BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah6 Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Paling Ampuh!
0
0

6 Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Paling Ampuh!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara meningkatkan nilai appraisal rumahtop-right-banner

Proses appraisal rumah atau penaksiran nilai rumah sering menjadi tahap yang paling bikin deg-degan. Hal ini karena jumlah pembiayaan yang akan disetujui oleh bank akan tergantung pada hasil appraisal. Padahal, kita gak perlu ketar-ketir, lho! Ada cara tersendiri untuk meningkatkan nilai appraisal saat mengajukan KPR. Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Kamu dapat memiliki rumah yang elegan dan indah untuk kenyamanan bersama keluargamu di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah idaman yang paling terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Harga Rumah Subsidi dan Cara Pendaftarannya

Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah

cara meningkatkan nilai appraisal rumah
Source : ReignOffers

Mencari rumah itu memang susah-susah gampang. Banyak pertimbangannya ketika ingin memilih rumah. Ada rumah yang harganya murah namun lokasinya tidak strategis, ada juga rumah yang harganya mahal tetapi Tapi kebayang dong, bagaimana nyeseknya kalau impian kita sirna begitu saja hanya karena nilai appraisal rendah?

Kalau Pins yang sedang ingin jual rumah, tentu hasil appraisal rendah juga akan menghambat penjualan. Apalagi, bank biasanya menunjuk tenaga penilai atau appraiser dari pihak ketiga yang kompetensinya juga terjamin.

Jadi kaya dead end? Belum tentu! Nih, Pinhome kasih tahu cara meningkatkan nilai appraisal rumah paling ampuh:

1. Renovasi

Source : iStock

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan nilai appraisal properti kita adalah dengan melakukan renovasi. Tidak perlu melakukan renovasi masif! Renovasi kecil-kecilan, seperti mengecat ulang, mengganti jendela yang rusak, memasang talang air, dan sebagainya, sudah bisa meningkatkan nilai jual properti. Jika tidak ada dana, Pins bisa melakukan kredit renovasi rumah.

Tentu, kalau Pins mampu melakukan makeover yang lebih signifikan, misalnya menambah jendela agar sirkulasi udara lebih lancar, atau menambah fasilitas di dalam properti, pasti nilai appraisal-nya juga akan meningkat lebih signifikan juga. Intinya, semakin nyaman rumahnya, semakin tinggi nilai appraisal-nya.

Pelajari juga apa yang membuat nilai appraisal rumah rendah dan cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan renovasi ini.

Baca juga: Nilai Appraisal Rendah Teliti Dulu Penyebabnya

2. Memperbarui Data IMB

Source : PTKaryaArtharMentari

Tahu gak, Pins, kalau biasanya appraiser akan lebih sering mengacu kepada dokumen yang kita miliki. Jadi, kalau Pins sudah melakukan renovasi tapi belum dicatat di IMB, segeralah lakukan sebelum proses appraisal. Pengurusan ini harus sesegra mungkin, karena banyak resiko rumah tanpa IMB.

Baca juga: Begini Cara Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang Benar

3. Dandani Rumah Secara Menyeluruh

Source : iStock

Appraiser diwajibkan melakukan kunjungan langsung untuk melakukan penilaian, Pins. Jadi, kita harus benar-benar menunjukkan properti dalam keadaan optimal. Minimal, rumah dan halaman sudah dalam keadaan bersih.

Jika Pins membeli atau menjual rumah dengan perabotan rumah, pastikan seluruh perabotan tersebut dalam keadaan baik. Cek juga kondisi alat-alat elektronik. Lagi-lagi, semakin nyaman properti yang akan dinilai, semakin meningkat nilai appraisalnya!

Baca juga: Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Ubah Fungsi Guna Rumah

cara meningkatkan nilai appraisal rumah
Source : Shutterstock

Kalau bagian ini, agak butuh effort dari pihak pemilik properti. Biasanya, pihak appraiser akan memberikan nilai yang lebih tinggi untuk orang-orang yang memiliki fungsi komersial di propertinya, misalnya ada toko di depan rumah.

Hal ini berkaitan dengan manajemen resiko oleh bank. Jika properti memiliki fungsi bisnis, makan Pins dianggap lebih mampu untuk menjalani komitmen kredit bersama-sama.

Baca juga: Fungsi Rumah Tinggal Negatif dan Positif

5. Melihat Harga Pasar dan Kumpulkan Informasi

Source : iStock

Satu hal yang sering dilupakan oleh orang-orang adalah proses appraisal ini dapat dilakukan secara berulang. Jika Pins merasa hasil appraisal pertama kurang memuaskan, Pins bisa mengajukan penilaian ulang.

Di proses appraisal kedua, pastikan Pins memiliki informasi mengenai harga pasaran tanah dan rumah di sekitar area properti, mulai dari yang termurah hingga termahal. Jangan sungkan untuk meyakinkan appraiser dan diskusikan dengan mereka bagaimana caranya meningkatkan nilai appraisal rumah.

Tenang, Pins, ada banyak cara meningkatkan nilai appraisal rumah. Yang jelas, seluruh usaha mencari rumah yang nyaman ini bakal worth it banget! Makanya, biar gak bingung-bingung amat, cari propertinya di Pinhome! Pinhome punya barisan konsultan terpercaya yang bakal mendampingi Pins dari proses transaksi properti dari awal hingga akhir.

Mulai dari pilih-pilih rumah, urusan dengan pihak ketiga, hingga tanda tangan akad, semuanya dibantuin – langsung dari smartphone! Canggih, bukan?

6. Menemukan Rumah di Lokasi yang Ideal

Source : iStock

Kebanyakan orang akan lebih memilih rumahnya berada di lokasi yang ideal. Lantas apakah lokasi yang ideal tersebut? Lokasi ideal adalah lokasi rumah di mana kamu berada di tempat yang strategis, mudah ditemukan, dapat dilalui transportasi, dekat dengan fasilitas umum seperti perkantoran, sekolah, pertokoan, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Rumah yang berada di lokasi yang ideal tentu akan memiliki harga yang lebih tinggi dan tentunya memudahkan calon pemilik rumah yang baru.

Itulah dia cara meningkatkan nilai appraisal rumah yang dapat membantumu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Feature Source Image: ArchDaily


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download