BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Harga Paku Per Kg Paling Up-to-date
0
0

15 Harga Paku Per Kg Paling Up-to-date

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siapa diantara kamu yang kini sedang melakukan renovasi rumah? Renovasi yang dilakukan dalam bentuk membangun baru maupun memperbaiki, memerlukan peralatan di dalamnya. Salah satunya adalah paku. Tentunya, akan membutuhkan berapa harga paku per kg saat ini dan yang ter up to date.

Sebelum membuat dan melekatkan material, Pins perlu mengetahui kegunaan paku sesuai dengan kebutuhan. Paku bangunan memiliki jenis yang beragam dan tentunya memiliki perbedaan harga per kilogramnya.

Rumah Ekslusif harus andal dalam ketahanannya sehingga penting pula memilih jenis paku yang sesuai fungsinya. Sama halnya dengan manfaat fitur Pinhome yang mampu menampilkan data hunian Stasiun Rawa Buaya, kontrakan di Kebayoran Baru, rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Baca juga: Harga Bahan Bangunan Terbaru dan Terlengkap

Daftar Harga Paku Terbaru

Dari jenis-jenis paku yang tersedia di pasaran, beberapa diantaranya memang khusus dibuat dengan pelekatan material yang berbeda. Mayoritas menyesuaikan dengan bahan yang digunakan. Tingkat pelekatannya pun berbeda, ada yang permanen maupun tidak. Berikut terlampir jenis dan harga paku per kg paling terbaru.

1. Paku Kayu

Source : Wood Craft

Paku pertama merupakan paku yang digunakan khusus untuk material kayu. Kayu ini dapat melekatkan antar kayu dan biasanya menyesuaikan dengan jenis kayu yang digunakan.

Dikarenakan paku satu ini berbahan kayu, paku kayu tidak berfungsi untuk membuat lubang pada kayu. Tujuan utamanya adalah agar bagian antar kayu misal pada furnitur dapat melekat dengan baik. Terlampir harga paku per kg untuk kayu.

Jenis dan Ukuran PakuSatuanHarga
Paku Kayu 2 cmkgRp22.000
Paku Kayu 2,5 cmkgRp20.000
Paku Kayu 3 cmkgRp19.000
Paku Kayu 4 cmkgRp18.000
Paku Kayu 5 cmkgRp17.000
Paku Kayu 7 cmkgRp17.000
Paku Kayu 10 cmkgRp17.000

Baca juga: Ingin Bangun Rumah Sendiri? Ini Info Harga Bahan Bangunan Terbaru

2. Paku Beton

Selanjutnya paku tembok Pins! Sering disebut pula dengan paku beton, paku satu ini mampu merekatkan material beton. Jenisnya berbeda dari yang lain dan mampu menembus kerasnya dinding beton.

Terdiri dari dua model yaitu, paku beton putih dan paku beton hitam. Harga paku per kg dibanderol seharga Rp35.000 per kg dengan ketebalan yang bisa Pins pilih. Mulai dari 1 inch (2,5cm), 1 ¼ inch (3cm), 1,5 inch (4cm) hingga 10 cm dengan kualitas Taiwan.

3. Paku Payung

harga paku per kg
Source : Bukalapak

Bila melihat penampakan paku satu ini pasti Pins akan segera mengetahuinya. Paku yang berguna untuk ditancapkan pada material dinding, pembatas sekat ruangan dari triplek dan beberapa material lainnya yang tergolong tipis ini disebut paku payung.

Hanya dengan menggunakan tangan, paku dapat menancap dengan sempurna. Pins bisa mendapatkannya dari kisaran harga Rp8.000 – Rp10.000 untuk harga satu kotak besar, yang didalamnya terdapat 10 bungkus.

4. Paku Seng

Berbeda dengan paku payung yang mudah menancapnya hanya menggunakan tangan, paku seng tetap memerlukan palu dalam membantu penancapan. Paku seng khusus digunakan untuk penyambungan material seng, rumah atap asbes atau fiber dan mempunyai ciri serupa dengan atap payung namun bagian batang lebih panjang dan cenderung berulir. Harga paku yang dijual beragam, mulai dari Rp16.000 – Rp20.000 dalam 500 gram.

Baca juga: Harga Bahan Bangunan Naik, Properti Bisa Naik 20 Persen!

5. Paku Cacing

Source : Bukalapak

Paku satu ini memiliki fungsi penyambung papan atau kayu triplek. Paku cacing memiliki bentuk yang tidak familiar dan tentunya berbeda dengan paku biasanya.

Layaknya seperti hewan cacing, paku satu ini bisa Pins dapatkan dengan harga per bungkus Rp25.000 kurang lebih ¼ kg dan bisa digunakan untuk menyambung triplek ukuran 9mm, 12mm, 15mm dan 18 mm.

6. Paku Duplex

Nah, untuk ciri umum dari paku duplex berbeda lagi nih Pins! Uniknya paku duplex memiliki dua kepala. Fungsinya biasanya membantu dalam proses pengecoran bangunan dan menahannya agar ikatan kawat tidak bergeser. Umumnya memiliki ukuran 8 – 15 cm dengan harga beli lebih tinggi dibanding paku lainnya, yaitu Rp110.000/ dus dengan isi kurang lebih 1.000 pcs.

7. Paku Rivet

harga paku per kg
Source : Tokopedia

Apa Pins ingin melihat tampilan jenis paku unik lainnya? Paku rivet jawabannya. Paku ini cenderung menyerupai pentil ban, dan lurus tidak tajam.

Fungsi paku satu ini adalah menyambungkan bagian material plat besi secara permanen sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terlepas. Jenis paku satu ini tidak dapat dilepas lagi bila sudah dipasang.

Untuk mendapatkan paku satu ini, Pins bisa memilih sesuai dengan merek yang tersedia. Harga berkisar Rp10.000 – Rp30.000 per box.

8. Paku Kawat Baja

Source : Alibaba

Paku kawat baja sering disamakan dengan jenis paku beton. Namun, bila dilihat lebih seksama, paku satu ini memiliki kepala paku yang cenderung lebih tebal dibandingkan dengan paku beton.

Walaupun ukuran yang dipasarkan pun sama dengan paku beton yaitu 2-15 mm, paku kawat baja lebih umum digunakan oleh masyarakat. Bagian kepalanya pun memiliki guratan yang berfungsi kuat menahan beban palu. Harga per kg untuk paku kawat baja adalah Rp20.000.

Baca juga: Harga Bahan Bangunan Melambung Tinggi di Musim Penghujan

9. Paku Clout Head

Ciri khas tampilan paku jenis clout head selanjutnya. Paku satu ini memiliki kepala paku yang cenderung lebar dengan bagian batang pendek.

Cocok sekali untuk digunakan sebagai alat sambung antar kayu atau dimanfaatkan sebagai dowel sambungan. Harganya di pasaran berkisar Rp6.000 – Rp8.000/ 100 gram.

10. Paku Upholstery

harga paku per kg
Source : Sun Education

Nah, untuk jenis paku upholstery merupakan salah satu paku yang berguna untuk memperbaiki jok yang rusak. Tidak heran paku satu ini sering disebut pula sebagai paku jok.

Dengan mengganti kulit dari bagian jok yang rusak, Pins bisa merekatkan kembali menggunakan jenis paku upholstery. Sekilas menyerupai tampilan paku payung, namun paku ini bermaterial berbeda dan bisa Pins dapatkan dengan harga Rp30.000 – Rp35.000/ box isi 60 pcs.

11. Paku Bengkirai

Source : Tekscrew

Lain hal lagi dengan jenis paku bengkirai Pins. Paku ini memang berasal dari nama kayu dengan jenis yang keras. Tidak heran paku bengkirai mampu menembus benda keras seperti kayu dan merekat dengan baik.

Cocok digunakan untuk berbagai model kusen pintu dan jendela minimalis. Harga paku per kg tergantung dari ukuran dari paku berkisar Rp20.000 – Rp50.000.

12. Paku Pin

Untuk paku pin warnanya lebih mencolok dari paku jenis lainnya. Mempunyai kepala paku berwarna-warni, Pins akan menemukannya di beberapa papan pengumuman.

Paku ini berguna untuk menempelkan catatan maupun brosur pada papan yang lembut atau disebut dengan softboard. Harganya tergolong terjangkau mulai dari Rp2.000 – Rp5.000 per box isi 30 pcs.

13. Paku Veneer Pin

Source : Sehatq

Memiliki ukuran 1 hingga 6 cm paku veneer tergolong paku yang jarang digunakan. Paku satu ini berguna untuk memperkuat papan kayu laminasi agar tidak mudah lepas dan melekat dengan baik.

Untuk tampilannya, paku jenis veneer tergolong runcing, tipis dan memanjang. Walaupun begitu paku veneer kuat dan mudah dalam pengaplikasiannya. Biasanya dijual per pak isi 30 pcs dengan harga Rp15.000.

14. Paku Triplek

Untuk paku triplek sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis paku yang serbaguna. Umum pula digunakan, paku ini bisa digunakan untuk material reng, triplek, balok dan masih banyak lagi. Ukuran paku yang dijual mulai dari 2 cm hingga 12 cm dengan harga jual Rp50.000/ 2 kg.

15. Paku Tembak

harga paku per kg
Source : Bukalapak

Terakhir adalah jenis paku tembak. Mata paku cenderung berhimpitan dan sudah terjamin kekuatannya. Terbuat dari material baja, membuat paku satu ini dapat mengimbangi penggunaannya dengan mesin paku tembak.

Untuk harga relatif berbeda antar merek mulai dari Rp50.000 – Rp80.000 / 2 kg. Meski tergolong mahal, paku ini lebih praktis dan tentunya menghemat waktu pengerjaan.

Jadi bagaimana setelah mengetahui harga paku per kg di atas? kini kamu lebih siap bukan untuk renovasi maupun membangun rumah dari sekarang!

Baca juga:

Featured Image Source: Pxhere

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download