BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Cara Merawat Lantai Plesteran Agar Tidak Berdebu
0
0

9 Cara Merawat Lantai Plesteran Agar Tidak Berdebu

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jun 20, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
cara merawat lantai plesteran agar tidak berdebutop-right-banner

Lantai plester merupakan pilihan populer untuk rumah-rumah di Indonesia, baik itu rumah seken di Bandung maupun di sekitarnya. Dengan tampilan yang elegan dan mudah dipadukan dengan berbagai desain interior, lantai plester bisa memberikan suasana yang indah dan nyaman. Namun, ada beberapa cara merawat lantai plesteran agar tidak berdebu dan tetap terlihat bagus.

Hal ini bertujuan agar Pins bisa mendapatkan rumah yang tetap bersih dan berkilau meskipun menggunakan lantai plesteran. Kamu bisa menggunakan cara ini ketika membersihkan rumah sendiri maupun ketika memesan layanan Home Cleaning Pinhome Service. Penasaran? Simak caranya di sini!

Cara merawat lantai plesteran agar tidak berdebu

Sudah bukan rahasia lagi bila penggunaan lantai plesteran sering dijumpai di rumah-rumah Indonesia. Pasalnya, jenis lantai ini memberikan permukaan yang arata dan halus sehingga terasa lebih aman dan nyaman. Selain itu, lantai plesteran mempunyai daya tahan yang baik sehingga bisa bertahan lama.

Jika Pins menerapkan cara merawat lantai plesteran dengan baik agar tidak berdebu, hal ini bisa meningkatkan nilai properti. Ini tentu akan menguntungkan untuk kamu yang ingin memasarkan iklan jual rumah gratis di Pinhome karena rumah terawat dengan baik. Lantas, bagaimana cara membersihkan lantai plesteran demi mendapatkan rumah yang bersih dan berkilau?

Baca juga: Lantai Semen Kekurangan dan Kelebihannya yang Harus Kamu Ketahui

Membersihkan lantai secara rutin

Source : Pexels

Cara pertama untuk mencegah debu menempel pada lantai plesteran adalah dengan membersihkannya secara rutin. Usahakan menyapu lantai setidaknya dua kali sehari menggunakan sapu berserat halus.

Pastikan Pins membersihkan seluruh permukaan lantai secara menyeluruh, termasuk sudut-sudut rumah yang sulit dijangkau. Dengan membersihkan lantai secara rutin, debu tidak akan memiliki kesempatan untuk menumpuk dan membuat lantai terlihat kotor.

Menggunakan alat penyedot debu

Selain membersihkan lantai dengan sapu, kamu dapat menggunakan alat penyedot debu seperti vacuum cleaner. Alat ini sangat efektif untuk menghilangkan debu yang sulit dijangkau oleh sapu biasa.

Pilihlah vacuum cleaner yang dilengkapi dengan nozzle khusus untuk lantai agar hasilnya lebih maksimal. Gunakan alat penyedot debu ini secara berkala untuk menjaga kebersihan lantai plesteran.

Mengelap lantai dengan kain basah

Cara lainnya untuk merawat lantai plesteran agar tidak berdebu adalah mengelap lantai dengan kain basah. Kain basah dapat menghilangkan debu yang masih menempel pada permukaan lantai.

Usahakan memakai kain basah yang Abersih dan cukup lembap. Hindari menggunakan kain yang terlalu basah karena dapat membuat lantai menjadi licin. Lap lantai secara perlahan dan pastikan seluruh debu terangkat.

Menghindari penggunaan pembersih berbahan kimia

cara merawat lantai plesteran agar tidak berdebu
Source : Pexels

Saat membersihkan lantai plesteran, hindari penggunaan alat pembersih yang berbasis bahan kimia keras. Bahan kimia tersebut dapat merusak lapisan plesteran dan membuat lantai terlihat kusam.

Sebagai penggantinya, gunakanlah pembersih lantai yang lembut dan ramah lingkungan. Pastikan Pins membaca petunjuk penggunaan pada label produk sebelum menggunakannya.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Manis Anda

Memakai lap kering untuk menyeka debu

Pins juga bisa memanfaatkan lap kering, seperti kain mikrofiber, untuk menyeka debu, terutama yang sulit dijangkau. Pasalnya, kain mikrofiber mampu menangkap debu dengan lebih efektif dibandingkan dengan kain biasa. Pilih kain mikrofiber yang bersih dan terawat agar tidak menyebabkan goresan pada lantai.

Memakai penghalang debu

Salah satu cara efektif untuk mencegah debu menempel pada lantai plester adalah dengan menggunakan penghalang debu. Pins dapat menempatkan karpet atau alas kaki di area-area yang sering dilalui, terutama di pintu masuk.

Penghalang debu akan membantu menahan debu dan kotoran yang dibawa oleh sepatu atau kaki sehingga tidak langsung menempel pada lantai.

Menjaga kelembapan ruangan

Source : Pexels

Kelembaban ruangan juga berperan penting dalam mencegah debu menempel pada lantai plesteran. Usahakan untuk membuat ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan menjaga kelembapan optimal.

Debu cenderung lebih mudah terangkat di lingkungan dengan kelembaban yang rendah. Pins dapat menggunakan humidifier atau melakukan ventilasi ruangan secara teratur untuk menjaga kelembaban ruangan.

Baca juga: Catat! 12 Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Rumah Kamu!

Menggunakan produk seal untuk lantai plesteran

Jika Pins sudah mencoba cara merawat lantai plesteran agar tidak berdebu, cobalah gunakan produk seal untuk menyegel lantai. Produk ini dapat membentuk lapisan pelindung yang membuat lantai plesteran lebih tahan terhadap debu dan kotoran.

Cobalah pakai produk penyegel yang direkomendasikan oleh produsen lantai plesteran. Setelah itu, ikuti petunjuk penggunaan dengan benar agar hasilnya tetap optimal.

Memakai air secukupnya saat membersihkan lantai

Terakhir, hindari menggunakan air berlebihan saat membersihkan lantai plesteran. Meskipun lantai plesteran dapat tahan terhadap air, penggunaan air berlebihan dapat merusak permukaan lantai. Alih-alih bersih dan berkilau, cara ini justru membuat lantai plester cepat berdebu.

Jadi, gunakan air secukupnya dan pastikan Pins mengeringkan lantai dengan kain bersih setelah membersihkannya.

Kelebihan menggunakan lantai plester di rumah

Source : Shutterstock

Pins tahu tidak kalau membangun rumah tembok bata dengan struktur beton bertulang memerlukan biaya tidak sedikit. Masalahnya, tidak semua orang punya kesempatan untuk memakai cukup uang untuk membangun rumah sesuai keinginan.

Ini juga berlaku dalam hal finishing penutup lantai. Penutup lantai memang akan terlihat bagus setelah dipasang keramik atau marmer pada bagian dalam ruangan. Sementara itu, bagian luar rumah bisa dipasang paving atau batu alam.

Sayangnya, dana membangun rumah tidak cukup. Maka dari itu, banyak orang memilih memakai lantai plester screed terlebih dulu. Bila jenis lantai ini tidak dirawat dengan baik, tentu bisa menjadi berdebu atau rontok. Akibatnya, kamu mungkin harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Itu sebabnya, cara merawat lantai plesteran agar tidak berdebu di atas penting untuk diterapkan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki rumah yang awet, bersih, dan berkilau sembari menunggu dana untuk memasang lantai sesuai keinginan!

Baca juga: 5 Inspirasi Rumah 2 Lantai Tengah Bolong


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download