BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Menata Rumah Tipe 30/60 Agar Terasa Lapang
0
0

5 Cara Menata Rumah Tipe 30/60 Agar Terasa Lapang

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 2, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tipe 30/60 merupakan tipe rumah yang umum dan bisa dijadikan pilihan bagi pembeli rumah pertama kali. Di internet, banyak orang yang sering bertanya tentang perumahan tipe 30 60. Salah satunya terkait dengan pertanyaan, “Berapa meter rumah tipe rumah 30/60 ?”

Umumnya perumahan tipe 30 60 mengacu pada tipe perumahan dengan luas bangunan 30 meter persegi dan luas kavling 60 meter persegi. Berdasarkan hal itu, jika Kamu bertanya, tipe rumah 30 60 berapa tumbak? Jawabannya adalah 4,3 tumbak.

Pasalnya, seperti yang kalian ketahui, satu tumbak sama dengan 14 meter persegi. Oleh karena itu, para artikel ini kami akan membahas khusus perumahan tipe 30/60 mulai dari desain, tata ruang, hingga rekomendasi lengkapnya.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Pelajari Desain

Desain perumahan 30/60 kurang cocok untuk tempat tinggal keluarga besar karena ukuran bangunan yang relatif kecil. Oleh karena itu, perumahan tipe 30/60 seringkali menyasar pasangan muda dan masyarakat yang masih tinggal sendiri (belum menikah). Biasanya, rumah berukuran 30/60 memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang keluarga yang terbuka langsung ke dapur.

Rumah tipe 30/60 untuk area outdoor menawarkan desain carport minimalis yang bisa menampung mobil dan sepeda motor. Jika tidak, Kamu bisa membuat taman kecil di area depan rumah. Untuk lebih jelasnya, ditampilkan dimensi setiap ruangan yang berlaku untuk rumah dengan dimensi 30/60.

  • Ruang tamu + dapur memiliki luas 9 m² (3 x 3 meter)
  • Kamar utama berukuran 9 m² (3 x 3 meter)
  • Kamar anak berukuran 7,5 m² (2,5 x 3 meter)
  • Kamar mandi berukuran 3,75 m² (1,5 x 2,5 meter)

Ukuran rumah tipe 30/60 justru terlihat sempit dan kecil. Namun, dengan tata letak yang tepat, rumah sebesar ini bisa dibuat lebih besar lagi. Pengaturannya sangat mudah. Yang penting Kamu harus bisa memaksimalkan sirkulasi udara dan penetralan cahaya ke dalam rumah Kamu. Selain itu, perabotan rumah juga harus memudahkan pergerakan penghuninya. Berikut ini akan dijelaskan secara detail cara menata rumah tipe 30/60.

Cara Menata

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu tiru:

1. Jangan Simpan Banyak Barang

Source : Pixabay

Cara pertama untuk menata rumah tipe 30/60 adalah dengan menghindari menyimpan banyak perabotan di dalamnya. Ini karena perabot yang menumpuk akan menghabiskan banyak ruang, membuat rumah terlihat lebih sempit. Variasi furnitur yang multifungsi sangat cocok untuk area dapur. Menggunakan dapur yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan adalah salah satu contohnya. Sebaliknya, ia tidak menghabiskan banyak tempat.

2. Manfaatkan Ruang Vertikal

Memanfaatkan ruang vertikal adalah ide bagus untuk menata interior rumah mungil seperti tipe ini. Menerapkan rak tinggi untuk menyimpan berbagai barang atau hiasan, seperti buku dan tanaman hias di dalam rumah, adalah contoh penerapannya.

Kamujuga dapat meningkatkan area dinding dengan memasang lukisan dan foto keluarga. Desain rumah 30/60 pasti akan lebih menarik dengan dekorasi sederhana

3. Zona di Ruang Tengah

Source : Pixabay

Jika ukuran ruang Kamuterbatas, mungkin tidak nyaman untuk memiliki satu ruang tengah yang digunakan bersama; ini dapat digunakan untuk ruang keluarga, ruang tamu, atau dapur. Namun, Kamu dapat membagi area sesuai fungsinya untuk membuat tertata dan rapi.

Caranya adalah dengan menambahkan sekat di rumah minimalis untuk membagi ruang.

4. Menambah Lantai Mezzanine

Ini adalah cara terakhir untuk menata ini. Jika plafon rumah memadai tinggi , metode ini sangat mungkin diterapkan. Mezzanine kemudian dapat digunakan sebagai ruang tambahan untuk kamar tidur, keluarga, atau ruang kerja.

5. Kombinasi Furnitur Utama

Source : Pixabay

Para ahli sering menyarankan untuk memilih furnitur berkaki langsing agar ruang tamu terasa plong. Namun, cara menata rumah tipe 30/60 memiliki kelemahan, yaitu ruangan terasa kurang berbobot dan tidak tegas.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membuat komposisi perabot yang lebih seimbang dengan menggunakan penyangga ramping. Contohnya, gabungkan sofa yang penuh dengan meja kopi dengan kaki kecil. Atau sebaliknya, coba padankan meja tamu yang luas dengan kursi kaki lurus.

Rekomendasi Rumah Tipe 30/60

Source : Pixabay

Setelah mengetahui ukuran rumah 30/60 meter dan metode untuk menentukannya, rekomendasi jenis hunian akan dibahas lebih lanjut. Daftar rumah tipe 30/60 yang tersedia di banyak kota besar di Indonesia. Salah satunya Kamu bisa cek disini ya: Rumah di Pada Asih Permai

Itu dia cara-cara menata rumah tipe 30/60 yang bisa Pins contek, semoga bisa cocok dengan rumah Kamu ya!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download