Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Cara Menabung untuk Beli Rumah Impian yang Mudah

Finansial

Cara Menabung untuk Beli Rumah Impian yang Mudah

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Sekarang ini, banyak orang yang kesulitan untuk memiliki rumah impian mereka. Ada berbagai alasan, mulai dari jumlah pendapatan yang kecil, tingginya kebutuhan hidup, dan hutang yang ada di mana-mana. Sebenarnya Pins bisa mendapatkan rumah impian dengan cara menabung. Berikut ini adalah cara menabung untuk beli rumah yang bisa Pins lakukan mulai sekarang.

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Cara menabung pertama adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Pins pasti akan lebih fokus dan bersungguh-sungguh saat menabung kalau punya tujuan yang jelas. Misalnya Pins ingin membahagiakan keluarga atau memiliki hunian yang nyaman. Tentunya tabungan yang Pins kumpulkan tidak akan berjalan dengan asal-asalan.

menabung untuk beli rumah
Begitu menetapkan keputusan untuk membeli rumah, Pins harus fokus terhadap tujuan tersebut (rawpixel)

Cara menabung untuk beli rumah ini juga bisa membantu Pins untuk menyusun rencana keuangan Pins agar lebih terkoordinasi dengan baik. Tapi, jangan sampai tujuan ini hanya Pins ingat di awal menabung karena bisa menghancurkan semua rencana yang telah Pins tentukan. Pastikan Pins selalu fokus dengan tujuan Pins menabung agar memiliki rumah impian segera terwujud.

2. Melunasi Hutang yang Ada

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan melunasi hutang yang Pins miliki saat ini. Hal ini penting untuk Pins lakukan untuk kelancaran proses menabung yang Pins lakukan nantinya. Apalagi memang sebaiknya hutang itu segera dibayarkan agar menyulitkan orang yang Pins hutangi.

menabung untuk beli rumah
Sebelum menabung untuk membeli rumah, sebaiknya lunasi dulu hutang-hutang yang sedang berjalan (rawpixel)

Cara menabung untuk beli rumah ini bisa mengurangi beban pikiran Pins. Selain itu, Pins bisa lebih tenang dan lancar untuk fokus menabung agar segera memiliki rumah sendiri. Dengan begitu proses menabung untuk membeli rumah pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

3. Tetapkan Target Tabungan

Cara menabung untuk beli rumah yang ketiga adalah tetapkan target tabungan. Dengan menetapkan target, maka kegiatan menabung yang Pins lakukan akan terasa lebih menyenangkan dan mudah karena  lebih tersistem atau terkoordinasi dengan baik.

menabung untuk beli rumah
Untuk membantu proses menabung, ada baiknya menentukan target sejak awal (rawpixel)

Cara menabung untuk beli rumah berikut ini juga bisa mengontrol keuangan Pins dengan sangat baik. Akan lebih baik lagi, kalau Pins menerapkan sanksi saat Pins tidak bisa mencapai target tersebut nantinya. Jadi, Pins tidak perlu menetapkan target yang terlalu besar karena yang paling penting adalah kesanggupan Pins untuk memenuhi target tersebut secara konsisten.

4. Tentukan Jumlah Yang Tepat

Menentukan jumlah tabungan secara tepat merupakan salah satu cara menabung untuk beli rumah yang baik. Setelah Pins mengetahui tujuan dan menetapkan target tabungan, maka Pins harus menentukan jumlah nominal yang harus Pins sisihkan setiap bulannya. Oleh karena itu, Pins harus melakukan perhitungan keuangan dengan cara menentukan rasio tabungan berdasarkan pendapatan.

Saat melakukan cara menabung untuk beli rumah ini, Pins tidak perlu menargetkan nominal yang terlalu besar. Pins harus perhatikan juga kebutuhan lainnya yang harus Pins penuhi setiap bulannya. Jangan sampai Pins menargetkan jumlah nominal tabungan dalam jumlah besar tetapi malah mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.

5. Kelola Pengeluaran Dengan Ketat

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu mengelola pengeluaran dengan ketat. Biasanya pengeluaran menjadi alasan seseorang menunda kegiatan menabungnya. Oleh karena itu, Pins harus lebih berhati-hati untuk membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan.

menabung untuk beli rumah
Hitung kembali pengeluaran Pins agar tabungan dan cicilan nantinya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan (rawpixel)

Cara menabung untuk beli rumah yang satu ini tampaknya cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, Pins harus mengingat kembali tujuan dan target yang telah Pins buat. Dengan begitu, keuangan dan rencana Pins untuk segera mendapatkan rumah impian tetap lancar tanpa adanya hambatan.

