Pinhome

10 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Optimal

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 15 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara mengecilkan paha mungkin jadi salah satu hal yang membuat Mom penasaran. Bagaimana tidak, lemak di area kaki memang membuat gerak badan kurang nyaman. Selain itu, lemak jahat juga dapat memengaruhi kesehatan, Mom. Tak hanya memengaruhi kenyaman dan kesehatan, mungkin pertimbangan penampilan juga kerap menghantui.

Pinhome – Untuk menunjang penampilan yang lebih paripurna dengan kaki jenjang yang terbebas dari lemak jahat. Mom bisa mencoba beberapa cara mengecilkan paha. Alih-alih mengandalkan cara instan, Mom dapat menjajal olahraga ringan sebagai cara terbaik mengecilkan paha dan betis.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Dengan Olahraga

Olahraga yang bisa mengecilkan paha dan betis

(Freepik)

Baca Juga: Yuk Olahraga Senam Erobik Dan Ketahui Manfaat Baiknya

Berikut Pinhome rangkum segudang cara mengecilkan paha dan betis yang dapat Mom jajal di rumah:

  • Lompat tali atau skipping

Tak perlu keluar rumah, Mom dapat melakukan olahraga ini di halaman atau di dalam ruangan yang lega. Lompat tali selain melatih fokus, olahraga jenis ini juga akan meningkatkan otot-otot di sekitar sendi pergelangan kaki. Jangan disepelekan, lompat tali kerap kali digunakan sebagai olahraga tambahan bagi pemain basket hingga petenis.

Gerakan lompat tali memang akan banyak bertumpu pada kaki, terutama betis dan paha. Mom dapat melakukan skipping secara rutin dengan durasi mulai 20 hingga 30 menit, Mom. Tidak perlu ragu memulai dari mana, Mom bisa menirukan beberapa gerakan lompat tali yang banyak variasinya.

Baca Juga: Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Yang Baik Untuk Pemula

Ada gerakan lompat tali depan dasar, gerakan belakang dasar, langkah kaki, gallop ke samping, lengan menyilang, hingga ayunan lengan dan kaki. Mom dapat mengombinasikan beberapa gerakan skipping tersebut supaya olahraga jadi lebih menyenangkan.

  • Squats

Olahraga berikutnya yang mudah dilakukan saat di rumah adalah squats. Gerakan squats tentu akan membantu mengecilkan paha dan betis. Gerakan squats akan membuat aktif otot bagian pinggang, paha, dan betis. Untuk melakukan squats Mom bisa memulai dengan gerakan seperti akan jongkok dengan bukaan kaki yang sedikit lebih lebar dari pinggul. Ketika memulai setiap gerakan, jangan lupa untuk selalu mengatur napas dengan baik.

Usahakan untuk melakukan gerakan ini selama kurang lebih 15 hingga 30 detik dan ulangi sebanyak 10 kali, Mom. Riset dari Harvard Medical School menjelaskan bahwa squats efektif menghilangkan kalori dan memperkuat otot tubuh bagian bawah. Jadi, dengan rutin melakukan squats, Mom bisa mendapatkan kaki yang lebih proporsional tanpa dihantui rasa khawatir akan lemak yang membuat paha dan betis tampak besar.

  • Yoga

Melakukan yoga secara rutin tidak hanya membuat pikiran dan diri lebih tenang. Beberapa gerakan yoga nyatanya juga membuat kaki semakin kuat dan terbebas dari lemak jahat. Gerakan yoga tersebut adalah bridge, goddess, reverse warrior.  Rutin melakukan yoga sudah pasti jadi cara mengecilkan paha dengan bonus mendapatkan rasa tenang di pikiran.

  • Bersepeda

Belakangan ini bersepeda kembali jadi salah satu olahraga yang digandrungi masyarakat Indonesia. Tak sedikit yang menjadikan bersepeda sebagai hobi. Bagi Mom yang sedang dalam masa diet atau ingin mengecilkan paha dan betis, nampaknya bersepeda wajib dijadikan hobi baru. Ketika bersepeda tentu Mom akan melakukan gerakan mengayuh pedal. Gerakan mengayuh akan membantu membakar lemak area kaki dan ampuh untuk mengecilkan paha. Supaya hasilnya tampak maksimal, Mom tentu harus rutin bersepeda.

  • Berenang

Alternatif olahraga lainnya yang dapat dilakukan untuk mengecilkan paha dan betis yaitu berenang. Seperti diketahui, berenang akan membuat hampir seluruh anggota badan berperan melakukan gerakan. Untuk bisa mendapatkan paha dan betis, tentu Mom harus mengatur jarak renang. Semakin jauh jaraknya, maka Mom bisa membakar kalori lebih cepat, terutama jika diimbangi dengan gaya berenang yang baik dan benar.

Selain olahraga, Mom tentu harus mengimbangi dengan asupan makanan sehat. Nah, ternyata ada sejumlah minuman dan makanan yang dapat membantu mengecilkan paha dan betis. Mau tahu apa saja?

Makanan yang dapat membantu mengecilkan paha dan betis

(Freepik)

Yuk,  simak beberapa makanan dan minuman yang juga dapat dijadikan sebagai alternatif mengecilkan paha dan betis.

  • Mengonsumsi buah Alpukat

Alpukat memang jadi salah buah andalan ketika seseorang sedang ingin menurunkan berat badan. Selain rasanya yang legit, buah alpukat akan memberikan sensasi kenyang lebih lama, Moml. Mom dapat mengonsumsinya langsung atau dipadukan dengan sajian salad lezat.

  • Makan olahan tempe

Tentu Mom sudah tidak asing lagi ya dengan tempe. Makanan yang berbahan kedelai ini nyatanya bisa menambah massa otot, Mom. Mengonsumsi asupan protein nabati juga akan membuat perut terasa kenyang. Jadi, makan olahan tempe akan mengurangi risiko lemak jahat bersarang di tubuh. Selain itu, pastikan tidak menggunakan minyak berlebihan ketika membuat sajian berbahan dasar dari tempe, Mom.

  • Ganti camilan dengan kacang-kacangan

Bagi Mom yang doyan ngemil, tak perlu menyiksa diri menghentikannya. Hanya saja, Mom dapat mengganti kebiasaan ngemil makanan yang kurang sehat dan menggantinya dengan kacang-kacangan. Kacang nyatanya jadi sumber serat pangan terbaik yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Seratnya juga mudah dicerna oleh tubuh. Dengan begitu, Mom tidak perlu risau paha atau betis membengkak gegara ngemil.

  • Konsumsi teh hijau secara rutin

Jika asupan makanan aman, ini saatnya Mom mencatat minuman sehat yang dapat membantu mengecilkan paha dan betis. Teh hijau jadi minuman sehat pertama yang diandalkan banyak orang untuk menghilangkan lemak di beberapa bagian tubuh. Selain efektif membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat membantu menjaga imun tubuh karena kaya akan kandungan antioksidannya.

  • Selalu hidrasi tubuh dengan minum air putih

Air putih memang tak boleh dilupakan untuk dikonsumsi. Air putih bahkan jadi minuman utama diet yang ampuh. Tanpa disadari, mengonsumsi air putih bisa membuat perut terasa lebih kenyang, terutama jika diminum sebelum makan. Air putih juga membantu pembakaran kalori pada tubuh, Mom.

Itu tadi 10 cara mengecilkan paha dan betis yang dapat Mom tiru. Selain berolahraga, memang ada baiknya menjaga pola makan yang lebih seimbang. Selamat mencoba, Mom!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia