Pinhome

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek dengan Benar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 22 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Jika Pins membangun rumah, tentu salah satu komponen yang sangat penting pada rumah adalah atap. Tanpa atap, bagian dalam rumah akan merasakan teriknya sinar matahari atau basah akibat kehujanan. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan dari sebuah rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk merancang atap dengan sangat matang. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan atap spandek. 

Pinhome – Rancangan atap yang perlu dipikirkan ini mulai dari bentuk atap, luas hingga material atap. Salah satu material atap yang saat ini sedang banyak digunakan adalah atap spandek. Tetapi dalam membangun atap, kesulitan yang sering dialami adalah memperhitungkan kebutuhan atap itu sendiri. Bagi Pins yang juga belum tahu cara menghitung kebutuhan atap, yuk simak cara menghitung kebutuhan atap spandek ini!

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu Atap Spandek

cara menghitung kebutuhan atap spandek
(Pinterest)

Atap spandek adalah salah satu jenis atap rumah yang dibuat dengan komposisi 55% aluminium dan 43% seng. Jenis atap spandek ini sangat diminati di pasaran karena memiliki ketahanan yang sangat kuat dan kokoh. Ketebalan atap ini mulai dari 0,3 mm hingga 0,5 mm sehingga membuat atap ini cukup ringan. 

Karena atap ini cukup ringan, maka membuat proses pemasangannya lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Meski ringan, daya tahan dari atap yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, atap spandek ini tersedia dalam banyak variasi warna sehingga kamu bebas memilih warna sesuai dengan selera Pins.

Tidak hanya itu, atap spandek ini juga memiliki bentuk streamline yang membuat atap spandek ini tahan terhadap angin besar. Bahkan atap ini mampu mengurangi risiko ambruk jika terpaan angin cukup besar.

Baca Juga:

Namun, jika terdapat kelebihan tentu ada kekurangan yang dimiliki oleh atap jenis spandek ini. Pada atap spandek ini memiliki daya serap yang cukup tinggi terhadap panas matahari. Hal ini membuat suhu ruangan di dalam rumah lebih tinggi sehingga kamu mungkin akan mudah kegerahan. Kekurangan lain dari atap ini adalah suara berisik yang masuk ke dalam rumah. 

Hal ini disebabkan ketebalan atap yang tipis sehingga memudahkan suara keluar atau masuk dengan mudah. Tidak hanya itu, atap spandek ini juga bisa mengalami kebocoran jika terbentur dengan benda dengan permukaan yang keras. Kebocoran yang terjadi pada atap spandek ini perlu diganti secara keseluruhan karena kebocoran tidak bisa diperbaiki secara permanen

Jenis-jenis atap spandek sendiri cukup banyak, di antaranya adalah atap spandek zincalume yang terbuat dari campuran 55% aluminium, 43% zinc dan 2% silikon. Selain itu juga terdapat jenis atap spandek pasir yang memiliki bobot sangat ringan dah dilengkapi dengan lapisan pasir untuk meredam suara. 

Jenis atap spandek selanjutnya adalah atap spandek lengkung yang memiliki bentuk melengkung sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jenis atap spandek terakhir adalah laminasi yang memiliki material dasar aluminium yang diperkuat dengan lapisan foil. Jenis atap laminasi ini memiliki daya tahan yang kuat sehingga cukup awet.

Baca Juga:

Rumus Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

(Pinterest)

Dalam perhitungan kebutuhan atap spandek, tentu kamu harus menghitungnya dengan sangat teliti sebelum benar-benar melakukan proses pemasangan atap. Hal ini untuk mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan atap. Dengan melakukan perhitungan ini, kamu juga jadi bisa memperhitungkan budget yang harus kamu keluarkan. Berikut ini rumus dari perhitungan kebutuhan atap spandek.

Jumlah kebutuhan atap = Luas bidang atap x Koefisien genteng terhadap bidang

Misalnya, bidang atap mirip miliki Pins memiliki panjang sisi mirip 10 meter dengan lebar 8 meter. Kemudian kamu memutuskan untuk menggunakan atap spandek dengan ukuran 0,75 x 3 m. Berikut perhitungan kebutuhan atapnya.

Panjang x Lebar atap = 8 m x 6 m = 80 m2

Koefisien atap spandek = 1 / (0,75 x 30) = 0,444 buah / meter2

Jumlah kebutuhan atap = (2 x 80 m2) x 0,444 lembar

= 160 m2 x 0,444 lembar = 71,04 yang dibulatkan menjadi 72 lembar.

Baca Juga:

Cara Pasang Atap Spandek

cara menghitung kebutuhan atap spandek
(Pinterest)

Jika PIns sudah melakukan perhitungan kebutuhan atap spandek, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang atap spandek. Ini dia tahapan memasang atap spandek, yaitu:

  • Mengukur jarak tumpuan
  • Desain kuda-kuda baja ringan
  • Pemasangan kuda-kuda
  • Pemasangan reng baja ringan
  • Pemasangan atap spandek
  • Pemasangan nok pinggir, flashing, talang dan rabung 

Selain cara menghitung kebutuhan atap spandek, penting juga untuk mencari tahu bagaimana cara mengukur jarak tumpuan. Hal ini sangat penting sebelum melakukan pemasangan atap supaya tumpuan ini presisi dan sesuai dengan desain atap rumah yang ingin kamu buat.

Dalam pemasangan atap spandek ini, pastikan pemasangan atap presisi dan sesuai dengan desain yang telah kamu rancang. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebocoran atap terutama pada saat musim hujan.

Itulah informasi mengenai apa itu atap spandek, jenis-jenisnya, serta cara menghitung kebutuhan atap spandek yang bisa kamu gunakan untuk menghitung kebutuhan atap di rumah sehingga kamu dapat memperkirakan pengeluaran kamu untuk atap rumah.

Baca Juga:

Featured Image Source: Harapanrakyat.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia