Pinhome

Tips Properti

Cara Memilih Rumah Apartemen Jakarta yang Nyaman dan Aman

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Semua orang ingin memiliki hunian yang nyaman dan aman tersendiri. Namun, dengan harga rumah yang tinggi, menyebabkan orang memilih opsi lain untuk memiliki tempat tinggal. Apalagi harga rumah apartemen Jakarta yang sangat mahal membuat orang cenderung kontrak dibandingkan dengan membeli rumah.

Pinhome – Namun, untuk Pins yang ingin memiliki tempat tinggal sendiri di ibu kota, dapat memilih rumah apartemen Jakarta. Meskipun tergolong mahal, rumah apartemen Jakarta masih dapat dijangkau dan dimiliki. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang di Jakarta cenderung membeli apartemen dibandingkan membeli rumah.

rumah apartemen jakarta
Hunian vertikal menjadi pilihan bagi para penduduk ibu kota (Unsplash)

Membeli rumah apartemen Jakarta memang lebih murah dibandingkan membeli rumah. Namun dalam membeli apartemen, ada beberapa hal yang wajib pins perhatikan agar tidak sampai rugi. Karena saat ini banyak kejadian yang bisa menyebabkan pins rugi. Jadi, ketika ingin membeli rumah apartemen Jakarta, pastikan untuk mempelajari beberapa hal berikut:

1. Cek Jejak Pengembang

Hal pertama yang wajib pins lakukan ketika ingin membeli rumah apartemen Jakarta adalah jejak pengembang. Saat ini banyak kasus dimana pengembang kabur dan meninggalkan pembangunan di tengah proses. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi para investor dan calon pembeli.

Jadi sebelum melakukan pembelian, cek proyek-proyek yang pernah dikerjakan oleh pengembang tersebut. Pins juga bisa melakukan pengecekan kredibilitasnya dari asosiasi perhimpunan penghuni rumah susun seluruh Indonesia.

2. Legalitas & Hak Guna Bangunan

Salah satu yang sering terjadi ketika membeli sebuah apartemen adalah keterlambatan proses serah-terimanya. Hal ini biasanya disebabkan karena belum adanya hak guna bangunan, sehingga pengembang tidak bisa memulai pembangunan.

rumah apartemen jakarta
Sebelum melakukan persetujuan transaksi, ketahui dulu kejelasan legalitas kepemilikan rumah apartemen (Scott Graham/Unsplash)

Jadi pada awal proses memilih rumah apartemen Jakarta, tanyakan kejelasan hak guna bangunan, surat IMB sampai SIPPTnya. Karena inilah yang nantinya akan menentukan pembangunan telat atau tidak.

3. Status Kepemilikan

Status kepemilikan ketika membeli rumah apartemen Jakarta berbeda jika dibandingkan beli rumah. Ketika membeli apartemen ada dua macam status yang bisa didapatkan yaitu sertifikat hak kepemilikan rumah susun dan sertifikat hak kepemilikan bangunan Gedung.

Namun pada umumnya, yang akan didapatkan adalah sertifikat jenis kedua. Akan tetapi, hal ini tetap perlu dipastikan di awal sehingga tidak salah pengertian di kemudian hari.

4. Mengecek Struktur Bangunan

Jika ingin membeli rumah apartemen Jakarta yang telah jadi, usahakan untuk mengecek kondisi bangunan terlebih dahulu. Tanyakan usia bangunan dan kondisi dari struktur bangunan yang ada. Pastikan kondisinya tidak ada yang retak atau tua, sehingga aman jika akan ditempati.

rumah apartemen jakarta
Sebelum memutuskan untuk memilih rumah apartemen, sebaiknya cek dulu kualitas bangunan yang akan dibeli (Charles Deluvio/Unsplash)

5. Sistem Pembayaran

Hal lain yang tidak kalah penting dalam pembelian rumah apartemen Jakarta adalah proses pembayarannya. Jika membeli dari developer, maka biasanya akan program cicilan. Namun hal ini mungkin tidak tersedia jika pins membeli apartemen dari perseorangan. Jadi tanyakan sistem atau program pembayaran yang disediakan untuk meringankan proses pembayaran.

Tips Memilih Rumah Apartemen Jakarta yang Tepat

Setelah memastikan poin-poin diatas, maka waktunya mencari apartemen yang tepat. Tepat dalam hal ini apartemen yang nyaman dan aman untuk penghuni. Cek beberapa hal yang ada di sekitar apartemen sebelum membeli apartemen tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hunian rumah apartemen Jakarta yang terbaik:

1. Lokasi Strategis

Ketika membeli rumah apartemen Jakarta, pastikan untuk memilih yang lokasinya strategis. Dengan macet dan penuhnya kota Jakarta, usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan kebutuhan pins. Contoh pilihlah apartemen yang dekat dengan kantor atau sekolah pins untuk mengurangi waktu di jalan.

rumah apartemen jakarta
Pastikan rumah apartemen yang kamu pilih memiliki akses mudah ke pusat kegiatanmu (Sylwia Bartyzel/Unsplash)

Atau pilihlah apartemen yang dekat dengan tol. Hal ini akan memudahkan pins dalam berkendara karena bisa langsung masuk dan keluar tol. Mungkin harganya akan mahal di awal, namun bisa menghemat di kemudian hari.

