Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi Covid – 19

Lifestyle

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi Covid – 19

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 23 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Anda sudah pasti sangat mengenal dan mengetahui adanya pandemi Covid – 19 yang saat ini tengah melanda dunia. Pandemi ini cukup menakutkan dikarenakan tidak adanya vaksin maupun obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan Covid – 19. Selain itu, virus ini juga cukup mudah menular dalam waktu yang singkat yang menyebabkannya menjadi pandemi skala dunia.

Tubuh manusia tentu akan sangat mudah tertular virus saat dalam kondisi yang tidak sehat. Begitu pula dengan virus Covid – 19 yang sering menyerang orang – orang dengan imunitas yang rendah. Dengan keadaan yang serba tidak pasti seperti saat ini, tentu kita juga akan mengalami sedikit kesulitan untuk menjaga kondisi tubuh kita untuk tetap fit.

Untuk dapat terhindar dari virus Covid – 19 ini tentu kita perlu tau cara meningkatkan imun tubuh kita atau, setidaknya kita bisa menjaga imunitas tubuh kita agar tidak terpapar virus Covid – 19 ini. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tips cara meningkatkan imun tubuh saat pandemi Covid – 19. Berikut ulasan singkatnya.

Baca juga : Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Istirahat Cukup

Buku dan secangkir kopi

Hal utama yang perlu dilakukan dalam cara meningkatkan imun tubuh tentu saja adalah dengan beristirahat yang cukup. Sitokin, yang merupakan jenis protein yang berperan dalam meelawan infeksi dan peradangan yang juga akan membentuk imun tubuh yang kuat akan dihasilkan dengan istirahat yang cukup.

Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7 hingga 9 jam dalam sehari untuk menjaga keseimbangan organ – organ tubuh dan membentuk imun yang kuat. Untuk itu, meskipun dalam masa sulit seperti saat ini, anda tetap harus mendapatkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh anda.

Baca juga : Penyebab Penyakit Meningitis Beserta Pencegahannya

Rutin Berolahraga

Seorang wanita berlari di pagi hari

Berolahraga adalah aktivitas menyehatkan yang seharusnya dilakukan secara rutin oleh siapapun dalam keadaan bukan dalam masa pandemi sekalipun. Dengan berolahraga, tubuh kita akan semakin sehat dengan membakar kalori serta mengeluarkan racun – racun dalam tubuh melalaui keringat.

Meskippun dalam masa pandemi dimana anda dianjurkan untuk tinggal di dalam rumah saja dan mengurangi aktivitas di luar ruangan serta berkerumun, anda tentu tetap perlu berolahraga. Anda tidak perlu berolahraga berat seperti pergi ke gym atau melakukan lari beberapa putaran.

Meskipun di rumah, anda bisa melakukan olah raga di rumah dengan mendengarkan musik kesukaan anda. Anda bisa melakukan pilates atau yoga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Dengan berolahraga, imunitas tubuh anda juga akan meningkat.

Baca juga : Pola Makan Ibu Menyusui

Makan Makanan Bergizi

Berbagai macam beri

Selanjutnya, cara meningkatkan imun tubuh lainnya, anda perlu memakan makanan yang bergizi. Memakan buah dan sayuran dalam menu harian dan diet rutin anda adalah hal yang wajib untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga bisa menambahkan buah atau sayuran yang banyak mengandung vitamin seperti vitamin C atau vitamin D.

Menambahkan susu dalam menu harian adalah opsi lain yang patut dicoba juga. Dengan susu yang kaya kalsium serta vitamin, secara tidak langsung anda juga telah meningkatkan imunitas tubuh anda. Namun, ingat untuk tidak memakan makanan instan atau junkfood.

Minum Cukup Air

Selain berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, anda juga perlu memperhatikan asupan minum anda sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Untuk menjaga imunitas tubuh, anda perlu banyak minum air mineral. Air mineral memberikan pengaruh baik bagi tubuh anda.

Kekurangan minum bisa menyebabkan anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan tubuh anda menjadi lemas, tidak bertenaga dan akhirnya akan menurunkan daya tahan tubuh anda. Untuk itu, pastikan untuk meminum air mineral paling tidak 2 liter setiap harinya.

Baca juga : Perbedaan Covid 19 Dengan Flu Biasa

Berjemur

Berjemur di pantai

Cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini sangatlah mudah. Anda pasti sudah sering mendengar bahwa berjemur di bawah sinar matahari pagi antara pukul tujuh hingga sepuluh akan memberikan manfaat yang cukup baik. Dengan berjemur, anda akan mengaktifkan vitamin D yang ada pada tubuh anda.

Vitamin D tersebut adalah vitamin yang berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh anda. Anda juga mungkin sudah sangat sering mendengar bahwa anak bayi yang bari lahir biasanya perlu di jemur. Hal ini karena berjemur juga berpengaruh pada kadar bilirubin pada bayi yang baru lahir.

Untuk itu, dengan rutin berjemur 10 – 20 menit perhari akan memberikan manfaat yang cukup banyak bagi anda. Berjemur yang baik adalah antara pukul tujuh pagi hingga Sembilan pagi. Pastikan agar seluruh kulit anda bisa terekspose sinar matahari pagi untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Multivitamin

Vitamin memang berperan dalam imunitas tubuh anda. Untuk mendapatkannya memang sangat baik jika anda mengkonsumsi buah – buahan, sayuran maupun makanan lainnya yang mengandung banyak vitamin.

Namun, jika memang merasa konsumsi buah dan sayur masih kurang, anda bisa menambahnya dengan mengkonsumsi suplemen atau multivitamin. Anda bisa mendapatkan multivitamin di apotek atau toko obat. Bahkan anda juga bisa mendapatkannya di minimarket.

Namun ingat, konsumsi sesuatu yang berlebih juga bukan sesuatu yang baik. Untuk itu, mengkonsumsi multivitamin atau suplemen yang beredar di pasaran juga harus disesuaikan dengan aturan penggunaan, sehingga tidak terjadi kelebihan dosis.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Diatas merupakan beberapa tips cara meningkatkan imun tubuh saat pandemi Covid – 19. Selain hal – hal diatas tentunya masih banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan. Dan yang perlu selalu anda ingat adalah dengan menjaga Kesehatan diri dan orang – orang disekitar anda dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

Tags :

Bagikan Artikel