6. Menabung Dengan Emas

Menggunakan emas merupakan salah satu cara menabung untuk beli rumah terbaik. Emas merupakan bentuk investasi yang cukup aman karena tidak terpengaruhi oleh kenaikan inflasi. Dengan nilai yang stabil tersebut tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk tabungan Pins.

menabung untuk beli rumah
Agar tabungan dapat bertambah secara pasif, Pins bisa mencoba berinvestasi di tempat yang aman (rawpixel)

Cara menabung untuk beli rumah dengan emas ini nampaknya cukup berguna untuk memenuhi keinginan Pins untuk memiliki rumah. Tapi, jangan lupa untuk pelajari terlebih dahulu mengenai investasi dengan menggunakan emas ini.

Baca juga: Beli Rumah dengan KPR? Pahami Dulu Proses dan Prosedur Akad Kredit dari Awal hingga Akhir

7. Hidup Hemat

Cara menabung untuk beli rumah nomor tujuh adalah membiasakan hidup hemat. Hal ini nampaknya masih berkaitan dengan cara nomor lima dimana Pins harus mengelola pengeluaran dengan ketat. Tentunya, hal tersebut harus didukung oleh pola hidup hemat yang harus Pins jalani.

menabung untuk beli rumah
Selama masa menabung untuk membeli rumah, hindari pengeluaran bersifat konsumtif (rawpixel) 

Dengan melakukan cara menabung untuk beli rumah ini, Pins akan terhindar dari masalah keuangan di kemudian hari. Karena uang yang Pins punya tidak akan digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Selain itu, jumlah uang yang Pins tabungkan bisa lebih besar dan kemungkinan untuk membeli rumah bisa segera terwujud.

8. Mengumpulkan Uang Dalam Nominal Tertentu

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan uang dalam nominal tertentu. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan untuk menabung demi membeli rumah impian. Bahkan Pins bisa melakukannya kapan saja jika memang memungkinkan.

Pins bisa melakukan cara menabung untuk beli rumah ini dengan menyisihkan uang dalam nominal kecil. Contohnya seperti uang pecahan lima ribu rupiah, sepuluh ribu rupiah hingga lima puluh ribu rupiah. Tentunya Pins bisa memasukkannya dahulu ke dalam wadah khusus atau celengan dan menabungkan nya ke rekening di akhir bulan jika jumlahnya sudah banyak.

9. Belanja Keperluan Dengan Cerdas

Selanjutnya, cara menabung untuk beli rumah adalah dengan melakukan belanja keperluan harian atau bulanan dengan strategi khusus. Hal ini bertujuan untuk mengontrol jumlah pengeluaran yang harus Pins keluarkan setiap bulannya. Untuk itu, Pins harus melakukan strategi atau cara yang cerdas untuk mengatur pengeluaran ini.

Untuk melakukan cara menabung untuk beli rumah ini, Pins bisa membuat daftar keperluan yang harus dibeli sebelum berbelanja. Penting juga untuk Pins mematuhi aturan bahwa yang bisa Pins beli hanya yang ada pada daftar tersebut saja. Dengan begitu, keperluan lain yang kurang penting akan sedikit berkurang dan penggunaan uang semakin efisien.

10. Menabung Dalam Bentuk Rumah

Cara menabung untuk beli rumah yang terakhir adalah menabung dalam bentuk rumah. Maksudnya adalah Pins bisa menabung sambil membayangkan uang tersebut akan dibangunkan salah satu bagian rumah. Jadi, tanpa Pins sadari, Pins telah menjadikan uang tabungan tersebut sebagai cicilan untuk membangun rumah.

menabung untuk beli rumah
Menabung sambil membayangkan visi yang jelas tentang rumah Pins dapat memacu motivasi (rawpixel)

Tentunya cara ini cukup menyenangkan dan bisa memacu semangat Pins untuk terus menabung. Tabungan Pins hari ini bisa Pins anggarkan untuk membangun pondasi, dan bulan berikutnya untuk bagian rumah lainnya. Dengan begitu, sedikit demi sedikit impian Pins untuk membeli rumah pun akan segera tercapai.


Itulah tadi 10 cara menabung untuk beli rumah yang bisa Pins lakukan. Menabung memang menjadi salah satu cara yang paling mudah dan mungkin untuk Pins lakukan jika ingin memiliki rumah impian. Namun, semua itu kembali lagi kepada sekuat apa tekad Pins untuk memiliki rumah sendiri. Karena banyak diluar sana yang hanya memiliki keinginan namun tidak mau bersabar untuk menabung.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel