BlogPemilik PropertiDesain HunianBegini Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek dengan Benar
0
0

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek dengan Benar

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Des 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung kebutuhan atap spandektop-right-banner

Jika Pins membangun rumah, tentu salah satu komponen yang sangat penting pada rumah adalah atap. Tanpa atap, bagian dalam rumah akan merasakan teriknya sinar matahari atau basah akibat kehujanan. Itu sebabnya, ancangan atap perlu dipikrkan mulai dari bentuk atap, luas hingga material atap. Salah satu yang sering digunakan adalah atap spandek. Namun, kamu mungkin bingung dengan cara menghitung kebutuhan atap spandek dengan benar.

Setelah tahu bagaimana cara menghitung kebutuhan atap spandek dengan benar, akan membuat rumah kamu semakin nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Griya Parama, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi atau di sekitar Stasiun Bekasi menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu Atap Spandek

cara menghitung kebutuhan atap spandek
Source : Pinterest

Atap spandek adalah salah satu jenis atap rumah yang dibuat dengan komposisi 55% aluminium dan 43% seng. Jenis atap spandek ini sangat diminati di pasaran karena memiliki ketahanan yang sangat kuat dan kokoh. Ketebalan atap ini mulai dari 0,3 mm hingga 0,5 mm sehingga membuat atap ini cukup ringan. 

Meski ringan, daya tahan dari atap yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, atap spandek ini tersedia dalam banyak variasi warna sehingga kamu bebas memilih warna sesuai dengan selera Pins.

Tidak hanya itu, atap spandek ini juga memiliki bentuk streamline yang membuat atap spandek ini tahan terhadap angin besar. Bahkan atap ini mampu mengurangi risiko ambruk jika terpaan angin cukup besar.

Namun, jika terdapat kelebihan tentu ada kekurangan yang dimiliki oleh atap jenis spandek ini. Pada atap spandek ini memiliki daya serap yang cukup tinggi terhadap panas matahari. Hal ini membuat suhu ruangan di dalam rumah lebih tinggi sehingga kamu mungkin akan mudah kegerahan. Kekurangan lain dari atap ini adalah suara berisik yang masuk ke dalam rumah. 

Ada berbagai jenis atap spandek yang tersedia. Salah satunya adalah atap spandek zincalume yang terbuat dari campuran aluminium (55%), zinc (43%), dan silikon (2%). Selain itu, ada juga atap spandek pasir yang memiliki bobot ringan dan dilengkapi dengan lapisan pasir untuk meredam suara.

Jenis lainnya adalah atap spandek lengkung yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Terakhir, ada atap laminasi dengan bahan dasar aluminium yang diperkuat dengan lapisan foil. Jenis atap laminasi ini memiliki daya tahan yang tinggi dan awet.

Baca juga:

Rumus Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

Source : Pinterest

Dalam perhitungan kebutuhan atap spandek, tentu kamu harus menghitungnya dengan sangat teliti sebelum benar-benar melakukan proses pemasangan atap. Hal ini untuk mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan atap. Dengan melakukan perhitungan ini, kamu juga jadi bisa memperhitungkan budget yang harus kamu keluarkan. Berikut ini rumus dari perhitungan kebutuhan atap spandek.

Jumlah kebutuhan atap = Luas bidang atap x Koefisien genteng terhadap bidang

Misalnya, bidang atap mirip miliki Pins memiliki panjang sisi mirip 10 meter dengan lebar 8 meter. Kemudian kamu memutuskan untuk menggunakan atap spandek dengan ukuran 0,75 x 3 m. Berikut perhitungan kebutuhan atapnya.

Panjang x Lebar atap = 8 m x 6 m = 80 m2

Koefisien atap spandek = 1 / (0,75 x 30) = 0,444 buah / meter2

Jumlah kebutuhan atap = (2 x 80 m2) x 0,444 lembar

= 160 m2 x 0,444 lembar = 71,04 yang dibulatkan menjadi 72 lembar.

Baca juga:

Cara Pasang Atap Spandek

cara menghitung kebutuhan atap spandek
Source : Pinterest

Jika PIns sudah melakukan perhitungan kebutuhan atap spandek, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang atap spandek. Ini dia tahapan memasang atap spandek, yaitu:

  • Mengukur jarak tumpuan
  • Desain kuda-kuda baja ringan
  • Pemasangan kuda-kuda
  • Pemasangan reng baja ringan
  • Pemasangan atap spandek
  • Pemasangan nok pinggir, flashing, talang dan rabung 

Selain cara menghitung kebutuhan atap spandek, penting juga untuk mencari tahu bagaimana cara mengukur jarak tumpuan. Hal ini sangat penting sebelum melakukan pemasangan atap supaya tumpuan ini presisi dan sesuai dengan desain atap rumah yang ingin kamu buat.

Dalam pemasangan atap spandek ini, pastikan pemasangan atap presisi dan sesuai dengan desain yang telah kamu rancang. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebocoran atap terutama pada saat musim hujan.

Itulah informasi mengenai apa itu atap spandek, jenis-jenisnya, serta cara menghitung kebutuhan atap spandek yang bisa kamu gunakan untuk menghitung kebutuhan atap di rumah sehingga kamu dapat memperkirakan pengeluaran kamu untuk atap rumah.

Baca Juga:

Featured Image Source: Harapanrakyat.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download