2. Fasilitas

Salah satu kelebihan pembelian apartemen dibandingkan dengan rumah adalah fasilitas yang didapatkan. Sehingga sebelum membeli rumah apartemen Jakarta, cek dulu fasilitas yang didapatkan. Karena ini juga akan menentukan apakah pins butuh beli perabotan baru atau tidak untuk huniannya.

rumah apartemen jakarta
Salah satu fitur rumah apartemen yang paling diminati adalah kolam renang (Joe Ciciarelli/Unsplash)

Selain itu, cek juga fasilitas yang ada di sekitar apartemen. Apakah terdapat kolam renang, toko sampai gym untuk digunakan para penghuninya. Semakin banyak fasilitas yang didapatkan, semakin nyaman hunian pins.

3. Sistem Keamanan

Jangan lupa untuk menanyakan sistem keamanan yang akan digunakan di dalam rumah apartemen Jakarta. Sebagai ibukota Indonesia yang memiliki tingkat kejahatan yang cukup tinggi, sistem keamanan sangatlah penting. Tanyakan proses/ SOP ketika ada tamu masuk atau keluar. Atau jika ada kendaraan yang hilang. Ini merupakan hal simpel namun sangat penting untuk diketahui.

4. Fasilitas Parkir

Selain fasilitas perabotan dan toko, fasilitas parkir juga sangat penting untuk diketahui. Ada beberapa apartemen yang memiliki Batasan kendaraan bagi setiap penghuninya. Oleh karena itu, pastikan untuk menanyakan hal ini diawal agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

rumah apartemen jakarta
Lahan parkir merupakan salah satu fasilitas terpenting yang harus ditanyakan sebelum memutuskan membeli rumah apartemen (Andrey Kirov/Unsplash)

Baca juga: Referensi Rumah Apartemen Jakarta Terbaik

5. Biaya Penghuni

Setelah menjadi penghuni sebuah rumah apartemen Jakarta, penghuni nantinya akan terkena beberapa biaya. Pada umumnya biaya yang muncul adalah biaya kebersihan, keamanan dan parkir. Namun hal ini berbeda untuk setiap rumah apartemen Jakarta.

6. Tempat Pembuangan Sampah

Mungkin bagi sebagian orang ini tidak penting, namun mengetahui tempat pembuangan sampah sangat penting.  Jangan sampai tidak ada tempat pembuangan sampah yang jelas sehingga menyebabkan bau dan kotoran menumpuk. Jadi pastikan untuk menanyakan hal ini ketika membeli rumah apartemen Jakarta.

rumah apartemen jakarta
Pastikan pihak pengelola apartemen memiliki sistem pembuangan sampah yang baik, Pins! (Steve Johnson/Unsplash)

7. Lantai yang Tidak Terlalu Tinggi

Ketika membeli rumah apartemen Jakarta, pilihlah hunian yang tidak terlalu tinggi. Usahakan untuk memilih unit yang berada di lantai-lantai tengah dibandingkan dengan yang di lantai teratas. Hal ini untuk antisipasi saja jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun dengan posisi di lantai tengah, pins juga tetap bisa mendapatkan pemandangan indah.

rumah apartemen jakarta
Ketinggian lantai juga menjadi faktor penentu pemilihan rumah apartemen (Tim Russmann/Unsplash)

8. Penghuni Sekitar

Jika membeli apartemen yang sudah jadi, maka cobalah untuk cek penghuni di sekitar pins. Saat ini banyak orang yang membeli apartemen sebagai investasi dan lebih memilih untuk menyewakan apartemen. Hal ini bisa mengganggu jika sang penyewa tidak tahu aturan dan menyebabkan kebisingan.

9. Beberapa Pilihan

Ketika ingin membeli sebuah rumah apartemen Jakarta, pastikan untuk mencari beberapa pilihan. Jangan mudah untuk menentukan satu pilihan ketika belum menemukan pilihan lainnya. Jika ingin lebih mudah mendapatkan pilihan, mintalah bantuan agen properti. Cara ini akan lebih mahal, namun pins bisa mendapatkan pilihan yang lebih menjanjikan.

Jadi bagi para penghuni Jakarta yang menginginkan sebuah tempat tinggal, namun dana terbatas bisa memilih apartemen. Meskipun harganya tidak tergolong murah, tapi pins bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Selain itu, rumah apartemen Jakarta juga sangat menjanjikan untuk kedepannya untuk investasi karena bisa disewakan.

Namun sebelum membeli rumah apartemen Jakarta, pastikan untuk melakukan pengecekan seperti yang telah dijelaskan diatas. Lakukan juga beberapa tips untuk mendapatkan rumah hunian yang terbaik. Semoga tips-tips ini bisa membantu Pins dalam memilih apartemen di Jakarta.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel