Pinhome

Tips Properti

Cara Daftar Agen Properti Online di Perusahaan Terbaik

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 15 June 2020 ∙ 6 menit membaca

Agen properti atau yang disebut juga broker dapat diartikan sebagai seorang perantara bagi penjual dan pembeli properti. Di zaman sekarang, pekerjaan ini bisa dilakukan secara online tanpa perlu sering berurusan ke luar sekalipun tergabung dalam sebuah perusahaan. Semua itu bisa dicapai asal Pins mengetahui cara daftar agen properti online.

Pinhome – Pins tentunya ingin bekerja di perusahaan terbaik. Karena itu, penting untuk memperbaiki kualitas diri terlebih dulu. Mulai dari cara kerja, legalitas, hingga peningkatan soft skill. Setelah itu, barulah Pins menerapkan cara daftar agen properti online di perusahaan terbaik.

Cara Kerja Agen Properti Online

Agen properti online bekerja dengan mengumpulkan dan memasarkan listing secara online. Media yang digunakan bisa berupa blog, media sosial, hingga portal properti. Listing sendiri artinya adalah kuasa yang diberikan pemilik properti kepada agen untuk menjualkannya.

Dalam mendapatkan listing, seorang agen tentunya melakukan perjanjian dengan pemilik properti. Salah satu hal paling penting untuk dibahas adalah bagaimana pembagian komisi dan biaya lainnya. Ini  berguna untuk mencegah kesalahpahaman di akhir.

sumber: hgtv

Selanjutnya, agen properti juga melakukan negosiasi dengan calon pembeli. Tidak hanya satu, tetapi juga beberapa calon lain jika negosiasi dengan calon sebelumnya gagal dilakukan. Ini dilakukan hingga terjadi kesepakatan jual beli.

Agen properti  hendaknya juga menangani pengurusan dokumen. Mulai dari pengecekan sertifikat, pembuatan AJB (Akta Jual Beli), hingga urusan balik nama. Begitu pula dengan urusan lain yang berkaitan dengan notaris dan BPN. Semua ini perlu dipahami sebelum menerapkan cara daftar agen properti online.

Dalam melakukan pekerjaannya itu, seorang agen properti bisa bekerja sendiri atau bergabung dengan sebuah perusahaan. Bekerja sendiri tentu memberikan peluang keuntungan lebih banyak karena tidak perlu berbagi dengan pihak lain. Tetapi dari segi jaminan, bekerja di perusahaan akan terasa lebih aman.

Pins perlu mengetahui cara daftar agen properti online jika ingin bergabung dalam sebuah perusahaan. Karena, sebuah perusahaan tentu menerapkan aturan dan berbagai syarat dalam perekrutan. Pilihlah perusahaan yang bagus demi perkembangan karir Pins di bidang properti ini.

Tetapi sebelumnya, Pins juga perlu mendapatkan izin terlebih dulu untuk menjadi seorang agen properti online terpercaya. Cara daftar agen properti online dalam hal perizinan juga mengharuskan seorang agen mengikuti uji kompetensi. Karenanya, agen properti perlu mempersiapkan diri untuk mendapatkan izin tersebut.

Cara Daftar Agen Properti Online dalam Mendapatkan Perizinan

Terdapat 2 macam izin yang perlu dimiliki seorang agen properti online yang ingin beroperasi. Keduanya diperlukan sebagai jaminan kredibilitas seorang agen properti online. Izin ini juga dapat menjadi pertimbangan sebuah perusahaan properti dalam perekrutan agen.

1. Sertifikasi Profesi

Izin pertama berupa sebuah sertifikasi profesi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Broker Properti Indonesia atau LSP BPI. Cara daftar agen properti online untuk mendapatkan sertifikasi ini cukup jelas dan mudah diikuti. Berbagai persyaratannya sudah tercantum di website LSP BPI.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Pins perlu terlebih dulu memiliki sertifikat pelatihan broker properti sebagai bukti lulus pelatihan. Sementara untuk kualifikasi pendidikan, agen yang akan mengikuti uji kompetensi harus minimal lulusan SMA dengan pengalaman setidaknya 5 tahun. Semakin tinggi pendidikan, semakin ringan pula tuntutan waktu pengalaman.

Terdapat 3 kemasan kompetensi yang bisa diikuti dalam cara daftar agen online bersertifikat ini. Setiap kemasan memiliki  jumlah unit kompetensi yang berbeda. Ada kemasan Broker Properti dengan 17 unit. Kemudian ada juga Cluster Broker Properti 1 dan 2 dengan masing-masing 8 dan 9 unit kompetensi.

Cara daftar agen properti online untuk sertifikasi ini memungut biaya sebesar 5 juta rupiah ditambah biaya pendaftaran 500 ribu rupiah. Sertifikasi berlaku selama 3 tahun dan untuk perpanjangan dikenakan biaya sebesar 2,5 juta rupiah.

2. SIU-P4 (Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti)

sumber: One Legal

Setelah mendapatkan sertifikasi, Pins bisa mengajukan SIU-P4 kepada Permendag. Cara daftar agen properti online untuk mengajukan SIU-P4 juga perlu memenuhi beberapa persyaratan. Namun Pins tidak perlu memikirkan masalah biaya karena semuanya gratis.

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan adalah surat pernyataan kedudukan usaha/badan usaha bermaterai, fotokopi KTP, sertifikat kompetensi, NPWP, serta foto. Selain itu, cara daftar agen properti online dalam mendapatkan SIU-P4 tentu saja harus mengisi formulir SPSIU-P4.

Jika Pins memiliki kesibukan atau halangan lainnya, pengurusan tetap bisa dilakukan. Cara daftar agen properti online dalam mendapatkan SIU-P4 ini cukup fleksibel. Pins bisa menunjuk orang lain dan membuat surat kuasa dengan materai Rp6000.

Baca juga: Agen Properti, Side Job Banjir Rupiah yang Bisa Dijajal

Cara Memilih Perusahaan yang Tepat

Untuk menunjang karir sebagai agen properti, pastikan Pins memilih bergabung dengan perusahaan yang sudah terbukti kredibilitasnya. Selain dari segi kualitas, masalah jaminan hukum pun merupakan pertimbangan yang tidak bisa diabaikan. Inilah cara daftar agen properti online agar mendapatkan perusahaan yang tepat:

1. Pastikan Perusahaan Memiliki Izin

Pins sudah memiliki izin sendiri yang dapat menjamin legalitas. Karenanya, jangan sampai perusahaan yang dimasuki justru tidak memiliki izin. Risikonya, perusahaan bisa disegel dan Pins harus memulai kembali cara daftar agen properti online dari awal di tempat lain.Sama seperti agen perorangan, perusahaan pun perlu memiliki SIU-P4.

Lebih baik lagi jika perusahaan tersebut merupakan anggota Asosiasi Real Estate Broker Indonesia. Organisasi yang beranggotakan para broker alias agen properti ini juga disingkat AREBI. Sebagian memang belum memiliki izin. Namun organisasi ini selalu memberi pelatihan dan  terus mendorong anggotanya agar segera mengurus perizinan.

2. Periksa Kredibilitas dan Reputasi Perusahaan

Kredibilitas dan reputasi perusahaan juga penting untuk diketahui. Menjadi agen dalam perusahaan yang memiliki reputasi kurang baik di masyarakat akan berdampak pada keengganan klien menggunakan jasa Pins. Untuk menghindari kerugian ini, Pins harus tahu cara daftar agen online di perusahaan yang kredibel.

Memeriksa kredibilitas dan reputasi perusahaan bisa dilakukan secara online. Salah satunya dengan mengunjungi websitenya. Jika tidak ditemukan, Pins masih bisa mencari profilnya di situs-situs lowongan kerja atau di media sosial. Lihat apakah perusahaan mencantumkan data-data seperti alamat, kontak, dan profil lainnya yang mendukung.

Cara lainnya, Pins bisa mencari review atau testimoni di blog yang menceritakan pengalaman menggunakan jasa perusahaan agen tersebut. Bisa juga membaca diskusi di sebuah forum properti. Semua ini dilakukan sebagai cara daftar agen properti online agar tidak salah masuk.

3. Pertimbangkan Budaya dan Fasilitas Perusahaan

sumber: GreatdayHR

Setiap perusahaan memiliki budaya dan fasilitas yang berbeda-beda. Kedua hal ini dapat menjadi pertimbangan apakah perusahaan tersebut cocok untuk Pins atau tidak. Namun, cara daftar agen online yang satu ini memang lebih leluasa dilakukan ketika Pins sudah sampai tahap interview.

Salah satu hal yang perlu diketahui adalah apakah perusahaan akan memberikan pelatihan khusus kepada agen. Kemudian, karena Pins menginginkan sistem online, tanyakan bagaimana koordinasi dengan perusahaan. Waktu pencairan komisi juga bisa menjadi pertanyaan pilihan untuk diajukan.

Cara daftar agen online ini dilakukan untuk kenyamanan Pins juga saat bekerja. Karena, bekerja di tempat yang sesuai dengan kepribadian Pins tentu akan lebih menyenangkan dan memberi semangat. Apalagi jika ditambah dengan adanya pelatihan dan bimbingan dari senior.

Di perusahaan mana pun Pins mendaftarkan diri, yang terpenting adalah mengetahui cara daftar agen properti online. Dengan begitu, kualitas dapat terjamin, baik dari sisi perusahaan maupun Pins sebagai agen. Nama dari perusahaan terbaik dan kredibel juga akan menarik banyak klien yang percaya, sehingga Pins tidak akan kekurangan pekerjaan.

Bagaimana Pins, sudah memahami cara daftar agen online di perusahaan terbaik? Terus tingkatkan kapabilitas Pins sebagai seorang agen properti online profesional. Dengan begitu, kinerja Pins pun akan semakin dipercaya, baik oleh klien maupun perusahaan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel