rentan untuk dijadikan sebagai sasaran objek kejahatan. Ada sebuah data yang menyatakan, Indonesia masuk ke dalam kategori negara yang tidak aman untuk para kaum perempuan.

Bahkan setiap harinya selalu ada laporan kejahatan terhadap perempuan yang ada di Indonesia. Bahkan, ada beberapa kasus yang dibilang cukup langka.

Contohnya saja adalah pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban. Kasus seperti itu mengundang berbagai kritik dan masukan dari beberapa pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur yang ada pada masyarakat Indonesia.

Isi

Walaupun Negara kita ini tegas menerapkan undang – undang mengenai pelaku tindak kriminal, tapi penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku tindakan kejahatannya.

Ada sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa hal itu menunjukan adanya stereotype yang ada di tengah masyarakat.

Sehingga menyebabkan tindakan kriminal kepada kaum wanita semakin meningkat. Hal itu tidak mengherankan karena di Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarki yang mendorong kedudukan kaum laki – laki lebih tinggi dan kuat dibandungkan kedudukan kaum wanita itu sendiri.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal,

Contohnya saja dengan mengadakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan ditempat umum, menyediakan gerbong khusus untuk perempuan.

Walaupun sudah seperti itu, tidak sedikit oknum yang melanggar peraturan – peraturan tersebut.

Kesimpulan

Karena sistem patriarki sudah berlangsung dalam waktu yang lama dan dibangun secara turun temurun di Indonesia. maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan supaya takut dan patuh terhadap kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar, karena menyalahi kodrat.

Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

(Business Today)

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai lingkungan, berikut ini adalah contohnya :

Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

Tesis

Pemanasan global merupakan suatu kondisi dimana suhu di bumi kian hari kian panas dibandingkan dengan hari sebelumnya. Pemanasan global bisa menyebabkan beberapa dampak negatif,

Contohnya saja adalah lapisan ozon yang semakin tipis, sehingga sinar ultraviolet dari matahari bisa masuk ke bumi secara langsung tanpa adanya penghalang dari lapisan ozon.

Selain itu, dampak dari pemanasan global juga menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang mencair.

Pemanasan global terjadi karena banyak gas karbondioksida (Co2) yang ada pada atmosfer bumi dan hal itulah yang menyebabkan lapisan ozon semakin menipis.

Kadar gas karbondioksia (co2) yang ada di bumi tersebut tidak sebanding dengan pohon yang ada di bumi. Padahal, adanya pohon – pohon tersebut bisa menyerap gas karbondioksida (Co2).

Bukan hanya itu, banyak hutan yang telah dibuka untuk dijadikan sebagai lahan industri, perkebunan, pertanian, atau dialih fungsi sebagai hutan produksi.

Argumentasi

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kenaikan suhu di bumi ini memang terbilang sangat parah. Pemanasan global bisa terjadi karena banyaknya jumlah gas karbondioksida yang ada pada atmosfer bumi.

Gas arbondioksida (Co2) tersebut berasal dari kendaraan bermotor atau bisa juga berasal dari asap pabrik. Hal itu hanya sebatas di Negara Indonesia, belum lagi yang negara industri.

Apalagi jika negara tersebut merupakan negara industri, karena negara industri tentu saja memiliki pabrik dalam jumlah yang banyak. Bayangkan saja, seberapa banyak gas karbondioksida yang berasal dari aktifitas negara industri.

Negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida (Co2) yang keluar dari aktifitas pabrik.

Yang lebih parah lagi, hutan di dunia ini yang seharusnya bisa mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak bisa menjalankan fungsi mereka dengan baik, karena banyaknya pohon – pohon yang ditebang.

Ada beberapa kasus di negara Indonesia sendiri seperti pangalihan fungsi dari hutan lindung menjadi hutan konservasi. Adanya kegiatan tersebut tentu saja menjadikan kondisi bumi menjadi lebih buruk.

Penegasan Ulang

Pemanasan global yang terjadi di bumi beberapa tahun terakhir ini memang bisa dibilang semakin parah, karena semakin hari semakin banyak pabrik yang beroperasi.

Keadaan tersebut semakin parah lagi karena adanya hutan yang semestinya mengurangi pemanasan global, malah pohon – pohon yang ada di hutan tersebut ditebang.

Di samping penebangan hutan, alih fungsi hutan yang bisa menyebabkan fungsinya tidak berjalan dengan baik.

Baca juga : Contoh Teks Negosiasi

Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

(More Space Place)

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat yang membahas tentang pentingnya untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak:

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Tesis

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Karena dengan adanya pendidikan yang baik, manusia bisa menemukan jati diri mereka sendiri.

Jati diri juga bisa terbentuk karena adanya karakter seseorang. Nah, menanggapi hal tersebut, pemerintah Indonesia mencoba untuk ikut membentuk karakter tersebut dengan beberapa cara yang ada.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) Menjadi Kurikulum 13. Perubahan tersebut memberikan syarat adanya suatu bentuk pendidikan karakter dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Argumentasi

Pendidikan karakter merupakan sebuah pendidikan yang menekankan kepada sisi kemampuan dari siswa secara individu.

Bisa dikatakan juga jika pendidikan karakter merupakan suatu bentuk pendidikan yang berusaha untuk menggali potensi yang ada pada diri seseorang. Di bangku sekolah, maka individu tersebut adalah peserta didik atau siswa.

Pendidikan karakter amat penting, karena dengan adanya pendidikan karakter bisa menggali bakat tersembunyi yang dimiliki oleh setiap individu.

Dan yang diperhatikan disini adalah setiap siswa tentu memiliki bakat, potensi, serta kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain yang disebutkan tadi, bidang yang mereka kuasai dan minati juga pastinya berbeda.

Seorang siswa atau peserta didik yang tidak terlalu cerdas di dalam satu pelajaran belum tentu ia merupakan peserta didik atau siswa yang notabenenya bodoh. Di bidang yang lain ia pasti mempunyai keunggulan dan juga kemampuan tersendiri.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter merupakan bekal sejak dini untuk peserta didik di masa yang akan datang.

Siswa perlu memiliki sikap yang toleran dengan sesamanya, mereka juga harus mempunyai skill atau potensi yang bisa dibanggakan atau digunakan,

Supaya bangsa ini dalam beberapa tahun yang akan datang bisa menjadi bangsa yang maju dan siap untuk menghadapi kemajuan zaman saat ini.

Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat yang membahas tentang perekonomian Indonesia:

Pertumbuhan Ekonomi di Masyarakat dengan Pembangunan Fasilitas Umum di Masyarakat

Tesis

Pemerintah mempunyai fokus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat.

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan melakukan pembangunan fasilitas umum yang berpeluang untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Contohnya saja adalah adanya program pembangunan yang baru – baru ini menarik perhatian dan cukup kontroversial, yaitu adalah pembangunan bandara di daerah Kulon Progo Yogyakarta.

Program pembangunan tersebut terlihat sangat paradox, jika alasan dibangunnya bandara tersebut untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada disekitarnya.

Pemerintah tidak membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga. Tapi faktanya tidak seperti itu, tanah milik warga terpaksa harus digusur untuk membangun di Kulon Progo Yogyakarta tersebut.

Argumentasi

Pembangunan sudah menjadi hal yang direncanakan oleh pemerintah, untuk bertujuan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut.

Ada beberapa contoh, di antaranya adalah dengan membuat program pembangunan dimana program tersebut diharapkan bisa melancarkan distribusi atau mobilitas masyarakat.

Akan tetapi, seharusnya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, tidak serta merta dilakukan. Melainkan dengan cara mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Karena jika tidak dilakukan, hal itu bisa mengabaikan hal – hal yang sifatnya sangat penting dan mendesak. Belum lama ini, ada sebuah kasus yang sedang booming di Indonesia, yaitu adalah program pembangunan bandara di Kulon Progo Yogyakarta.

Pemerintah memiliki program membangun bandara baru di kawasan Kulon Progo, yang lokasinya berada di lahan masyarakat setempat.

Program itu spontan mendapatkan reaksi penolakan dari berbagai kalangan masyarakat, karena lahan tersebut digunakan oleh penduduk setempat untuk mempertahankan hidup mereka.

Jika dilihat secara sekilas, program tersebut memang tidak ada salahnya. Namun, bagaimana jika pembangunan bandara tersebut dibangun di atas lahan yang menjadi tempat hidup masyarakat atau sawah milik masyarakat.

Penegasan Ulang

Pemerintah melakukan berbagai program pembangunan di masyarakat yang kata pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, namun seringkali program yang dilakukan tanpa mempertimbangkan hal – hal yang harus dipertimbangkan.

Bahkan, masyarakat yang seharusnya diutamakan palah diabaikan oleh pemerintah. Pembangunan yang katanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada, ternyata justru kerap menggusur masyarakat dari tempat tinggal mereka.

Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

(Medical News Today)

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat yang membahas tentang khasiat lidah buaya

Tesis

Sejak zaman dahulu kala, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya (Aloe Vera). Banyak sekali manfaat dari tumbuhan yang satu ini, yakni sebagai penyubur rambut. Namun, tumbuhan yang satu ini juga memiliki manfaat yang lain di bidang kesehatan.

Lidah buaya memiliki ciri-ciri : tebal, daun berbentuk panjang, serta memiliki warna hijau. Di dalam daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Argumentasi

Meskipun sejak dahulu tanaman ini dikenal mempunyai banyak sekali manfaat, tapi belum banyak orang yang tahu bahwa tanaman yang satu ini bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari tanaman serbaguna ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman yang satu ini, di antaranya adalah:

  • Jus atau gel dari tanaman ini secara tradisional, digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang bisa menurunkan kadar gula yang ada pada darah.
  • Tanaman ini dikenal karena bersifat anti-inflamasinya. Atau bisa juga disebut, mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mengatasi disfungsi kekebalan tubuh, menghentikan atau mencegah peradangan yang disebabkan cedera, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Tanaman lidah buaya dinilai sangat baik guna mengobati bekas luka, contohnya saja adalah luka karena cedera dan luka bakar.
  • Lidah buaya memiliki efek anti – jamur dan anti – bakteri, sifat itulah yang membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sangat sehat, menangkal radikal bebas, antioksidan yang kuat serta melindungi tubuh.
  • Meningkatkan pencernaan serta membantu detoksifikasi tubuh. Bukan hanya itu, lidah buaya juga merupakan pencahar yang sangat baik serta membantu dalam mengatasi sembelit.

Penegasan Ulang

Dari penjelasan di atas, sudah bisa dikatakan jika tanaman lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tapi tanaman ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang lain dan tentunya menyehatkan bagi tubuh.

Teks Eksposisi Tentang Kenaikan Harga BBM

Contoh teks eksposisi singkat lainnya bisa kamu lihat dalam cuplikan teks berikut yang membahas tentang kenaikan harga BBM

“Kebijakan pemerintah seringkali menyusahkan rakyat di kalangan menengah kebawah. seperti, kenaikan harga BBM sangat membuat rakyat merasa gelisah. Kenaikan harga BBm akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik, keadaan seperti ini akan menuntut rakyat untuk memutar otak agar dapat memenuhi kebutuhan”.

Teks Eksposisi Tentang Demam Panggung

(Music Gateway)

Contoh teks eksposisi singkat yang satu ini membahas tentang melawan rasa demam panggung dan membantu meningkatkan kepercayaan diri:

“Pernahkah anda merasa gugup ketika berbicara maupun tampil didepan banyak orang? Biasanya hal tersebut dinamakan demam panggung.

Demam panggung terjadi karena kita tidak terbiasa tampil di depan orang banyak dan selalu merasa bahwa apa yang akan kita sampaikan salah, kemudian akan ditertawakan orang banyak. Ketakutan tersebut justru muncul karena rasa kurang percaya diri yang terus kita pelihara.

Efek yang ditimbulkan demam panggung yaitu badan secara spontan akan merasa lemas ketika hendak melakukan pertunjukan atau berbicara didepan khalayak ramai, detak jantung yang terpompa dengan sangat kencang dan wajah pucat karena takut akan salah.

Demam panggung juga akan mengurangi konsentrasi kita, padahal sebelumnya kita sudah melakukan persiapan yang kita anggap paling matang.

Cara efisien untuk mencegahnya adalah dengan membiarkan tubuh setenang mungkin sebelum tampil didepan, tarik nafas dalam-dalam akan melancarkan oksigen masuk ke otak serta dapat menyebabkan otak bekerja dengan baik, sehingga konsentrasi akan terjaga”.

Baca juga: Pengertian, Struktur Dan Contoh Teks Pidato Pendidikan

Teks Ekposisi Tentang Kejujuran

Contoh teks eksposisi singkat selanjutnya membahas tentang kejujuran:

“Zaman yang sekarang ini, untuk mencari orang yang benar-benar jujur sangatlah sulit, diibaratkan seperti mencari sebuah jarum dalam tumpukan jerami, orang yang sangat jujur sepertinya hanya dapat kita temui hanya dalam waktu keberuntungan saja. Banyak hal yang menyebabkan seseorang tergoda untuk bersikap tidak jujur. Namun seharusnya nilai moral dan agama haruslah dijunjung tinggi, agar kebohongan atau tindakan-tindakan curang dapat dihindari”.

Teks Eksposisi Tentang Kerja Sama

Contoh teks eksposisi singkat selanjutnya membahas tentang bekerja sama:

“Diperlukan adanya kerjasama dari berbagai komponen agar sebuah tim sepakbola dapat menjadi tim yang solid, seperti halnya sebuah bangunan yang akan berdiri dengan kokoh jika semua bahan-bahan penyokongnya dapat bersatu padu dengan baik. Maka dari itu, para pemain, pelatih, staf pelatih, manajemen harus ikut andil membantu membentuk satu tim sepakbola yang solid.”

Teks Eksposisi Tentang Minat dan Bakat Anak

Contoh teks eksposisi singkat selanjutnya membahas tentang pentingnya mengetahui minat dan bakat anak:

“Tidak semua bidang yang terdapat di jagat raya ini dapat dikuasai oleh seorang anak, seperti halnya lemari yang tidak dapat menampung semua benda yang ada. Orang tua atau guru sebaiknya mengarahkan anak tersebut untuk menguasai bidang yang dia suka, contoh : jika anak tersebut menyukai bidang menggambar, maka anak sudah seharusnya diarahkan kepada bidang tersebut. Barangkali suatu saat nanti dia akan memperoleh kesuksesan dari kegemarannya tersebut.”

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur Yang Lengkap

Teks Eksposisi Tentang Kemandirian Anak

Contoh teks eksposisi singkat selanjutnya membahas tentang memupuk kemandirian anak:

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjadikan anak menjadi mandiri, seperti dengan menyuruhnya membereskan kamar tidurnya sendiri, ataupun mencuci dan menyetrika baju sendiri. Sebisa mungkin orang tua mampu membujuk anaknya secara baik-baik supaya dia mau melaksanakan perintahnya.

Memberikan imbalan padanya, agar dia mempunyai motivasi untuk melakukan pekerjaan yang diberikan padanya, semisal dengan memberikan pujian kepada si anak saat berhasil membersihkan kamar ataupun memberikannya pakaian baru sebagai imbalan yang telah dijanjikan.”

Teks Eksposisi Tentang Dampak Ilmu Pengetahuan

“Ilmu pengetahuan bisa memberikan kita manfaat yang baik, tetapi juga dapat memberikan dampak buruk, seperti sebuah pisau. Jika kita menggunakan pisau untuk hal-hal baik, maka pisau akan mendatangkan manfaat yang baik pula pada orang lain dan diri kita sendiri.

Namun sebaliknya, jika kita mempergunakan pisau tersebut untuk kejahatan, maka pisau itu dapat merugikan diri kita dan orang lain. Hal tersebut berlaku untuk ilmu pengetahuan, jika ilmu tersebut digunakan untuk kebaikan, maka sudah pasti akan mendatangkan manfaat untuk semua orang. Sebaliknya, jika ilmu tersebut digunakan untuk keburukan, maka hal buruk akan menimpa semua orang.

Maka dari itu, gunakanlah ilmu pengetahuan dengan baik supaya kita juga mendapat kebaikan darinya.”

Teks Eksposisi Tentang Optimasi Penggunaan Gadget

“Handphone atau kita sebut dengan Hp adalah benda yang memberikan manfaat kepada manusia, sehingga manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan segala hal. Walaupun demikian, Hp semestinya digunakan dengan bijak.

Ilustrasi tersebut menggambarkan bagaimana kita harus dapat mengoptimalkan dalam bekerja, sebagai pengguna HP, kita juga harus memperhatikan stamina yang kita pakai dengan bijak, karena jika kita memakainya dengan melampaui batas kemampuan, maka kita akan mengalami kelelahan dan penyakit gampang menyerang tubuh kita.

Maka dari itu kita sudah seharusnya bijak dalam mengatur stamina tubuh kita saat digunakan untuk bekerja.”

Baca juga: Pengertian Dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Strukturnya

Teks Eksposisi Tentang Kejahatan Gang Motor di Masyarakat

(Suara)

Contoh teks eksposisi singkat ini membahas tentang keresahan yang ditimbulkan oleh gang motor:

“Ketika terdapat suatu kebaikan yang tidak teratur, maka akan sangat mudah dikalahkan oleh sebuah kejahatan yang terstruktur dan terorganisir. Sama seperti suara bising dari kendaraan para geng motor yang mengalahkan suara seekor burung yang berkicau sangat merdu.

Meski sebenarnya suara dari burung tersebut merdu dan sangat menentramkan jiwa tetapi tidak akan terdengar ditelinga kita, begitu pula dengan kendaraan geng motor ini, meski suaranya sangat mengganggu dan tidak disukai orang, tetap saja terdengar oleh orang-orang disekelilingnya.

Sama seperti keburukan yang dikerjakan secara kolektif dan bersistem, ini akan lebih terasa efeknya dalam skala besar oleh banyak orang, dan tentunya sebuah kejahatan terstruktur akan mengalahkan kebaikan yang dilakukan secara sendirian dan tidak teratur.”

Teks Eksposisi Tentang Jabatan

“Ketika kita mendapatkan sebuah amanah dari orang lain, diibaratkan seperti sedang memegang katana  bermata dua. Jika kita dapat menggunakannya secara benar, maka akan bermanfaat bagi kita dan khalayak umum. Dan sebaliknya, jika kita tidak sanggup mengendalikan maka katana tersebut akan melukai diri kita sendiri bahkan juga dengan orang lain.

Layaknya sebuah jabatan yang dipegang oleh seseorang, ketika dia bijak dalam menggunakan masa kepemimpinannya, maka ia akan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Sebaliknya, jika ia berkuasa dengan keinginan hatinya (egois) maka ia akan merugikan diri sendiri dan orang banyak di sekelilingnya.”

Teks Eksposisi Tentang Motivasi

“Mandi setiap hari, merupakan perumpamaan yang cocok untuk menumbuhkan semangat dan motivasi. Setidaknya pada waktu pagi dan sore hari kita selalu mandi sesudah dan sebelum  melakukan aktivitas yang melelahkan.

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita perlu adanya dorongan atau motivasi agar aktivitas kita selalu dipenuhi dengan semangat dan rasa optimisme, ketika diri ini merasa sangat lemah dan putus asa, maka motivasi sangat diperlukan untuk menyiram jiwa kita agar terbangun kembali.

Maka dari itu, ketika terdapat sebuah celotehan yang mengatakan bahwa sebenarnya motivasi itu tidaklah penting, maka anda layaknya tidak lagi membutuhkan mandi ketika anda sudah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan.”

Teks Eksposisi Tentang Hubungan Keluarga

“Dalam suatu hubungan persaudaraan tentunya memiliki ikatan yang kuat. Begitu pula dengan seluruh tubuh yang akan merasakan sakit jika ada salah satu organ yang terkena sakit.

Begitu pula dengan ikatan keluarga, ketika ada salah seorang dari keluarga tersebut menderita sakit, maka anggota keluarga yang lainnya juga merasakan sakit. Karena hubungan persaudaraan mereka yang sangat kuat.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa persaudaraan yang kuat akan mengalahkan perkumpulan atau komunitas apapun di dunia ini, karena keluarga adalah suatu kesatuan utuh yang sulit dipisahkan.

Nah, itulah beberapa contoh teks eksposisi yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Pins dalam membuat teks eksposisi, ya!

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu MACD? Ini Cara Membaca Indikator MACD

Jika membicarakan saham, terdapat beberapa macam indikator yang bisa kamu gunakan. Indikator ini me

Finansial
Finansial Apa itu Gas Fee dalam Saham? Begini Cara Menggunakannya

Jika kamu adalah seorang pemula dalam investasi saham, mungkin kamu masih bingung dan awam tentang

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Peringatan Kerja dan Surat Teguran

Jika Pins adalah seorang pemilik, petinggi, maupun HRD dari sebuah perusahaan, maka kamu pasti pern

Gadget
Gadget 16 Rekomendasi HP 5 Jutaan, Libas Game Genshin Impact!

Rekomendasi HP 5 jutaan teratas pada tahun 2022 diberikan kepada 16 smartphone yang ditampilkan pad

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia