Blog›Pemilik Properti›Finansial›Ini Cara Cek NJOP Online, Tanpa Perlu ke Kecamatan
0
0

Ini Cara Cek NJOP Online, Tanpa Perlu ke Kecamatan

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Agu 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin menjual atau membeli rumah, namun masih bingung apakah harga rumah tersebut sudah sesuai pasarannya dan ada kesesuaian ketentuan jual membeli rumah pada umumnya? Jawabannya ada! NJOP pada umumnya menjadi penting untuk menjadi penentu ketepatan harga yang ditawarkan. Berikut ini akan kita bahas cara cek NJOP secara online!

Jika Kamu belum memiliki waktu untuk datang ke rumah yang ingin Kamu beli di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung Kamu bisa mengecek NJOP-nya secara online juga loh. Selain pengecekan pajak, Kamu dapat mengetahui estimasi biaya pembangunan rumah di PinValue.

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

cek njop online
Source : iStock

Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP akan selalu dibutuhkan ketika Pins melakuan jual beli rumah atau properti lainnya. Dengan adanya Nilai Jual Objek Pajak, Kamu dapat dengan mudah menentukan nilai rata-rata penjualan suatu rumah atau properti tersebut.

Nilai rata-rata yang didapatkan dari NJOP, akan menjadi nilai jual rumah atau properti milik Kamu. Ketika tidak terdapat transaksi jual beli, Kamu dapat menentukan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dengan melihat nilai pasaran properti tersebut di satu daerah yang sama. 

Lalu, mengapa terkadang nilai jual rumah atau properti lainnya lebih besar dari jumlah NJOP-nya? Hal ini disebabkan karena NJOP merupakan nilai terendah dari suatu rumah atau properti yang menjadi patokan saja. Lalu, ketika belum terjadi transaksi jual beli, maka nilainya akan mengikuti harga pasaran yang ada di daerah tersebut dan karena terjadinya perkembangan yang signifikan dari daerah tersebut.

Itulah mengapa Nilai Jual Objek Pajak dapat menjadi mahal, karena mengikuti perubahan harga pasaran suatu rumah atau properti yang semakin tinggi di daerah-daerah. Kamu dapat dengan mudah melakukan cek NJOP online saat ini. Setelah mengetahui tentang NJOP-nya, Kamu dapat membangun rumah aesthetic bergaya Korea.

Negara menetapkan NJOP sebagai nilai yang mendasari pengenaan pajak bagi PBB-P2 (sektor perkotaan dan pedesaan), berdasarkan peraturan pasal 79 ayat 1 Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) yang isinya berfokus pada dua poin, yaitu NJOP tanah dan NJOP bangunan.

Baca juga: Pelajari Pajak dan Biaya Selain NJOP Saat Jual Beli Rumah

Cara Cek NJOP Online Jabodetabek

Nilai Jual Objek Pajak menjadi suatu keharusan yang Kamu ketahui jika ingin melanjutkan transaksi jual beli rumah atau properti. Informasi yang berada di NJOP akan membuat Pins mengetahui berapa nilai biaya dan pajak yang harus dikeluarkan.

Sebelumnya, pengecekan Nilai Jual Objek Pajak hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi kecamatan di daerah rumah atau properti yang ingin kamu ketahui, namun keselarasan hidup bersama teknologi saat ini memunculkan inovasi yang memudahkan masyarakat untuk dapat melakukan cek NJOP secara online saja.

Cara yang bisa Kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan informasi NJOP melalui web resmi pemerintah, yaitu Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) yang sesuai dengan provinsi rumah atau properti milik Kamu. Lalu, langkah-langkah selanjutnya sebagai berikut ini:

1. Cek Nilai Jual Objek Pajak Daerah Jakarta

• Pada smartphone atau laptop silakan akses web resmi pemerintah Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Daerah Jakarta, dengan alamat bprd.jakarta.go.id

• Jika laman sudah terbuka, Kamu dapat memilih opsi download di samping tulisan lokasi pelayanan. Carilah judul kumpulan regulasi Pajak Bumi dan Bangunan 

• Sesaat kemudian hasilnya akan muncul link yang berisi regulasi versi terbaru dari Nilai Jual Objek Pajak daerah Jakarta, seperti ini “Pergub Nomor 37 Tahun 2019” dengan isi nilai-nilai dari objek pajak di daerah Jakarta pada tahun 2019. Sesuaikan dengan kebutuhan Kamu.

Jangan lupa untuk membayar pajak PBB rumah Kamu ya Pins!

2. Cek Nilai Jual Objek Pajak Daerah Bogor

Untuk melakukan pengecekan online terhadap Nilai Jual Objek Pajak daerah Bogor, juga memiliki kesamaan dengan sebelumnya, Kamu dapat mengakses bappenda.kotabogor.go.id, lalu:

• Kamu dapat melihat Daftar Layanan di layar Kamu, lalu pilihlah opsi ikon e-SPPT

• Kemudian, Kamu akan diinstruksikan untuk Registrasi User. Selanjutnya Kamu akan memilih Penyesuaian NJOP untuk melihat Nilai Jual Objek Pajak di daerah Bogor.

3. Cek Nilai Jual Objek Pajak Daerah Depok

Jika Kamu ingin melakukan pengecekan Nilai Jual Objek Pajak di daerah Depok, maka Kamu harus mengakses pbb.bphtb.depok.co.id, lalu dilanjutkan dengan:

Halaman situs yang sudah terbuka dapat Kamu lanjutkan dengan memilih menu BPHTB dan kemudian e-PBB. Lalu, silakan memilih menu Pengecekan PBB. Langkah selanjutnya, Kamu tinggal memasukkan Nomor Objek Pajak yang ingin Kamu ketahui dan NJOP akan muncul.

4. Cek Nilai Jual Objek Pajak Daerah Tangerang

Untuk Kamu yang ingin mengetahui Nilai Objek Pajak rumah atau properti milikmu yang berada di kota Tangerang, maka Kamu dapat mengakses situs berikut ini pbb.tangerangkota.co.id. Lanjutkan dengan memilih NJOP dan masukkan nomor objek pajak bangunan milik Kamu serta tahunnya. Lalu, informasi NJOP-nya akan muncul.

5. Cek Nilai Jual Objek Pajak Daerah Bekasi

Selanjutnya untuk melakukan pengecekan Nilai Jual Objek Pajak di daerah Bekasi juga sudah online loh Pins. Pemerintah kota Bekasi meluncurkan aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan dengan mudah, caranya:

• Kamu dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi bernama “Info Pajak PBB Kota Bekasi”

• Jika sudah terunduh, bukalah aplikasi tersebut. Pada menunya, Kamu dapat memilih Informasi Pembayaran

• Selanjutnya, Kamu masukkan nomor objek pajak. Hasilnya akan muncul informasi lengkap mengenai NJOP, tahun, dan rincian pembayaran yang telah dilakukan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung NJOP dengan Mudah dan Benar

Cara Menentukan Harga Jual dari NJOP

Ketika Kamu ingin menentukan harga jual yang sesuai berdasarkan Nilai Jual Objek Pajaknya, maka Kamu dapat mengikuti perhitungan berikut ini:

• Kamu harus mengetahui berapa luas total tanah dan bangunan milikmu

• Kamu juga harus mengetahui berapa NJOP/meter tanah dan bangunan di lokasi berdirinya

Jika informasi tersebut sudah lengkap, berikut ini rumus perhitungannya:

• Luas Tanah x NJOP/Meter Tanah= hasilnya akan mengetahui Total Harga Tanah

• Luas Bangunan x NJOP/Meter Bangunan= hasilnya akan mengetahui Total Harga Bangunan

Selanjutnya adalah penentu harga rumah atau properti Kamu, yaitu dengan rumus Harga Tanah + Harga Bangunan= Nilai Jual Rumah/Properti. Jika sudah dapat menghitung besaran NJOP-nya, Pins sudah siap untuk mengetahui tips jual warisan keluarga biar cepat laku.

Itu dia Pins penjelasan mengenai Nilai Jual Objek Pajak dan bagaimana mengeceknya secara online, mudah sekali bukan! Semoga artikel ini dapat membantu Kamu menentukan Nilai Jual properti milik Kamu ya!

Baca juga: Sudah Siap Beli Properti? Maka Ketahui Pengertian NJOP dan NJKP Adalah?

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download